| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Membaca dan merenungkan Injil


 
 Injil adalah kitab-kitab yang ada, karena di dalamnya terkandung bukan perkataan manusia, melainkan firman Allah. Pada mulanya Firman Tuhan menjadi manusia dan menjadi firman pemberi kehidupan selama hidup-Nya di dunia. Demikianlah kita mempunyai kata-kata tertulis dalam Kitab Suci. Ketika kita membaca Injil, hendaknya kita membayangkan Yesus ada di hadapan kita, sehingga kita dapat mendengar firman dari bibir ilahi-Nya dan merasakan nafas hidup-Nya dan api kasih-Nya.

“Di Surga,”
kata St. Agustinus, “Yesus terus berbicara kepada kita di bumi melalui Injil-Nya.” Sabda-Nya adalah bintang terang yang seharusnya membimbing manusia – sering kali mengembara dalam kegelapan kesalahan atau tenggelam dalam jurang dosa – melalui jalan kebajikan dan kebaikan menuju Surga. Semakin seseorang mendalami Injil, semakin ia mengenal Yesus Kristus. St Agustinus menulis bahwa Injil adalah cara lain yang dipilih Yesus untuk tetap tinggal di antara kita. Doktor suci yang sama tidak ragu-ragu untuk mengatakan bahwa “siapa pun yang mencemooh kata-kata suci ini, kesalahannya sama besarnya dengan jika ia membiarkan Ekaristi Kudus jatuh ke tanah karena kelalaiannya.” Ketika kita membaca halaman-halaman suci kita mulai memahami kebaikan Yesus yang tak terbatas. Kita melihat Dia merintih dan menderita di palungan di Betlehem; kita melihat Dia dengan rendah hati bekerja sebagai buruh miskin di bengkel di Nazaret; kita melihat Dia mengampuni Magdalena dan pezina yang bertobat; kita melihat Dia menghidupkan kembali orang mati, penglihatan bagi orang buta, dan kesehatan bagi semua orang sakit; di ruang makan kita melihat Dia memberikan diri-Nya kepada kita di bawah tabir Ekaristi Mahakudus, tepat pada saat Dia dilupakan, disangkal dan dikhianati; kita melihat Dia di Praetorium di hadapan Pilatus, di mana Dia dicambuk karena dosa-dosa kita; kita melihat Dia di Golgota mati di kayu salib demi kita, mengampuni orang-orang yang menyalibkan-Nya, dan menjanjikan Surga kepada pencuri yang bertobat; dan yang terakhir, kita melihat Dia bangkit dari kematian dan naik dengan mulia ke Surga, ke sana Dia pergi untuk menyiapkan tempat bagi kita, jika kita bertekun sebagai pengikut-Nya yang setia. “Aku pergi menyiapkan tempat untukmu.” (Yohanes 14:2)

Para orang kudus sering membaca dan merenungkan Injil. Ini menyediakan makanan rohani bagi jiwa mereka. Dalam kehidupan St. Filipus Neri, kita membaca bahwa pada tahun-tahun terakhir hidupnya ia tidak membaca apa pun kecuali Injil, khususnya Injil St. Yohanes, yang membahas secara mendalam tentang kasih Allah. Apakah Anda membaca Injil? Dengan disposisi apa dan dengan hasil apa Anda membacanya? Sayangnya, di zaman modern ini, sangat sedikit yang membacanya sama sekali. Itulah sebabnya begitu banyak orang yang menyimpang begitu jauh dari semangat Yesus, dan mengapa mereka sering memperlihatkan kesalehan yang bersifat materi, hambar dan tidak berguna dalam praktik kehidupan Kristen.

Membaca dan merenungkan Injil saja tidak cukup. Kita harus melakukannya dengan disposisi yang benar, yang berjumlah tiga. Pertama-tama kita harus membaca Injil dengan mengingat orang yang berdoa. “Doa harus sering mengganggu bacaan,” kata St. Bonaventura. Sesekali saat kita membaca, kita hendaknya mengarahkan pikiran kita kepada Tuhan dan memohon kepada-Nya untuk menerangi kita dan mengilhami kita menuju semangat yang lebih besar.

Kebenaran surgawi tidak dapat dipahami atau ditembus tanpa terang dan rahmat yang datang dari tempat tinggi. “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup,” kata Yesus. “Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6) Oleh karena itu, Injil tidak dapat dibaca seperti buku lainnya. Ini adalah firman kehidupan supernatural yang tidak dapat ditanamkan ke dalam jiwa kita, kecuali melalui rahmat, yang karenanya kita harus berdoa dengan rendah hati dan penuh semangat. Kedua, kita harus membaca secara perlahan dan reflektif. “Membaca dengan hati dan bukan dengan mata,” tulis Bossuet. “Manfaatkanlah apa yang kamu pahami, nikmatilah apa yang tidak kamu ketahui.” Dalam Injil selalu ada sesuatu yang dapat diterapkan pada diri kita sendiri dan pada keadaan tertentu yang kita alami. Di sana para orang kudus menemukan jalan khusus mereka sendiri menuju kekudusan yang di dalamnya mereka telah dipanggil; dari pembelajaran kita yang reflektif dan sungguh-sungguh terhadap halaman-halaman suci kita juga akan menemukan apa yang Yesus inginkan secara khusus dari kita.

Yang terakhir, kita harus mempraktikkan apa yang kita pelajari dalam Injil. Jika ini bukan hasil dari pembacaan kita, usaha kita tidak akan ada gunanya. Saat membaca, kita harus menerapkan semangat dan ajaran Yesus dalam hidup kita. Ini adalah praktik para orang kudus, yang kehidupannya merupakan penerapan pesan Injil secara terus-menerus. St Aloysius dan banyak orang lainnya memahami dan menerapkan pepatah dalam kehidupan mereka sendiri: “Berbahagialah orang yang suci hatinya.” Santo Fransiskus dan para pengikutnya menerapkan pepatah lain: “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah.” Santo Fransiskus de Sales menerapkan pada dirinya sendiri dengan cara yang khusus kata-kata: “Berbahagialah orang yang lemah lembut.” Oleh karena itu, ia terkenal karena karakternya yang lemah lembut.

Kita harus membaca Injil setiap hari. Bagi kita, hal ini harus menjadi sebuah sekolah spiritualitas praktis, yang secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan jiwa kita sendiri, yang pada akhirnya akan menuntun kita menuju kekudusan.— 


*Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy