| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Mengapa St. Yohanes Bosco adalah santo pelindung para entertainers?

 
Industri hiburan di dunia modern seringkali dipandang sebelah mata, apalagi tayangan yang dihasilkan bertentangan dengan nilai-nilai moral Kristiani. Namun, itu tidak berarti bahwa seluruh industri harus dibuang atau tidak sesuai dengan kekristenan.

Faktanya, St. Yohanes Bosco berpendapat bahwa hiburan memiliki potensi untuk membuka hati orang-orang terhadap pesan Injil.

Menurut M.S. Pine, dalam bukunya A sketch of the life and works of the Venerable Don Bosco, hiburan memainkan peran penting dalam pembinaan orang suci. Selama masa kecilnya, tetangga akan berduyun-duyun ke lumbung ibunya, di mana dia akan menceritakan kisah-kisah Alkitab. Narasinya dilengkapi dengan tindakan riang putranya.

    Yohanes kecil sering dipanggil untuk mewartakan khotbah Minggu - karena dia memiliki ingatan yang luar biasa - atau membaca dengan suara keras, atau melakukan beberapa trik sulap. Tetapi pengalihan ini, yang dia pelajari di sebuah pameran, biasanya dilakukan di bawah pohon pir tua yang besar, [tindakannya] dimulai dan diakhiri dengan doa atau himne. Memang satu-satunya tujuannya dalam hiburan lucu ini adalah untuk mendapatkan pengaruh moral atas pendengarnya: doa dan rosario, atau tidak masuk, adalah hukumnya yang tidak fleksibel, yang dengan sukarela diserahkan semua orang.
 

Yohanes Bosco menyempurnakan penampilannya dan sangat berbakat di hampir setiap bentuk hiburan.

     Dia menjadi pemain akrobat yang terlatih, menari, berbalik jungkir balik, berjalan dengan tangan, kakinya di udara, menggandakan telur, mengeluarkan kacang dari hidung penonton, dan memindahkan jam tangan ke saku tetangga, dengan trik lain, semuanya disambut dengan antusias olehnya. pengagum pedesaan.

Kemudian ketika dia ditahbiskan sebagai imam dan merasa terpanggil untuk menjaga anak yatim piatu, dia menggunakan kemampuannya untuk menghibur untuk memikat anak-anak lelaki itu dengan keindahan Injil.

Hiburan memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menurunkan pertahanan kita dan membuka kita pada sukacita yang dapat diberikan Injil. Sementara banyak yang menggunakan hiburan untuk tujuan yang meragukan, itu masih dapat digunakan sebagai sarana penginjilan yang efektif. 


Fr Lawrence Lew, O.P. | Flickr CC BY-NC-ND 2.0


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy