| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Mengapa tidak ada Hari Minggu Biasa I? Inilah alasannya

Kapan Hari Minggu Biasa Pertama diselenggarakan? Ini adalah pertanyaan jebakan, jawabannya tidak ada! Inilah alasannya.

Segera setelah masa Natal berakhir, Gereja Katolik Ritus Roma merayakan “Masa Biasa.” Namun, ini bisa membingungkan karena banyak umat Katolik datang ke Misa pada hari Minggu dan imam akan menjelaskan bagaimana itu adalah "Minggu Biasa ke-2"!

Apa yang terjadi dengan "Minggu pertama"? Apakah saya melewatkan sesuatu?

Pada bulan Januari, Gereja merayakan Hari Raya Penampakan Tuhan pada tanggal 6 Januari dan di sebagian besar tempat di dunia pesta ini dipindahkan ke hari Minggu terdekat.
  
Kemudian, Pesta Pembaptisan Tuhan kemudian dirayakan pada hari Minggu berikutnya yang tersedia, masih dalam masa Natal (dalam beberapa kasus Pembaptisan Tuhan dirayakan pada hari Senin setelah Minggu Penampakan Tuhan).

Bagian yang membingungkan adalah masa liturgi Natal berakhir pada Pesta Pembaptisan Tuhan, bukan pada Hari Raya Penampakan Tuhan. Ini berarti bahwa hari berikutnya (biasanya hari Senin), adalah permulaan Masa Biasa.

Karena perayaan hari Minggu telah terjadi, satu-satunya pilihan yang mungkin adalah memulai “minggu” pertama Masa Biasa pada hari Senin (atau Selasa).

Artinya, hari Minggu pertama dalam masa Biasa adalah hari Minggu ke-2 dalam Masa Biasa!

Membingungkan bukan?!

Setelah itu sisa tahun adalah “normal”, tetapi menarik untuk dicatat bahwa Masa Biasa adalah satu-satunya masa liturgi dalam Ritus Romawi yang dimulai pada hari kerja.
 
 
Karya: BONDART/ISTOCK.COM

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy