| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang hati manusia


 Hati manusia adalah sebuah misteri, yang kedalamannya sulit diungkapkan. Kita bahkan tidak memahami diri kita sendiri. Hati manusia bisa melambung ke ketinggian kebaikan yang paling tinggi atau turun ke kedalaman kejahatan yang tak terbayangkan. Contoh-contoh ketinggian luhur yang dapat dicapai oleh manusia diberikan oleh kehidupan para Orang Kudus, yang begitu mengasihi Tuhan sehingga mereka berkobar-kobar dengan kasih dan ingin tinggal selamanya di dalam-Nya. “Sekarang bukan lagi aku yang hidup,” kata St. Paulus, “melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.” (1 Gal. 2:20)

Hati Yudas adalah sebuah misteri yang sangat mendalam. Kita membaca dalam Injil bahwa Yesus memanggil murid-murid-Nya di ruang makan untuk merayakan Paskah terakhir-Nya bersama mereka. Di antara mereka ada Yudas. Yesus sangat mengasihi manusia sehingga Dia ingin tetap bersama mereka dengan sungguh-sungguh selamanya, bahkan setelah kematian-Nya yang semakin dekat. “Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.” (Yohanes 13:1) Ketika makan selesai, Yesus mengambil roti dan, sambil mengangkat pandangan-Nya ke Surga, Dia berkata: “Terimalah dan makanlah; ini Tubuh-Ku.” Kemudian Dia mengambil piala, memberkatinya, dan menghadap para Rasul mengucapkan kata-kata berikut: “Kalian semua minum ini; sebab inilah Darah-Ku Perjanjian Baru, yang ditumpahkan bagi banyak orang.” Kemudian Dia menambahkan: “Lakukanlah ini sebagai kenangan akan Daku.” Dengan cara ini Yesus menetapkan Ekaristi Mahakudus, yang digambarkan oleh St. Thomas sebagai mukjizat terbesar Kristus. (De fest Corp. Christi, Bk. V) Selanjutnya, Dia mengangkat murid-murid-Nya, termasuk Yudas, pada martabat imamat yang luhur, dan menganugerahkan kepada mereka kuasa untuk melakukan apa yang baru saja Dia lakukan. Dapat dikatakan bahwa kemurahan hati Yesus Kristus yang tak terbatas telah habis pada saat itu. Dia tidak dapat memberikan apa-apa lagi karena pada saat itu Dia telah memberikan diri-Nya kepada kita.

Pada saat yang khidmat inilah, ketika Dia menerima Yesus ke dalam jiwanya dan pada saat yang sama diangkat ke martabat imamat, Yudas akhirnya memutuskan untuk melaksanakan rencananya untuk menjual Gurunya seharga tiga puluh keping perak dan menyerahkannya kepada Tuhan. Dia menyerahkannya kepada mereka yang ingin membunuhnya. Betapa dosa dapat merendahkan martabat manusia!

Bagaimana Yudas bisa jatuh ke tingkat seperti itu? Tentu saja hal itu tidak terjadi dalam sekejap. Gairah dominannya mungkin kecil pada awalnya, tetapi ketika tidak ditekan pada waktunya, gairah itu tumbuh setiap hari dan akhirnya mencapai kendali mutlak atas hatinya. Itu adalah keserakahan, nafsu yang paling keji dan paling material, yang menyebabkan dia terjatuh.

Yudas telah ditunjuk sebagai bendahara dan pengelola persembahan kecil yang diberikan umat beriman kepada para Rasul. Dia menjadi terikat pada uang ini dan mungkin mulai mencuri sejumlah kecil uang yang semakin lama semakin besar, sampai keserakahan mendorongnya untuk menjual Yesus seharga tiga puluh keping perak. Dia melaksanakan rencananya tepat pada saat Yesus menganugerahkan kepadanya martabat tertinggi.

Kita hendaknya merenungkan tragedi mengerikan ini selagi masih ada waktu bagi kita untuk menyelamatkan diri agar tidak tenggelam ke tingkat degradasi yang sama. Hal ini dapat dengan mudah terjadi jika kita lalai untuk menolak godaan sekaligus dan berdoa dengan sungguh-sungguh memohon pertolongan Ilahi pada saat kita dicobai.

Bahkan setelah pengkhianatannya, Yudas masih punya waktu untuk menebus kesalahannya. Cukuplah jika dia pergi kepada Yesus dan meminta pengampunan-Nya. Dia pasti akan menerima ciuman kedamaian. Namun ia dilanda keputusasaan, dan memutuskan bahwa dosanya terlalu besar untuk diampuni. Jadi, sambil membuang uangnya, sebagai imbalan atas pengkhianatannya, dia mengambil tali dan “menggantung dirinya dengan tali pengikat.” (Mat. 27:5) Jika kita mengalami nasib sial dan jatuh ke dalam dosa, kita hendaknya ingat bahwa belas kasihan Allah tidak terbatas. Cukuplah kita datang kepada-Nya dan memohon ampun dan rahmat agar kita tidak menyinggung-Nya lagi dalam keadaan apa pun. Kita kemudian harus memutuskan untuk mengasihi Dia dengan segenap kekuatan hati kita yang malang, menebus dosa-dosa kita, dan melayani Dia dengan setia sepanjang sisa hidup kita.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy