| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 27 September 2023 St. Vinsensius a Paulo, Imam

Public Domain

 Hari ini, Gereja memperingati St. Vinsensius a Paulo, salah satu orang kudus Gereja yang sangat terkenal, yang kehidupan, komitmen dan dedikasinya kepada Tuhan benar-benar inspiratif dan patut diteladani. Ia lahir pada tahun 1580, Vinsensius ditahbiskan ketika dia baru berusia dua puluh tahun dan diangkat menjadi imam Ratu Margaret dari Valois. Dia kemudian menjadi imam pribadi Keluarga Gondi yang berkuasa. Saat melayani para petani di perkebunan Gondi, Vinsensius mulai memahami bahwa Tuhan memanggilnya untuk melayani masyarakat miskin dan paling terpinggirkan.  Dia adalah seorang hamba Tuhan yang benar-benar hebat, yang telah mengabdikan dirinya kepada orang miskin dan orang-orang yang membutuhkan di antara pekerjaan-pekerjaan lainnya. Imam Perancis ini masuk seminari pada awal hidupnya dan memperoleh pendidikan menjadi imam, dan ketika ia ditahbiskan menjadi imam, menurut sejarah dan tradisi, ia diculik di sebuah kapal dalam perjalanannya, pada saat itu bajak laut Barbary yang terkenal kejam. Dia dilelang sebagai budak dan menghabiskan dua tahun dalam perbudakan, berpindah dari majikan ke majikan di beberapa tempat sebelum akhirnya berakhir dengan seorang mantan imam yang telah meninggalkan imannya, dan yang diyakinkan oleh kehidupan dan tindakan St. Vinsensius a Paulo, untuk membawa abdi Tuhan itu kembali bersamanya, dan membebaskannya dari perbudakan.

Melalui pengalaman ini dan pengalaman lainnya, St. Vinsensius a Paulo selalu mempunyai kepedulian terhadap mereka yang menderita dan membutuhkan. Dia menghabiskan waktu melayani para budak yang dibebaskan, mengalami pengalaman serupa dengan mereka, dan kemudian juga di antara orang-orang miskin dalam pelayanan dan perjalanannya, akhirnya menjadi bagian dari pendirian yayasan dan jemaat dari mereka yang peduli dan terlibat dalam perawatan dan pelayanan. dari mereka yang miskin dan terabaikan oleh masyarakat, diabaikan dan ditelantarkan, tanpa ada yang menolong atau mendampingi mereka. Karya dan pelayanannya menginspirasi banyak orang selama hidupnya dan setelah kematiannya, yang pada akhirnya mengarah pada berdirinya Serikat St. Vinsensius a Paulo modern yang terkenal karena karyanya bagi masyarakat miskin dan yang membutuhkan di seluruh dunia. Vinsensius a Paulo meninggal pada tahun 1660. Dikanonisasi pada tahun 1737, ia dihormati sebagai santo pelindung pekerja sosial.

Saudara-saudari dalam Kristus, setelah mendengar bacaan Kitab Suci hari ini dan juga kehidupan serta karya St. Vinsensius de Paul, marilah kita semua dipenuhi dengan keyakinan dan keinginan untuk mencintai dan melayani Tuhan secara baru dalam hidup kita, dan menjadi penuh kasih sayang kepada saudara-saudari di sekitar kita, terutama mereka yang membutuhkan kasih sayang, pertolongan dan kebaikan kita, seperti mereka yang miskin dan dikucilkan oleh masyarakat, dan semua orang yang tidak dikasihi. Marilah kita semua menjadi teladan, orang-orang yang bertakwa dan patut dalam segala tindakan kita, agar kita benar-benar menjadi teladan dan inspirasi yang baik bagi satu sama lain dalam kehidupan dan tindakan kita, dalam setiap ikhtiar dan usaha kita. Semoga Tuhan selalu bersama kita, dan semoga Dia mengingatkan kita semua akan kewajiban dan panggilan kita untuk melayani Dia dengan iman dan komitmen, dan untuk mewartakan Kabar Baik dan kebenaran-Nya setiap saat, di setiap kesempatan yang tersedia bagi kita. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy