| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

 Bagaimana St. Antonius, Abas mengalahkan iblis?

 
St Antonius, Abas (kadang-kadang disebut St Antonius dari Mesir atau St Antonius Agung), terinspirasi oleh Injil untuk menjual semua miliknya dan menjalani kehidupan menyendiri di gurun Mesir. Dia mendirikan pertapaan yang tenang jauh dari dunia, tetapi dia tidak dapat sepenuhnya melarikan diri dari musuhnya yang paling gigih.

Iblis, mengetahui bahwa Santo Antonius adalah orang yang sangat suci dan dekat dengan Tuhan, melemparkan semua yang dia miliki untuk melawannya. Jika iblis tidak dapat menjauhkan Antonius dari Tuhan melalui kekayaan dunia, dia akan mencoba menyerangnya baik secara fisik maupun spiritual. St Athanasius mencatat beberapa pertemuan ini dalam bukunya Hidup St Antonius.

Setelah gagal menggodanya dengan iming-iming kekayaan, iblis “menyerang pemuda itu, mengganggunya di malam hari dan mengganggunya di siang hari, sehingga bahkan orang-orang yang melihat melihat pertikaian yang terjadi di antara mereka.” Namun, setelah setiap pencobaan, St Antonius akan “membentengi tubuhnya dengan iman, doa, dan puasa.”

Frustrasi, iblis mencoba menghadapi Antonius dengan mengambil bentuk anak laki-laki dan berbicara dengannya. Antonius menjawab, “Kalau begitu kamu sangat hina, karena kamu berhati hitam dan lemah seperti anak kecil. Mulai saat ini aku tidak akan mendapat masalah darimu, ‘karena Tuhan adalah penolongku, dan aku akan memandang rendah musuhku.'”

Untuk beberapa waktu iblis meninggalkan Antonius sendirian, tetapi kembali lagi untuk mengujinya, kali ini dengan banyak setan. Iblis memukuli Antonius dengan kejam secara fisik, berharap Antonius akan kembali ke cara hidupnya yang dulu karena ketakutan. Tetap teguh dalam imannya, Antonius berseru kepada iblis, “Ini aku, Antonius; Aku tidak melarikan diri dari bilur-bilurmu, karena bahkan jika engkau melakukan lebih banyak, tidak ada yang akan memisahkanku dari kasih Kristus … ‘meskipun kemah dipasang terhadapku, hatiku tidak akan gentar.'”

Setelah setiap pertemuan Antonius dikuatkan dalam imannya dan Tuhan datang membantunya. Dalam mengajar banyak muridnya, Antonius mengajari mereka cara mengalahkan iblis, "Karena itu tandatangani dirimu dengan salib, dan pergilah dengan berani, dan biarlah ini menjadi olahraga untuk diri mereka sendiri." Dan di tempat lain dia berkata kepada mereka, “Tetapi kita tidak perlu takut akan saran mereka, karena dengan berdoa, berpuasa, dan beriman kepada Tuhan, serangan mereka segera gagal.”

Dalam pencobaan apa pun yang mungkin kita hadapi, Antonius mengajar kita bahwa iman, doa, puasa, dan tanda salib sudah cukup untuk mengalahkan jerat si Jahat. Iblis mungkin tampak kuat, tetapi orang-orang kudus berulang kali membuktikan bahwa Iblis bukan tandingan bagi mereka yang menaruh kepercayaan mereka pada Tuhan.

 CC0 1.0 Universal Public Domain Dedication

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy