| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Beginilah cara memberkati rumah Anda dengan kapur Epifani

 

Kapur diberkati oleh imam dan menggunakan doa yang memohon kesehatan dan keselamatan kepada Tuhan di Tahun Baru.

Setiap tahun pada Hari Raya Penampakan Tuhan, kapur diberkati oleh para imam di seluruh dunia dan kemudian dibagikan ke paroki. Umat diinstruksikan untuk menandai tiang pintu mereka dalam tindakan yang jelas diilhami oleh kitab Keluaran. (lih. Keluaran 12:1-13)
Anne and David | Public Domain

Ini adalah tradisi kuno untuk memohon berkat dan perlindungan Tuhan.

Menurut tradisi, seorang imam memberkati kapur pada Pesta Epifani dengan mengucapkan doa berikut (dari Ritual Romawi).
 
Banyak keluarga akan menanggapi ini dengan serius dan mendoakan berkat dengan iman, percaya bahwa Tuhan akan menghindarkan mereka dari penyakit, wabah, dan penyakit lainnya.

Hal ini tercermin dari doa yang biasa diucapkan oleh kepala rumah tangga saat menandai pintu dengan kapur.
 
Allah Bapa pencipta langit dan bumi, Engkau mewahyukan Putra-Mu yang tunggal kepada segala bangsa dengan bimbingan bintang. Berkati rumah kami ini dan semua orang yang mendiaminya. Semoga kami diberkati dengan kesehatan, kebaikan hati, kelemah lembutan dan taat setia pada perintah-Mu. penuhilah kami dengan terang Kristus,sehingga cinta kasih kami satu sama lain dapat melimpah kepada sesama. Semoga rumah dan keluarga kami Kau mampukan menjadi saluran berkat dan kasih-Mu kepada siapa pun yang akan berkunjung, serta sesama di sekitar kami. Semoga di tahun 2023 ini, kami dapat mewujudkan perilaku semakin adil dan beradab di tengah masyarakat. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


Setelah doa berkat didaraskan bersama, silakan menorehkan di pintu depan / kusen pintu rumah:
 
20 C M B 23
Huruf-huruf tersebut mewakili inisial orang Majus - Caspar, Melchior, dan Balthasar. Mereka juga menyingkat frasa Latin, "Christus mansionem benedicat": "Semoga Kristus memberkati rumah ini." 
 Tanda "+" melambangkan salib, dan tanda "20" serta "23" menandakan tahun.


* Ketika menuliskan 20 C M B 23, bacalah doa ini :
Tiga orang Majus, Caspar, Melchior, dan Balthasar mengikuti bintang menuju Anak Allah yang menjadi manusia 2023 tahun yang lalu. Semoga Kristus memberkati rumah kami dan senantiasa bersama kami sepanjang tahun ini. Amin.
    
Meskipun tidak ada “jaminan” bahwa rumah yang ditandai dengan kapur Epifani akan terlindung dari segala penyakit, hal itu mengingatkan kita bahwa Tuhan adalah pemberi semua karunia dan Dia dapat menuntun kita menuju kesehatan yang baik.

Kebutuhan rohani keluarga harus selalu menjadi yang terdepan dalam pikiran kita, mengetahui bahwa Tuhan akan memimpin kita melewati setiap lembah yang gelap.

Sekalipun kita tidak terhindar dari penyakit mematikan, berkat Tuhan akan memerintah di rumah kita dan jiwa kita akan berdamai dengan Tuhan.
 
 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy