| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 03 September 2023 Hari Minggu Biasa XXII

 
SiouxFall Diocese
Minggu, 03 September 2023
Hari Minggu Biasa XXII (Pembukaan Bulan Kitab Suci Nasional)
     

Kitab Suci bukanlah sesuatu dari masa lalu. Tuhan tidak berbicara pada masa lalu, tetapi berbicara pada masa kini. Dia berbicara kepada kita hari ini. (Paus Benediktus XVI)

Antifon Pembuka (Mzm 85:3.5)

Kasihanilah aku, ya Tuhan, sebab kepada-Mulah aku berseru sepanjang hari. Engkau baik hati, ya Tuhan, dan suka mengampuni, kasih setia-Mu berlimpah bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.

Have mercy on me, O Lord for I cry to you all the day long. O Lord, you are good and forgiving, full of mercy to all who call to you.

Miserere mihi Domine, quoniam ad te clamavi tota die: quia tu Domine suavis ac mitis es, et copiosus in misericordia omnibus invocantibus te.
    

Doa Pagi


Allah yang Mahakuasa, Engkaulah sumber dan asal segala yang baik. Bangkitkanlah dalam diri kami kasih akan Dikau dan tambahkanlah iman kami. Semoga Engkau memupuk benih-benih yang baik dalam diri kami dan memeliharanya sampai menghasilkan buah. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.       

Bacaan dari Kitab Yeremia (20:7-9)

  
"Firman Tuhan telah menjadi cela dan cemooh bagiku sepanjang hari."
  
Kata Nabi Yeremia, “Engkau telah membujuk aku, ya Tuhan, dan aku telah membiarkan diriku Kaubujuk. Engkau terlalu kuat bagiku dan Engkau menundukkan aku. Aku telah menjadi tertawaan sepanjang hari, semua orang mengolok-olokkan aku. Sebab setiap kali aku berbicara, terpaksa aku berteriak, terpaksa berseru, “Kelaliman! Aniaya!” Sebab firman Tuhan telah menjadi cela dan cemooh bagiku sepanjang hari. Tetapi apabila aku berpikir, ‘Aku tidak mau mengingat Tuhan, dan tidak mau mengucapkan firman lagi demi nama-Nya’, maka dalam hatiku ada sesuatu yang seperti api yang menyala-nyala, terkurung dalam tulang-tulangku; aku berlelah-lelah untuk menahannya, tetapi aku tidak sanggup.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = d, 2/2, PS 843
Ref. Jiwaku haus akan Dikau, ya Tuhan, Allahku.
Atau Jiwaku haus pada-Mu, Tuhan, ingin melihat wajah Allah.
Ayat. (Mzm 63:2.3-4.5-6.8-9; Ul: 2b, 2/4)
1. Ya Allah Engkaulah Allahku, kucari-cari dan kudambakan Engkau jiwaku menghauskan Tuhanku laksana gurun gersang, tandus tanpa air.
2. Semoga hamba boleh memandang Tuhanku melihat kemuliaan-Mu yang besar Cinta-Mu lebih berharga daripada hidup hendaknya mulutku memuji-Mu.
3. Demikianlah sepanjang hidupku aku hendak menghormati Engkau. Jiwaku dikenyangkan dengan lemak dan sumsum, aku bersorak-sorai dan memuji-muji.
4. Jiwaku melekat pada-Mu, tangan kanan-Mu menopang aku. Sungguh Engkau melulu yang menolong dan di bawah sayap-Mu sentosalah aku.
        
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Roma (12:1-2)
  
"Persembahkanlah tubuhmu sebagai persembahan yang hidup."

   
Saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihati kamu, supaya mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus yang berkenan kepada Allah. Itulah ibadahmu yang sejati! Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah, mana yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do = f, 2/4, PS 961
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Ef 1:17-18)
Semoga Bapa Tuhan kita Yesus Kristus menerangi mata hati kita, supaya kita memahami pengharapan yang terkandung dalam panggilan kita.

Inilah Injil Suci menurut Matius (16:21-27)
 
"Setiap orang yang mau mengikuti Aku, ia harus menyangkal dirinya."
  
Sekali peristiwa Yesus menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegur Dia, katanya, “Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau!” Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus, “Enyahlah Iblis! Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau memikirkan bukan yang dipikirkan Allah, melainkan yang dipikirkan manusia.” Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Setiap orang yang mengikuti Aku, harus menyangkal diri, memikul salibnya dan mengikuti Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya. Tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya bagi seseorang jika ia memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya. Pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang setimpal dengan perbuatannya.”
Verbum Domini
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe
(U. Terpujilah Kristus)
 


Renungan 
 
Bagaimana cara menuju kemuliaan dan kemenangan dalam Kerajaan Allah? Yesus mengatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Dia harus terlebih dahulu menderita penolakan, disalib, dan kemudian bangkit kembali pada hari ketiga. Dengan banyak kata Dia menjelaskan bahwa tidak akan ada kemenangan dan kemuliaan tanpa salib. Ramalan Yesus tentang penderitaan dan kematian-Nya di kayu salib menyebabkan murid-murid-Nya sangat kecewa dan tidak percaya. Petrus, yang sering kali menjadi orang pertama yang bereaksi terhadap apa pun yang Yesus katakan, ingin melindungi Yesus dari ancaman atau bahaya apa pun. Itulah sebabnya dia menegur pemikiran bahwa Yesus harus menghadapi penolakan, dan penyaliban.
 
Mengapa Yesus menggunakan kata "Iblis" ketika dia berbicara kepada Petrus? Ketika Yesus pergi ke padang gurun untuk mempersiapkan pelayanan publiknya, Iblis datang untuk menggoda-Nya agar mengikuti jalan yang berbeda dari jalan yang dipilih oleh Bapa di surga. Kini Yesus mengenali dalam jawaban Petrus godaan lain untuk mencari jalan lain dan lebih murah dalam menyelesaikan misinya dibandingkan jalan salib.  Yesus mengingatkan Petrus bahwa perannya bukanlah menjadi musuh tetapi sebagai murid – seseorang yang berada di belakang Gurunya untuk diikuti dengan kepercayaan dan ketaatan.
 
Yesus tahu bahwa salib adalah satu-satunya cara Dia bisa menebus kita dari perbudakan dosa dengan harga darah-Nya yang ditumpahkan demi kebebasan kita. Melalui pengorbanan-Nya di kayu salib, Yesus mengalahkan Setan yang memperbudak kita dalam dosa dan kutukan. Dan Yesus mengalahkan kuasa maut dan mengalahkan kubur melalui kebangkitan-Nya. Melalui ketaatannya pada kehendak Bapa-Nya, Yesus membalikkan kutukan ketidaktaatan Adam. Kematian-Nya di kayu salib memberikan pengampunan bagi mereka yang bersalah, kebebasan bagi mereka yang tertindas, kesembuhan bagi mereka yang menderita, dan kehidupan baru bagi mereka yang dijatuhi hukuman mati. Kematian-Nya memungkinkan kebebasan kita untuk hidup sebagai putra dan putri angkat dari Bapa di surga yang penuh belas kasihan.
 
Apa yang akan Anda berikan kepada Tuhan sebagai imbalan atas kebebasan dan kehidupan kekal? Apakah Anda siap untuk berpisah dengan apa pun yang mungkin menghalangi Anda untuk mengikuti Tuhan Yesus dan rencana sempurna-Nya bagi hidup Anda? Yesus mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini untuk menantang asumsi kita tentang apa yang paling bermanfaat dan berharga dalam hidup. Dalam setiap keputusan hidup, kita menjadikan diri kita orang tertentu. Ada kemungkinan bahwa beberapa orang bisa mendapatkan semua hal yang telah mereka dambakan, hanya untuk tiba-tiba terbangun dan menemukan bahwa mereka melewatkan hal yang paling penting dari semuanya. Betapa berharganya hal-hal materi jika tidak membantu Anda memperoleh apa yang benar-benar bertahan selamanya. Baik uang maupun harta benda tidak dapat membeli surga, menyembuhkan patah hati, atau menghibur orang yang kesepian.
 
Seorang murid sejati dengan senang hati menyerahkan semua yang dia miliki demi mendapatkan kehidupan yang penuh sukacita dan kebahagiaan tanpa akhir bersama Tuhan. Tuhan memberi tanpa batas. Kegembiraan yang ia tawarkan tidak ada kesedihan atau kehilangan yang bisa berkurang. Salib Yesus Kristus menuntun pada kemenangan dan kebebasan dari dosa dan kematian. Apakah Anda siap kehilangan segalanya demi Yesus Kristus agar bisa memperoleh segalanya bersama Yesus Kristus?
. (RENUNGAN PAGI)
 
“Jika engkau mengikuti kehendak Allah, engkau tahu bahwa biarpun ada serba macam hal mengerikan yang terjadi atas dirimu, namun engkau tidak akan kehilangan tempat perlindungan terakhir. Engkau tahu bahwa fondasi dunia ini adalah kasih sehingga biarpun tak ada seorang manusia pun yang dapat atau bersedia membantumu, engkau tetap dapat berjalan maju, seraya mempercayai Ia yang mengasihimu” – Joseph Ratzinger (Paus Emeritus Benediktus XVI)
 
 
 
 Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini      

Antifon Komuni (Mzm 31:20)

Betapa berlimpahlah kebaikan-Mu, yang Kausediakan bagi orang takwa.
   
atau (Mzm 71:16-18)

Domine, memorabor iustitiæ tuæ solius: Deus, docuisti me a iuventute mea, et usque in senectam et senium, Deus, ne derelinquas me

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy