| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Tuhan Pencipta semesta alam

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay
 
 
Tuhan itu sempurna tanpa batas dalam diri-Nya dan oleh karena itu tidak memerlukan makhluk ciptaan untuk kebahagiaan kekal-Nya. Dia mengenal diri-Nya sepenuhnya; dan tindakan mengetahui ini tidak bersifat sementara, melainkan substansial dan abadi. Ini adalah gambaran sempurna dari Roh-Nya sendiri, Sabda yang mengungkapkan Ketakterbatasan Ilahi-Nya.

Mengenal diri-Nya dalam kedalaman kebenaran, keindahan, dan kebaikan-Nya yang tak terhingga, secara alamiah Tuhan mengasihi diri-Nya sendiri. Kasih ini, yang juga hakikat dan kekal, adalah Roh Kudus, yang tidak hanya keluar dari Bapa, tetapi juga dari Sabda, karena Allah mengasihi diri-Nya sendiri karena Ia mengenal diri-Nya secara sempurna. Kebahagiaan Tuhan, sebagaimana ditulis oleh St. Gregorius Nazianze, bukanlah sebuah kebahagiaan yang berdiri sendiri. Di dalam diri-Nya Ia mempunyai Sabda, Putra-Nya yang sehakikat, yang di dalamnya terpancar kesempurnaan sifat-Nya, dan kepada-Nya Ia mengulangi dari kekekalan: “Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.” (Mzm. 2:7) Terlebih lagi, dalam tindakan yang sama pentingnya dan tak terbatas, Dia mencurahkan kasih-Nya, Roh Kudus. Karena Dia berbahagia dan sempurna tanpa batas dalam diri-Nya, Tuhan ingin mewujudkan kesempurnaan-Nya dan menyampaikan kebahagiaan-Nya kepada orang lain. Menurut St Thomas, satu-satunya alasan mengapa Tuhan menciptakan adalah untuk mewujudkan kemuliaan-Nya dan berbagi kebahagiaan-Nya. Oleh karena itu, penciptaan adalah tindakan kasih. “Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.” (Yer. 31:3) “Tuhan,” kata St. Irenaeus, “menciptakan manusia bukan karena Dia membutuhkannya, tetapi karena Dia ingin memiliki makhluk yang dapat Dia curahkan karunia-Nya.” Itulah sebabnya Kitab Suci mengatakan kepada kita bahwa “TUHAN membuat segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing.” (Amsal 16:4)

Dengan membalikkan refleksi ini dalam pikiran kita, kita harus melakukan tindakan kerendahan hati yang mendalam di hadapan Tuhan dan mengakui bahwa kita bukan apa-apa tanpa Dia. Kita harus mengungkapkan rasa syukur kita yang mendalam kepada Tuhan atas keberadaan kita dan atas semua anugerah lain yang telah Dia berikan kepada kita.

Yang terakhir, kita harus memberi penghormatan kepada-Nya atas kasih kita, yang harus diungkapkan dalam cara praktis, maupun secara lisan, dengan kesetiaan penuh dan terus-menerus terhadap perintah-perintah-Nya.

Dante menggambarkan Penciptaan dengan indah sebagai “Cinta abadi berkembang menjadi cinta baru.” Langit dan bumi, malaikat dan manusia, serta seluruh makhluk ciptaan tidak lebih dari perluasan cinta abadi ini menjadi cinta baru. Cinta menyatukan dan mengisi segalanya. Di mana pun di Surga dan di bumi, ada cinta, ada kebutuhan akan cinta. Tapi siapa yang harus kita cintai? Makhluk yang ada di sekitar kita? Ya. Kita mungkin dan harus mencintai mereka. Mereka adalah pancaran cahaya dan keindahan Tuhan. Kita hendaknya mengasihi mereka karena mereka mencerminkan kuasa dan kemuliaan Allah. Namun kita tidak boleh terikat pada mereka. Kita tidak boleh mencoba menemukan kebahagiaan dan ketenangan pikiran di dalamnya. Hal-hal tersebut tidak dapat memberi kita kepuasan karena hati kita diciptakan untuk sesuatu yang lebih besar. Tuhan menciptakan makhluk untuk diri-Nya sendiri, seperti yang dikatakan St. Agustinus, dan oleh karena itu hati kita tidak akan tenang sampai kita beristirahat di dalam Dia.

Makhluk harus membentuk tangga yang dengannya kita naik menuju Tuhan. Tuhan harus menjadi pemikiran, tujuan, dan cinta pertama dalam hidup kita. Jika kita menggantikan Tuhan dengan makhluk, perjalanan kita ke Surga akan terhambat. Lebih buruk lagi, hal-hal tersebut dapat menyeret kita ke dalam dosa dan menuju kutukan abadi.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy