| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Senin, 09 Januari 2023 Pesta Pembaptisan Tuhan

Senin, 09 Januari 2023
Pesta Pembaptisan Tuhan
 
Kristus dibaptis! Marilah kita turun ke air bersama Dia, supaya kita juga naik bersama Dia! --- St. Gregorius dari Nazianze

 
Antifon Pembuka (bdk Mat 3:16-17)

Setelah Yesus dibaptis, terbukalah langit, dan Roh Kudus seperti burung merpati turun pada-Nya, serta terdengarlah suara Bapa, “Inilah Putera-Ku terkasih, pada-Nya Aku amat berkenan.”

Dilexisti iustitiam, et odisti iniquitatem: propterea unxit te Deus, Deus tuus, oleo lætitia præ consortibus tuis.
* Eructavit cor meum verbum bonum: dico ego opera mea regi. (GR, 498)

Doa Pagi


Allah Yang Mahakuasa dan kekal, ketika Kristus dibaptis di Sungai Yordan dan Roh Kudus turun ke atas-Nya, Engkau dengan resmi memaklumkan Dia sebagai Putra-Mu yang terkasih. Kami mohon, semoga kami, anak-anak angkat-Mu, yang sudah dilahirkan dari air dan Roh Kudus, diperkenankan tetap tinggal sebagai anak-anak kesayangan-Mu. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.                   
  
Bacaan dari Kitab Yesaya (42:1-4.6-7)
     
"Lihat, itu hamba-Ku, yang kepadanya Aku berkenan."
        
Beginilah firman Tuhan, “Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku yang kepada-Nya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suaranya, atau memperdengarkan suaranya di jalan. Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan ia padamkan, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum. Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.” Beginilah firman Tuhan, “Aku, Tuhan, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan. Aku telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan membuat engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa, untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.”
Demikianlah sabda Tuhan. 
U. Syukur kepada Allah.
    
                                 
Mazmur Tanggapan, do = g, 4/4, PS 846
Ref. Tuhan memberkati umat-Nya dengan damai sejahtera.
Ayat. (Mzm 29:1a.2.3ac-4.3b+9b-10; R:11b)
1. Sampaikanlah kepada Tuhan, hai penghuni surga, sampaikanlah kepada Tuhan kemuliaan nama-Nya, sujudlah kepada Tuhan dengan berhiaskan kekudusan!
2. Suara Tuhan terdengar di atas air, suara Tuhan mengguruh di atas air yang besar. Suara Tuhan penuh kekuatan, suara Tuhan penuh semarak.
3. Allah yang mulia mengguntur. Di dalam bait-Nya setiap orang berseru, "Hormat!" Tuhan bersemayam di atas air bah, Tuhan bersemayam sebagai Raja untuk selama-lamanya.

Bacaan dari Kisah Para Rasul (10:34-38)
 
"Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus."
 
Sekali peristiwa Allah menyuruh Petrus menemui perwira Romawi dan seisi rumahnya. Setibanya di rumah sang perwira, Petrus berkata, “Sesungguhnya Allah tidak membeda-bedakan orang. Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Allah dan mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya. Itulah firman yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan damai sejahtera oleh karena Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang. Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh tanah Yudea mulai dari Galilea sesudah pembaptisan yang diberitakan oleh Yohanes, yaitu tentang Yesus dari Nazaret: Bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa. Yesus itu telah berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.”
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.  
 
    

Bait Pengantar Injil, do = bes, 2/2, PS 957
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Mrk 9:6; 2/4)
Langit terbuka, dan terdengarlah suara Bapa, "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia!"

Inilah Injil Suci menurut Matius (3:13-17)
 
"Sesudah dibaptis, Yesus melihat Roh Allah turun ke atas-Nya."
 
Ketika Yohanes membaptis di Sungai Yordan, datanglah Yesus dari Galilea ke sana untuk dibaptis olehnya. Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya, “Akulah yang musti dibaptis oleh-Mu! Masakan Engkau yang datang kepadaku!” Lalu Yesus menjawab kepadanya, kata-Nya, “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” Dan Yohanes pun menurutinya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air, dan pada waktu itu juga langit terbuka, dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari surga yang mengatakan, “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan

 
 Sebuah fakta bahwa sekitar 70% permukaan bumi tertutup air. Itu cukup banyak air.

Dengan 70% permukaan bumi tertutup air, berarti hanya 30% yang merupakan lahan kering. Tetapi kita tidak benar-benar merasa bahwa hanya ada sedikit tanah kering, karena kita sering berada di tanah kering dan hanya ketika kami pergi ke pantai atau ketika kami pergi dengan kapal ferry atau kapal pesiar kita melihat cukup banyak air. .

Tidak hanya permukaan bumi yang 2/3 nya ditutupi oleh air, tubuh manusia memiliki kandungan air hingga 60%. Otak dan jantung terdiri dari sekitar 73% air.
 
Jadi air memang penting bagi Bumi dan juga bagi manusia. Dikatakan bahwa kita dapat bertahan lebih dari 3 minggu tanpa makanan, tetapi kita tidak akan bertahan lebih dari seminggu tanpa air.

Tapi tentu saja bukan berarti kita seperti ikan yang perlu dikelilingi air. Ternyata terendam air terlalu lama akan menimbulkan beberapa masalah.

Pesta Pembaptisan Tuhan hari ini menyoroti sekali lagi pentingnya air. Tidak diragukan lagi bahwa Yohanes Pembaptis membaptis Yesus di perairan Sungai Yordan.

Dalam kisah Injil tentang pembaptisan Tuhan, segera setelah Ia dibaptis, Ia keluar dari air, dan tiba-tiba langit terbuka dan Ia melihat Roh Tuhan seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Dan sebuah suara dari surga,  “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”

Ini adalah kisah yang telah kita dengar berkali-kali dan kita juga telah melihat gambar-gambar pembaptisan Tuhan itu.

Tetapi ada satu tindakan alami Yesus yang mungkin kita anggap remeh dan itu tidak benar-benar menarik perhatian kita.

Segera setelah Yesus dibaptis, Dia keluar dari air. Dia tidak pergi berenang atau menyelam. Dia muncul dari air, dan kita mungkin berpikir bahwa itu wajar saja. Tidak ada yang benar-benar signifikan tentang itu.

Tetapi hanya ketika Yesus muncul dari air, hal-hal yang menakjubkan mulai terjadi.

Yesus masuk ke dalam air untuk dibaptis oleh Yohanes Pembaptis. Yesus membenamkan diri-Nya ke dalam air untuk membenamkan diri-Nya ke dalam realitas kehidupan manusia dan menjadi seperti salah satu dari kita dalam segala hal kecuali dosa.

Tetapi Yesus muncul dari air untuk memimpin umat manusia ke dalam misi baru.

Saat keluar masuk air, Yesus diberi kuasa oleh Roh Kudus saat turun ke atas-Nya. Dia juga dinyatakan sebagai Anak Bapa yang terkasih.
  
Melalui bacaan kedua kita diingatkan bahwa setelah baptisan-Nya, Allah mengurapi Yesus dengan Roh Kudus dan dengan kuasa, dan Yesus melakukan kebaikan dan menyembuhkan semua orang yang jatuh ke dalam kuasa iblis.

Yesus datang untuk membebaskan umat manusia yang ditangkap dari penjara dosa dan kegelapan kejahatan.

Dengan baptisan kita sendiri, kita juga telah keluar dari air untuk mengikuti Yesus Guru kita untuk menjalani kehidupan yang benar dan menjadi sinar terang yang bersinar ke dunia yang gelap.

Kita juga diberdayakan oleh Roh Kudus untuk hidup sebagai anak-anak Allah dan menjadi anak-anak terang.

Tetapi ketika kita kehilangan fokus kita pada Yesus dan melupakan janji baptis kita, kita tergelincir kembali ke air tempat kita berasal.

Dan itu bukan air bersih. Itu adalah air yang telah membasuh dosa-dosa kita sehingga kita tenggelam ke dalam “air yang berdosa”.

Tetapi meskipun kita tidak terpeleset ke dalam “perairan yang penuh dosa”, menghidupi kehidupan Kristiani cukup menantang.

Sama seperti Bumi yang 70% tertutup oleh air, kita mendapati diri kita dikelilingi oleh “air yang penuh dosa”.

Di sinilah analogi kapal tidak tenggelam karena air di sekitarnya. Kapal tenggelam karena air yang masuk ke dalamnya.

Oleh karena itu saat kita keluar dari air dan berlayar dengan kapal keselamatan, kita tidak boleh membiarkan apa yang terjadi di sekitar kita masuk ke dalam diri kita dan menenggelamkan kita kembali ke dalam air yang penuh dosa.

Seperti Yesus, kita harus keluar dari air untuk berlayar dengan kapal keselamatan. Kita juga harus membantu orang lain masuk ke kapal keselamatan ini, karena Yesus datang bukan untuk mematahkan buluh yang remuk atau memadamkan api yang goyah.

Yesus keluar dari air untuk menyelamatkan kita. Semoga kita juga keluar dari air dan meminta Yesus untuk menyelamatkan kita dari air yang penuh dosa.

Semoga kita juga tinggal di kapal keselamatan, Gereja, dan membantu mereka untuk keluar dari air dan menemukan keselamatan.  

  
Antifon Komuni (Yoh 1:32,34)
  
Lihatlah Dia yang dikatakan Yohanes: Aku telah melihat Dia, dan aku memberi kesaksian bahwa Dia inilah Putra Allah.

Behold the One of whom John said: I have seen and testified that this is the Son of God.
 

 
Juan Navarrete | Public Domain

 
     
“Tuhan sendiri mengatakan bahwa Pembaptisan itu perlu untuk keselamatan (Bdk. Yoh 3:5.). Karena itu, Ia memberi perintah kepada para murid-Nya, untuk mewartakan Injil dan membaptis semua bangsa (Bdk. Mat 28:19-20; DS 1618; LG 14; AG 5.). Pembaptisan itu perlu untuk keselamatan orang-orang, kepada siapa Injil telah diwartakan dan yang mempunyai kemungkinan untuk memohon Sakramen ini (Bdk. Mrk 16:16.). Gereja tidak mengenal sarana lain dari Pembaptisan, untuk menjamin langkah masuk ke dalam kebahagiaan abadi. Karena itu, dengan rela hati ia mematuhi perintah yang diterimanya dari Tuhan, supaya membantu semua orang yang dapat dibaptis, untuk memperoleh “kelahiran kembali dari air dan Roh”. Tuhan telah mengikatkan keselamatan pada Sakramen Pembaptisan, tetapi Ia sendiri tidak terikat pada Sakramen-sakramen-Nya.“ (Katekismus Gereja Katolik, 1257) 
 
   
  
RENUNGAN PAGI

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy