| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 28 September 2023 St. Wenseslaus, Martir dan St. Laurensius, Ruiz dan Para Martir Jepang

St. Laurensius Ruiz, dkk ; Foto: fr. Lawrence OP CC
 
Hari ini Gereja memperingati St. Wenseslaus, abdi Allah yang agung yang merupakan Adipati Bohemia pada awal Abad Pertengahan. Dia adalah orang yang hebat dan jujur, yang berdedikasi pada perannya sebagai penguasa atas negara dan rakyatnya. Pada saat itu, tanah Bohemia, yang sekarang merupakan Republik Ceko, baru saja memeluk agama Kristen, dan sejumlah besar penduduknya masih menganut kepercayaan-kepercayaan pagan lama mereka. St Wenseslaus dan berbagai upayanya berperan penting dalam meningkatkan tidak hanya penghidupan dan kesejahteraan masyarakat di bawah pemerintahannya, tetapi juga dalam membangun fondasi yang kuat dari Gereja dan iman di antara masyarakat, dan dia juga tanpa kenal lelah melakukannya. yang terbaik untuk memajukan tujuan Tuhan dan Gereja-Nya. Sayangnya, dia terjerumus ke dalam politik istana dan oposisi terhadapnya dan pemerintahannya akhirnya menyebabkan dia dibunuh oleh kolusi saudaranya sendiri, menjadi martir iman.

Kemudian, hari ini juga diperingati sebagai Peringatan Para Martir Suci Jepang, St. Laurensius Ruiz dan para sahabatnya yang menjadi martir. St. Laurensius Ruiz sendiri, juga lebih dikenal sebagai St. Lorenzo Ruiz, bukanlah orang Jepang, melainkan berasal dari Filipina, di mana ia dituduh melakukan kejahatan, yang menyebabkan dia mencari perlindungan di luar negeri, dan yang menyebabkan dia mengakhiri hidupnya tiba di Jepang setelah menaiki kapal yang membawa beberapa pastor Katolik dari Makau secara sembunyi-sembunyi mencoba memasuki negara tersebut. Antara tahun 1633 dan 1637, enam belas martir dieksekusi di Nagasaki, Jepang. Pada saat itu, Jepang di bawah pemerintahan Keshogunan Tokugawa telah menutup pintunya bagi orang asing, kecuali beberapa pedagang, dan khususnya melarang agama Kristen dan misionarisnya. Umat ​​Kristen dan misionaris asing, serta imam setempat dianiaya dengan kejam dan banyak yang meninggal karena iman mereka sebagai martir. Kelompok ini terdiri dari para religius Dominikan dan para tersier Dominikan, yang telah berupaya menyebarkan Injil di Filipina, Formosa, dan Jepang.

St Laurensius Ruiz termasuk di antara orang-orang Kristen yang dianiaya dan ditangkap karena iman mereka, dan mereka semua memilih untuk tetap teguh dan setia pada iman mereka kepada Tuhan, daripada menjaga hidup mereka dan mengkhianati Tuhan mereka. Mereka menolak menyerah pada tekanan pihak berwenang, meskipun ada ancaman kematian dan penderitaan paling menyiksa yang harus mereka tanggung dalam mempertahankan iman mereka sampai akhir. Laurensius Ruiz dan rekan-rekannya dalam kemartiran binasa, namun keberanian, iman dan komitmen mereka kepada Tuhan menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi banyak orang lain yang telah menyaksikan dan mendengar tentang iman mereka yang paling patut dicontoh kepada Tuhan. St Laurensius Ruiz—yang dihormati sebagai santo Filipina pertama yang dikanonisasi—dikanonisasi bersama para martir lainnya pada tahun 1987. St Laurensius Ruiz dihormati sebagai santo pelindung Filipina.

Oleh karena itu, saudara-saudari seiman dalam Kristus, kita semua hendaknya juga melakukan yang terbaik untuk menjalani kehidupan kita secara layak di hadapan Tuhan, dengan melakukan apa pun yang telah Dia perintahkan dan ajarkan agar kita lakukan dalam kehidupan kita masing-masing. Mari kita semua mengingatkan satu sama lain, dan terinspirasi oleh kehidupan suci, kebajikan dan keberanian yang telah ditunjukkan oleh para pendahulu kita, seperti yang ditunjukkan oleh St. Wenseslaus dan St. Laurensius Ruiz serta rekan-rekannya dalam kemartiran. Semoga Tuhan juga terus menolong dan membimbing kita sepanjang perjalanan iman dan kehidupan, sehingga semoga kita semua dapat semakin bertumbuh semakin berkomitmen dalam mengabdi kepada Tuhan, setiap saat. Amin.
 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy