| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Iman, Harapan dan Kasih

 

Orang yang tidak mempunyai cahaya iman, ibarat orang buta yang meraba-raba dalam kegelapan. Dunia yang mengelilingi kita adalah sebuah absurditas yang tak terbayangkan kecuali kita beriman kepada Tuhan yang menciptakan dan mengatur. Hidup adalah perjalanan tanpa tujuan jika tidak disinari dengan keimanan kepada Sang Pencipta yang akan memberi pahala kepada kita. Segala sesuatu di luar kita dan di dalam diri kita berbicara kepada kita tentang Tuhan dan mengarahkan langkah kita menuju Dia, penolong kita yang tertinggi, hakim kita, dan pahala kekal kita. Bintang-bintang di langit dan bunga-bunga di padang menunjukkan kepada kita tentang keindahan dan kebaikan Penciptanya yang tak terbatas. Di halaman-halaman Injil kita menemukan cahaya yang lebih jelas dan lebih menembus yang mengundang kita untuk menyembah dan mencintai Penebus ilahi dan percaya kepada-Nya, Dialah satu-satunya yang memiliki firman kehidupan kekal dan Dialah yang dapat memuaskan keinginan hati kita yang tak terbatas.

Semua ini benar. Segala sesuatu di sekitar kita dan di dalam diri kita menuntun kita kepada Tuhan dan mengajak kita untuk beriman. Namun keutamaan iman adalah anugerah supernatural yang harus kita mohon dengan rendah hati dan tekun kepada Tuhan. Thomas, landasan seluruh kehidupan rohani (Summa Theologiae, III, q. 73, a. 3); tanpanya bangunan spiritual akan runtuh. Oleh karena itu, betapa bersyukurnya kita kepada Tuhan karena telah dipanggil ke dalam iman dan dilahirkan dalam Gereja Katolik. Ada begitu banyak jiwa lain di luar Dia, yang meraba-raba dalam kegelapan merindukan kebenaran. Kita harus berdoa bagi mereka agar mereka dapat mencapai pelabuhan keselamatan dan dapat bergabung bersama kita dalam memuji, mencintai, dan melayani Tuhan kita Yesus Kristus. Kita juga harus menyadari bahwa, seperti yang ditunjukkan oleh St. Yakobus, iman tanpa perbuatan baik adalah mati. (Bdk. Yakobus 2:17-20) Bahkan setan pun percaya, sebagaimana diamati oleh St. Agustinus (De Caritate, 10), namun hal ini tidak membantu keselamatan mereka. Selain iman, kasih kepada Tuhan dan kasih terhadap sesama kita juga diperlukan. Hasil dari kasih ganda ini adalah peningkatan bertahap dalam perbuatan baik.

Pengharapan Kristen berasal dari iman. Ketika kita percaya kepada Tuhan yang sangat baik dan penuh belas kasihan yang telah menjadi manusia bagi kita dan yang telah mencurahkan Darah-Nya yang Berharga demi keselamatan kita, kita mengalami pengharapan dan keyakinan yang besar. Betapapun banyaknya dosa dan kekurangan kita, asal kita bertobat dengan ikhlas hendaknya kita terus berharap ampunan Tuhan. Keputusasaan yang menyebabkan Yudas bunuh diri hendaknya jangan dibiarkan memasuki pikiran kita. Seperti Magdalena yang bertobat, seperti anak yang hilang, seperti domba yang hilang, dan seperti pencuri yang baik, marilah kita percaya kepada Yesus dengan iman, pengharapan, dan kesedihan atas dosa-dosa kita. Mari kita ingat bahwa Dia sangat baik dan penuh belas kasihan dan sangat ingin mengampuni kita. Bersamaan dengan pengharapan pengampunan Tuhan ini, kita harus memupuk harapan untuk memperoleh Surga, yang telah dijanjikan Tuhan dalam kebaikan-Nya yang tak terbatas tidak hanya kepada jiwa-jiwa yang tidak bersalah tetapi juga kepada para pendosa yang bertobat. Namun, agar harapan ini tidak sia-sia, kita harus memasukkan tujuan perubahan yang teguh dalam pertobatan kita atas dosa-dosa kita.

Kita juga harus memiliki keyakinan yang besar terhadap bantuan terus-menerus yang Tuhan tawarkan kepada kita dalam pencobaan, kesulitan, dan pencobaan hidup. Ketika kita dicobai dengan kuat, kita harus ingat bahwa Allah tidak akan membiarkan kita dicobai melampaui kekuatan kita (lih. 1 Kor 10:13), dan kita harus berdoa memohon pertolongan kepada-Nya. Saat kepedihan menyiksa kita, saat kehinaan tak tertahankan, saat segalanya gelap dan kita merasa ditinggalkan, marilah kita percaya kepada-Nya, yang menjadi jalan, kebenaran, dan kehidupan. Dia berkata kepada kita, seperti Dia berkata kepada Petrus yang terombang-ambing di tengah ombak: “Hai kamu yang kurang percaya, mengapa kamu bimbang?” (Mat. 14:31) Dia selalu siap menghibur dan menenangkan kita.

Ingatlah bahwa semakin banyak kita berharap, semakin banyak pula yang akan kita peroleh.   —

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy