| Halaman Depan | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

Ketika tergoda untuk berbuat dosa, ikuti nasihat St. Fransiskus de Sales

 

Berikut adalah beberapa tips praktis tentang cara mengatasi godaan.

Saat kita merasakan godaan yang luar biasa untuk melakukan dosa tertentu, mungkin sulit untuk menolaknya. Kita mungkin tahu itu buruk, tetapi hasrat kita mendorong kita untuk tetap melakukannya.

St. Fransiskus de Sales, dalam bukunya Pengantar Kehidupan yang Berbakti, menjelaskan apa yang harus Anda lakukan ketika Anda awalnya tergoda.

     Segera setelah kamu merasakan dirimu tergoda, lakukan seperti anak kecil. Ketika mereka melihat serigala atau beruang di pegunungan. Segera mereka lari ke perlindungan ayah atau ibu mereka, atau setidaknya berteriak minta tolong. Apakah Anda pergi dengan cara yang sama kepada Tuhan, memohon belas kasihan dan bantuan-Nya,—itu adalah obat yang diajarkan kepada kita oleh Tuhan kita sendiri: “Berdoalah agar kamu tidak masuk ke dalam pencobaan.”


Namun, jika godaan tetap ada, ada obat lain.

     Namun, jika pencobaan terus berlanjut atau meningkat, cepatlah dalam semangat untuk memeluk Salib suci, seolah-olah kamu melihat Yesus Kristus yang Tersalib benar-benar hadir. Lakukan sanggahan tegas terhadap persetujuan, dan mintalah pertolongan-Nya untuk itu; dan, selama godaan masih ada, apakah kamu tetap melakukan tindakan tidak setuju. Tetapi ketika melakukan tindakan dan sanggahan ini, jangan terpaku pada pencobaan—pandanglah semata-mata pada Tuhan kita, karena jika kamu memikirkan pencobaan, terutama ketika itu kuat, keberanian kamu mungkin akan terguncang.


Selain tip dasar ini, cara lain yang efektif untuk melawan godaan adalah dengan mengalihkan perhatian Anda ke hal lain, melakukan aktivitas yang berbeda.

     Alihkan pikiran Anda dengan pekerjaan yang benar dan sehat, karena jika itu menguasai dan memenuhi pikiran Anda, itu akan mengusir godaan dan imajinasi jahat.

Pencobaan bisa sulit untuk ditolak, tetapi dengan pertolongan Allah, segala sesuatu menjadi mungkin.

 

Public Domain

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS/GOPAY/OVO/LINKAJA/SHOPEEPAY/DANA/BCA MOBILE/OCTOMOBILE/SAKUKU,dll klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2023 -

Privacy Policy