| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Misteri Inkarnasi

 

 
 Melalui Inkarnasi, Tuhan datang kepada manusia agar manusia dapat kembali kepada Tuhan. Tuhan menciptakan manusia dengan tindakan kasih untuk menunjukkan dan menyebarkan kebaikan-Nya yang tak terbatas. Namun hubungan cinta ini dirusak oleh dosa. Kasih menjadi ketakutan di pihak manusia, dan menjadi keadilan di pihak Tuhan.

Akan tetapi, kasih Tuhan tidak terbatas dan tidak dapat dikurangi. Segera setelah manusia jatuh, Allah berjanji kepada nenek moyang kita yang pertama bahwa Dia sendiri yang akan datang untuk menyelamatkan mereka. Segera setelah manusia kehilangan jubah putih kasih karunia, Tuhan dengan penuh belas kasihan berjanji bahwa Dia akan datang untuk memulihkannya. Tapi bagaimana caranya? Dia bisa saja mengutus malaikat untuk menuntun orang yang bersalah itu kembali ke kandangnya dan mengajarinya jalan kebajikan yang menuntun ke Surga. Itu akan menjadi tindakan kasih dan belas kasihan yang luar biasa. Namun malaikat adalah makhluk yang terbatas, sedangkan kasih Tuhan tidak ada batasnya. Oleh karena itu Dia tidak puas mengirimkan malaikat.

Lebih jauh lagi, kita dapat melihat penjelasan lain mengenai misteri besar Inkarnasi. Tuhan sangat mengasihi manusia, yang merupakan karya kemahakuasaan-Nya. Justru karena Dia mengasihinya, Dia ingin dikasihi olehnya sebagai balasannya. Namun karena roh manusia menyatu dengan materi maka ia tidak dapat melihat Tuhan kecuali melalui karya ciptaan-Nya. Dia melihat-Nya seolah-olah “melalui cermin yang tidak jelas” (1 Kor. 13:12) dan bukan tatap muka. Oleh karena itu, ia tidak mengasihi Tuhan, seperti yang ia lakukan jika ia dapat melihat-Nya dalam segala keindahan-Nya. Dia perlu melihat-Nya dan mengenal-Nya lebih baik sebelum dia dapat lebih mengasihi-Nya. Jadi Tuhan menjadikan diri-Nya kecil dengan menjadi manusia. “Kebijaksanaan manusia sering kali bertanya,” tulis Bossuet, “mengapa Tuhan datang ke bumi.” Untuk ini saya menjawab: “Dia dicintai oleh manusia.” “Tuhan itu maha besar,” tulis St. Bernardus, “begitu agung hingga menuntut untuk dipuja. Sekarang Dia telah menjadi kecil sehingga Dia dapat lebih dicintai.” Tuhan menjadi, seperti kita, seorang anak kecil. “Kebaikan dan kemurahan hati Allah Juruselamat kita nyata,” (Titus 3:4) kata St. Paulus. Namun Yesus tidak puas hanya dengan menjadi seperti kita, mencerahkan kita dengan ajaran-Nya, dan memperkaya kita dengan limpahan rahmat dan karunia-Nya. Dia juga memberikan diri-Nya seutuhnya kepada kita dengan wafat di kayu Salib dan tetap bersama kita dalam Sakramen Mahakudus. Bagaimana kita bisa gagal membalas cinta seperti itu?

Inkarnasi, yaitu kedatangan Tuhan di antara manusia agar Dia lebih dikasihi, menuntut agar manusia juga mengasihi Tuhan dan menaati perintah-perintah-Nya.

Karena Allah Yang Mahakuasa tidak dapat melakukan apa pun bagi kita selain memberikan seluruh diri-Nya kepada kita, maka sudah sepatutnya kita bersiap melakukan pengorbanan apa pun untuk membuktikan kasih kita kepada-Nya. Misteri Inkarnasi tidak hanya menuntut kasih kita; hal ini juga mengharuskan cinta ini mendorong kita untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Yesus, Tuhan yang menjadi manusia, harus menjadi teladan yang akan mendorong kita untuk menaati hukum-hukum-Nya dan mengikuti teladan-Nya.  —  


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy