| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Bekerja bersama Yesus dan untuk Yesus


 
 
 Topik renungan hari ini adalah perumpamaan tentang pohon ara yang tandus dalam Injil St. Lukas. “Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya.  Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma! Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!" (Lukas 13:6-9)

Mungkin Yesus telah datang berkali-kali kepada kita juga untuk mencari buah dari perbuatan baik kita, namun tidak menemukannya. Mungkin Dia terus melimpahkan nikmat dan berkat kepada kita, dan mungkin Dia telah menunggu bertahun-tahun hingga kita menyesuaikan diri dengan rahmat-Nya dengan melakukan tindakan pertobatan dan penebusan dosa.

Kita mungkin telah membuat resolusi yang baik berkali-kali; tapi apa yang terjadi dengan mereka? Berbagai macam godaan mungkin telah menyebabkan kita mengabaikan keputusan-keputusan ini, yang hanya tinggal seperti ranting-ranting yang tidak membuahkan hasil. Kita harus ingat bahwa meskipun Tuhan itu baik dan penuh belas kasihan, Dia juga adil tanpa batas. Mungkin akan tiba harinya ketika Dia mungkin berkata: "Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!” Kalau begitu, apa yang akan terjadi pada kita?

Sebuah episode yang dijelaskan dalam Injil St. Markus harus menimbulkan refleksi serius. Yesus sedang berjalan dari Betania ke Yerusalem dan merasa lapar dalam perjalanan. Ia melihat sebatang pohon ara di pinggir jalan, tetapi setelah diperiksa ternyata pohon itu tandus. “Dan Dia berfirman kepadanya, "Engkau tidak akan berbuah lagi selama-lamanya!" Dan seketika itu juga keringlah pohon ara itu.” Melihat kejadian itu tercenganglah murid-murid-Nya, lalu berkata: "Bagaimana mungkin pohon ara itu sekonyong-konyong menjadi kering?"  (Lih. Mat 21:18-20)

Betapa buruknya jika Tuhan menjatuhkan hukuman berat ini kepada kita.

Suatu pagi setelah mereka memancing dengan sia-sia sepanjang malam, para Rasul melihat Yesus muncul di tepi danau. “Dia berkata kepada mereka, 'Tebarkan jalamu di sebelah kanan perahu.'” (Bdk. Yoh 21:6-11) Mereka patuh dan menangkap begitu banyak ikan sehingga jaringnya terancam robek.

Sementara para Rasul bekerja tanpa bantuan Yesus, mereka tidak menangkap apa pun. Ketika mereka bekerja di bawah arahan Tuhan kita, mereka menangkap sejumlah ikan yang ajaib. Namun, di Taman Getsemani, para Rasul tidak dapat mengumpulkan kekuatan untuk berjaga dan berdoa bersama Yesus bahkan selama satu jam pun. Akibatnya, mereka meninggalkan dan menyangkal Dia.

Demi cinta keuntungan, para Rasul bekerja sepanjang malam; Namun karena cinta kepada Yesus, mereka tidak dapat berjaga dan berdoa bahkan selama satu jam pun, sehingga mereka terjatuh dengan menyedihkan.

Kita harus mengambil dua pelajaran dari meditasi ini. Kita harus selalu bekerja untuk Yesus dan bersama Yesus. Jika kita menyimpang dari Dia yang menjadi jalan, kebenaran dan kehidupan, maka kita akan tersesat, dan usaha kita tidak ada gunanya selamanya. Tanpa Yesus, kehidupan rohani kita akan kering. Selama kita bersama Yesus, segala sesuatu akan baik dan suci, bahkan kehinaan dan duka, dan segala perbuatan kita akan mendatangkan pahala bagi kita di Surga. Lebih jauh lagi, kita harus berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan yang sama seperti para Rasul, yang menghabiskan sepanjang malam bekerja demi keuntungan materi namun tidak bisa berjaga dan berdoa bahkan satu jam pun bersama Yesus. Kita harus mempertimbangkan kewajiban kita yang paling penting dalam hidup untuk selalu bekerja bersama Yesus dan untuk Yesus. Hanya dengan cara inilah kita akan menemukan kepuasan dalam kehidupan ini dan kebahagiaan di akhirat.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy