| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Menghadapi kesulitan dalam hidup bersama Yesus


 Kebajikan itu sulit, dan kehidupan lebih banyak menghadapi cobaan daripada penghiburan. Kadang-kadang kita merasa putus asa karena kebajikan tampaknya mustahil dan kita sering kali terjatuh meskipun kita sudah mempunyai resolusi terbaik, atau karena salib kita tampak terlalu berat dan kita merasa terbebani secara berlebihan.

Di manakah kita dapat menemukan kenyamanan dalam penderitaan kita dan kekuatan dalam kelemahan kita? “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Mat. 11:28) Datanglah kepada Yesus dan selalu bergantung pada-Nya.

Kesulitan akan teratasi, salib akan semakin ringan, kepedihan akan berkurang bila kita selalu bersandar pada Yesus. Yesaya, sang Nabi, meletakkan kata-kata ini di bibir Tuhan: “Aku telah menjadikanmu dan Aku akan menanggungnya: Aku akan memikul dan Aku akan menyelamatkan.” (Bdk. Yes. 46:3-4) Saat itu Yesus belum datang; Dia belum hadir di antara kita dengan ajaran-Nya, dengan semangat penghiburan-Nya, dan dengan Ekaristi Ilahi-Nya. Sekarang segalanya berbeda; kita memiliki Imanuel, Tuhan menyertai kita. Oleh karena itu, mengapa kita tidak membiarkan diri kita digendong oleh-Nya? Penting bagi kita untuk membiarkan diri kita “dibawa oleh kasih karunia Allah,” (Mengikuti Kristus, Bk. II, Bab 9) seperti yang dikatakan dalam “Mengikuti Kristus”.
Jika Tuhan menyertai kita, siapa atau apa yang dapat menang melawan kita?

Kita harus, sebagaimana ditulis oleh Santo Fransiskus de Sales, bersandar pada lengan Yesus sebagaimana seorang anak bersandar dengan aman pada lengan ibunya. “Tidak menjadi masalah,” tambahnya, “tempat dia berjalan, di dataran berumput atau di jalan curam yang dikelilingi tebing curam.” Dia adalah ibunya dan dia menggendongnya; itu cukup untuk membuatnya bahagia dan puas. Kita harus memercayai Yesus dengan cara ini, selalu mengandalkan dukungan-Nya dalam suka dan duka, di saat-saat pencobaan dan saat-saat kepuasan, dalam hidup dan mati. Janganlah kita takut; Yesus lebih baik dan lebih kuat dari ibu duniawi kita. Jika Dia membimbing dan mendukung kita, kita bisa yakin akan Surga, apa pun yang terjadi.

Ketika kita menyerahkan diri kita kepada Yesus, kita harus melakukannya dengan gembira dan percaya. St Basilius menyebut iblis sebagai malaikat kesedihan. Faktanya, roh jahat itu sedih, karena inilah nasib orang yang kehilangan Tuhan selamanya. Terlebih lagi, Dia juga ingin menyampaikan kesedihan itu kepada kita ketika iblis telah menarik kita ke dalam dosa.

Kita hendaknya berbahagia di dalam Tuhan, seperti nasihat St. Paulus. Sukacita adalah buah Roh Kudus. Orang yang memiliki Yesus dan rahmat-Nya tersentuh oleh sukacita suci yang terpancar dari-Nya. Para orang kudus bersukacita dalam penganiayaan dan kemartiran seperti halnya para Rasul di hadapan Sanhedrin karena “mereka telah dianggap layak untuk menderita aib demi nama Yesus.” (Kisah Para Rasul 5:41) Diceritakan tentang St. Romauld bahwa meskipun menjalani banyak pertapaan, dia selalu tersenyum, sehingga dia menyampaikan kebahagiaan kepada mereka yang melihatnya. Oleh karena itu, marilah kita selalu bersandar pada Yesus; Mari kita tetap dekat dengan-Nya dan jalan menuju Surga akan terasa mulus meski banyak rintangan yang pasti kita hadapi.

Kita harus terus percaya kepada Yesus bahkan ketika kita bersalah karena ketidaksempurnaan atau dosa. Dosa, menurut St. Thomas, adalah pengingkaran terhadap cinta, dan karena itu juga pengingkaran terhadap Tuhan Yang Maha Pengasih. Ini menempatkan jarak antara Tuhan dan jiwa. Justru karena inilah, setiap kali kita jatuh ke dalam dosa atau ketidaksempurnaan, kita harus segera kembali kepada Yesus dan meminta Dia untuk mendukung kita sekali lagi dalam kelemahan kita. Tidak perlu takut. Untuk tujuan inilah Dia menjadi manusia, dan menderita serta mati demi cinta kita. Kita dapat yakin bahwa setiap kali kita kembali kepada-Nya dalam semangat pertobatan, Dia akan menerima kita dengan penuh kasih dan memberi kita pengampunan. Dia akan mendukung kita dengan kuasa-Nya yang mahakuasa agar kita tidak terjatuh lagi.—


*Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy