| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 09 September 2023 St. Petrus Klaver

Kamilokardona | CC BY-SA 3.0
 
 
 Hari ini, kita memperingati St. Petrus Klaver. St. Petrus Klaver adalah seorang imam dan misionaris, seorang hamba Tuhan yang setia yang mendedikasikan dirinya untuk pelayanan besar di antara para budak di Amerika Selatan, di tempat yang sekarang menjadi bagian dari wilayah Kolombia. Santo Petrus Klaver lahir di Spanyol dan tumbuh menjadi seorang intelektual besar yang terkenal karena kapasitas dan kemampuan intelektualnya, setelah itu ia menjadi anggota Serikat Yesus, dan akhirnya ditahbiskan sebagai imam. St Petrus Klaver kemudian menjadi misionaris di Amerika Selatan seperti yang disebutkan, melayani di antara para budak di kota Cartagena, pusat perdagangan budak utama di bagian Kekaisaran Spanyol saat itu. Banyak dari budak tersebut diperlakukan dengan buruk dan menghadapi diskriminasi yang intens pada saat itu.

Di sanalah Santo Petrus Klaver mengabdikan dirinya untuk kesejahteraan dan perlindungan hak-hak para budak, berjuang untuk memenuhi kebutuhan mereka, terutama secara rohani, melayani mereka tanpa kenal lelah dan mendedikasikan waktunya untuk menafkahi mereka, dan juga mendapatkan bantuan bagi mereka untuk mendapatkan akses dasar terhadap makanan, obat-obatan dan hal-hal penting lainnya yang mereka butuhkan. Ia mengatekisasi banyak dari mereka dan sebagai hasilnya, banyak dari para budak tersebut memilih untuk menjadi orang Kristen, karena telah merasakan kasih Tuhan yang diwujudkan dan dibuktikan kepada mereka semua melalui Santo Petrus Klaver dan segala sesuatu yang telah ia lakukan demi mereka. Menurut catatan sejarah, sebanyak tiga ratus ribu budak dibaptis atas upaya St. Peter Klaver saja. Dia terus mengabdikan usahanya sampai akhir hidupnya, dan setelah kematiannya, banyak orang langsung memuji kesuciannya dan menyerukan agar dia dijadikan orang suci.

Saudara dan saudari seiman dalam Kristus, pada hari ini, setelah mendengar firman Kitab Suci dan setelah kita mendengar tentang kehidupan St. Peter Klaver, marilah kita semua terinspirasi oleh teladan baik dan dedikasi yang dilakukan St. Peter Klaver, sebagai seorang hamba Tuhan yang berkomitmen dan abdi Tuhan yang suci, telah lakukan dalam hidupnya. Marilah kita semua menjadi kudus, sama seperti Tuhan Allah kita adalah Kudus, dan marilah kita semua berkomitmen dengan cara kita sendiri, dan dalam kapasitas kita sendiri, untuk melayani Tuhan dengan lebih setia dan berani dalam segala hal. Semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberdayakan kita masing-masing, dalam kehidupan sehari-hari, untuk menjadi murid-Nya yang lebih berdedikasi, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy