| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Paus Benediktus XVI (Dalam Kenangan) - bagian 1

M.Mazur/www.thepapalvisit.org.uk (CC BY-NC-ND 2.0 via flickr)

 

 

Paus Emeritus Benediktus XVI telah wafat dalam usia 95 tahun di Biara Mater Ecclesiae Vatikan pada 31 Desember pukul 09.34. Dia wafat di biara tempat dia tinggal hampir selama sembilan tahun terakhir, sejak pengunduran dirinya yang bersejarah dari kepausan pada tahun 2013.

Wafatnya Benediktus menandai pertama kalinya dalam enam abad seorang Penerus Santo Petrus meninggal saat tidak menjabat. Yang terakhir adalah Paus Gregorius XII. Tapi itu hanya satu dari banyak bagian menarik dalam kehidupan Joseph Alois Ratzinger. Dia adalah seorang pria — dan seorang paus — dengan banyak kejutan.

“Kecemerlangan intelektual dan sikap lembut Kardinal Ratzinger/Paus Benediktus menjadi terkenal bagi semua orang segera setelah pemilihannya menjadi kepausan,”
kata Fr. Joseph Fessio, pendiri Ignatius Press dan mantan mahasiswa doktoral di bawah arahan Ratzinger. “Orang-orang tiba-tiba menyadari bahwa Panzerkardinal, Penegak Vatikan, pengawas doktrin pemangsa yang tidak humoris, sebenarnya tidak satu pun dari hal-hal ini. Justru sebaliknya.”
 

Umur yang sangat panjang

Paus Benediktus XVI mungkin akan mengejutkan dirinya sendiri karena hidup selama itu. Pada bulan Februari 2018, mingguan Jerman Neue Post menerbitkan sebuah wawancara dengan Mgr. Georg Ratzinger (kakak dari mantan paus yang meninggal pada Juli 2020) mengatakan Benediktus menderita penyakit saraf, yang membuatnya lumpuh sedikit demi sedikit. Hal itu kemudian dibantah oleh Vatikan.

Tetapi seminggu sebelumnya, surat kabar harian Italia Il Corriere della Sera menerbitkan surat dari Benediktus sendiri di mana dia sepertinya mengisyaratkan kematiannya yang akan segera terjadi.

“Ketika kekuatan fisik saya perlahan berkurang, secara batin saya sedang berziarah menuju Rumah (Bapa),” tulis Paus Emeritus, dalam surat 5 Februari 2018.

Pada tanggal 1 April 2021, majalah Jerman Die Tagespost melaporkan pernyataan sekretaris lama Benediktus XVI, Uskup Agung Georg Gänswein, yang mengungkapkan bahwa Benediktus hanya berharap untuk hidup beberapa bulan setelah pengunduran dirinya.

“Bagi dia, juga bagi saya - saya dapat mengakuinya di sini - bahwa dia hanya memiliki beberapa bulan lagi, tetapi tidak delapan tahun,” kata Gänswein selama kongres psikiatri Austria.

Namun hingga Januari 2020, Paus Emeritus masih membuat berita. Sebuah buku berjudul Dari Kedalaman Hati Kita: Imamat, Selibat, dan Krisis Gereja Katolik dipandang sebagai upaya terakhir untuk mempengaruhi Paus Fransiskus agar tidak membuka kemungkinan untuk menahbiskan pria yang sudah menikah menjadi imam. Awalnya memakai nama Paus Benediktus sebagai penulis bersama, bersama dengan Kardinal Robert Sarah, meskipun kemudian diketahui bahwa Paus Emeritus tidak ikut menulisnya.

Pengunduran diri yang bersejarah

Namun, pada tahun-tahun terakhirnya, Paus Benediktus menjalani kehidupan yang tenang dan sunyi di sebuah ruangan bekas biara di Vatikan.

“Benediktus XVI, sejak pengunduran dirinya, telah memahami dirinya sebagai seorang biarawan tua yang, setelah 28 Februari 2013, berkomitmen terutama untuk berdoa bagi Gereja Induk dan penggantinya, Paus Fransiskus, dan untuk pelayanan Petrine yang didirikan oleh Kristus sendiri,” kata Uskup Agung Gänswein dalam sebuah ceramah di Roma pada September 2018.

Benediktus tidak tampil di depan umum dalam beberapa tahun terakhir, tetapi masih menerima pengunjung yang sering membagikan foto kebersamaan mereka di media sosial.

Setelah pensiun, Paus Emeritus hanya muncul untuk beberapa acara khusus di Vatikan, seperti mengunjungi Basilika Santo Petrus pada tahun 2015 untuk mengambil bagian dalam peresmian resmi Yubelium Kerahiman dengan dibukanya Pintu Suci. Paus Fransiskus menyambutnya di atrium basilika sebelum melakukan upacara pembukaan Pintu Suci dan kemudian berjalan melewatinya. Benediktus mengikuti, dibantu oleh Uskup Agung Gänswein.

Bahkan ketika dia terpilih menjadi Tahta St. Petrus, ada kekhawatiran tentang kesehatannya. Pada usia 78 tahun, dia adalah paus tertua yang terpilih sejak Clement XII pada tahun 1730. Paus baru itu sendiri meramalkan bahwa dia akan memiliki masa kepausan yang singkat.

Paus Benediktus mengatakan bahwa dia mengundurkan diri dari kepausan karena “kurangnya kekuatan pikiran dan tubuh” akibat usia lanjut. Dia merasa bahwa jabatan itu semakin menjadi beban baginya dan dia tidak dapat memenuhi tugasnya dengan baik.

Tapi itu adalah tindakan yang sangat jarang terjadi sejak 1415, ketika Paus Gregorius XII mengundurkan diri. Beberapa pengamat berspekulasi penyebab selain kesehatan, termasuk bocornya dokumen kepada pers oleh kepala pelayan pribadi Benediktus dan pertikaian di Kuria Vatikan.
  

Tulisan-tulisan utama

Kardinal Joseph Ratzinger telah menjadi kepala Kongregasi Vatikan untuk Ajaran Iman selama hampir 24 tahun di bawah Paus Yohanes Paulus II ketika dia terpilih untuk menggantikan paus Polandia pada April 2005. Dengan Wojtyla, Dewan Kardinal telah memutuskan hubungan yang panjang tradisi memilih Italia untuk kepausan, dan Ratzinger menjadi orang Jerman pertama yang menjadi paus sejak abad ke-16 Adrian VI.

Dia adalah paus ke-265.

Meskipun masa jabatan delapan tahunnya singkat dibandingkan dengan masa jabatan Yohanes Paulus selama 26 tahun, dia jauh lebih dari sekadar pengurus atau pengganti. Di antara pencapaian lainnya, dia mengawasi pembentukan proses bagi jemaat Anglikan untuk memasuki Gereja Katolik sambil mempertahankan tradisi liturgi khusus mereka; dan melanjutkan tradisi pertemuan pendahulunya dengan pemuda dunia setiap tiga tahun atau lebih dalam pertemuan besar yang disebut Hari Pemuda Sedunia.

Selama masa kepausannya, ia menerbitkan tiga ensiklik, yang pertama, Deus Caritas Est, pada tahun 2006 mengambil tema cinta, dengan Bagian I menyajikan refleksi teologis dan filosofis tentang dimensi cinta yang berbeda — eros, philia, agape — dan menjelaskan hal-hal tertentu, fakta-fakta esensial tentang kasih Allah kepada manusia dan hubungan intrinsik dari kasih ini dengan kasih manusia. Bagian II membahas tentang praktik sebenarnya dari perintah untuk mengasihi sesama.

Tahun berikutnya, dalam Spe Salvi, dia mengatakan bahwa, tanpa iman kepada Tuhan, umat manusia berada di bawah kekuasaan ideologi yang dapat mengarah pada “bentuk kekejaman dan pelanggaran keadilan yang terbesar”.

Caritas in veritate,
ensikliknya yang ketiga dan terakhir, dirilis pada tahun 2009. Dalam kata-kata Konferensi Uskup Katolik AS, ini adalah “seruan untuk melihat hubungan antara ekologi manusia dan lingkungan dan untuk menghubungkan amal dan kebenaran dalam pengejaran keadilan, kebaikan bersama, dan perkembangan manusia yang otentik.”

“Dengan melakukan itu, paus menunjukkan tanggung jawab dan batasan pemerintah dan pasar swasta, menantang ideologi tradisional kanan dan kiri, dan menyerukan semua pria dan wanita untuk berpikir dan bertindak baru,” kata konferensi para uskup.

Sementara Deus Caritas Est dan Spe Salvi membahas kebajikan teologis dari kasih dan harapan, Benediktus telah menyelesaikan draf ensiklik keempat untuk membahas iman. Tapi itu tidak dipublikasikan pada saat Benediktus mengundurkan diri. Penggantinya, Paus Fransiskus, menyelesaikan dan menerbitkan Lumen Fidei pada Juni 2013, empat bulan setelah masa kepausan baru. Fransiskus, dalam paragraf 7 ensiklik, mengakui fakta ini.

     “Pertimbangan tentang iman ini – sejalan dengan semua yang telah diucapkan magisterium Gereja tentang kebajikan teologis ini – dimaksudkan untuk melengkapi apa yang telah ditulis Benediktus XVI dalam surat ensikliknya tentang amal dan harapan,”
tulis Fransiskus. “Dia sendiri hampir menyelesaikan draf pertama ensiklik tentang iman. Untuk ini saya sangat berterima kasih kepadanya, dan sebagai saudaranya dalam Kristus saya telah mengambil pekerjaan baiknya dan menambahkan beberapa kontribusi saya sendiri.”

Di antara banyak publikasinya adalah Pengantar Kekristenan, kompilasi kuliah universitas tentang Pengakuan Iman yang diterbitkan pada tahun 1968; Laporan Ratzinger; wawancara sepanjang buku tentang keadaan Gereja (1985); Salt of Earth (1997); dan Jesus of Nazareth, a life of Christ dalam tiga jilid yang diterbitkan selama kepausannya.

Kediktatoran relativisme

Dalam tulisan dan pidato lainnya, Benediktus membahas masalah kontemporer yang disebutnya "kediktatoran relativisme".

“Saat ini, hambatan yang sangat berbahaya untuk tugas pendidikan adalah kehadiran besar-besaran dalam masyarakat dan budaya kita dari relativisme yang mengakui tidak ada yang definitif, meninggalkan sebagai kriteria terakhir hanya diri dengan keinginannya,”
katanya dalam sebuah pidato di Roma pada tahun 2005. “Dan di bawah kemiripan kebebasan itu menjadi penjara bagi masing-masing orang, karena memisahkan orang satu sama lain, mengunci setiap orang ke dalam egonya sendiri.”

Dia juga menanggapi tantangan yang terus berlanjut dan relatif baru terhadap pemahaman tradisional tentang cinta, perkawinan, dan kesucian hidup manusia. Pada tahun yang sama, 2005, dia mengatakan bahwa “berbagai bentuk pembubaran pernikahan saat ini, seperti serikat pekerja bebas, pernikahan percobaan dan pernikahan semu oleh orang-orang dari jenis kelamin yang sama, lebih merupakan ekspresi dari kebebasan anarkis yang salah. untuk kebebasan sejati manusia…. Dari sini menjadi semakin jelas betapa bertentangan dengan cinta manusia, dengan panggilan mendalam pria dan wanita, untuk secara sistematis menutup persatuan mereka dengan anugerah kehidupan, dan bahkan lebih buruk untuk menekan atau merusak kehidupan yang dilahirkan. ”

Tidak diketahui oleh banyak orang


Terlepas dari sikapnya yang lembut dan kebapakan, bagi sebagian orang Benediktus tidak pernah dapat menggoyahkan citranya sebagai seorang penegak teologi Katolik yang teguh dan doktriner, terutama teologi moral - "Penegak Vatikan", seperti Fr. Fessio mengatakannya.

Bahkan di masa senja hidupnya, sebuah film yang diproduksi oleh Netflix, The Two Popes, menggambarkannya sebagai seorang yang keras, doktriner yang menggagalkan penerusnya, sebuah penggambaran yang menuai kritik tajam dari banyak pemikir Katolik.

     “Seandainya saja kita memiliki kilas balik ke bocah lelaki berusia enam belas tahun dari keluarga yang sangat anti-Nazi, dipaksa masuk dinas militer pada hari-hari terakhir Reich Ketiga, kita akan memahami kecurigaan mendalam Ratzinger terhadap utopia sekuler/totalitarian secara lebih menyeluruh. dan kultus kepribadian,” tulis Uskup Robert Barron dalam ulasan film tanggal 2 Januari 2020. “Seandainya saja kita memiliki kilas balik ke imam muda, peritus ke Kardinal Frings, memimpin faksi liberal di Vatikan II dan bersemangat untuk beralih dari konservatisme prakonsili, kita akan mengerti bahwa dia bukanlah penjaga status quo yang berpikiran sederhana. Andai saja kita memiliki kilas balik ke profesor Tubingen, yang tersinggung oleh ekstremisme pascakonsili yang membuang bayi teologis dengan air mandi, kita mungkin memahami keengganannya terkait program yang menganjurkan perubahan demi perubahan. Andai saja kita memiliki kilas balik ke Prefek Kongregasi untuk Ajaran Iman yang menyusun dokumen bernuansa, baik yang sangat kritis maupun yang sangat menghargai Teologi Pembebasan, kita mungkin telah memahami bahwa Paus Benediktus sama sekali tidak acuh terhadap penderitaan orang miskin."

Sejarah keluarga


Fakta bahwa masa muda Ratzinger bertepatan dengan kebangkitan Sosialisme Nasional di Jerman memberi celah bagi para pencela untuk mencapnya sebagai Panzerkardinal. Lahir di Marktl am Inn, di daerah paling Katolik di negara itu, Bavaria, pada 16 April 1927, Joseph Alois Ratzinger dibaptis pada hari yang sama, yaitu Sabtu Suci tahun itu.

Menurut biografi resminya di situs web Vatikan, ayahnya, seorang polisi, berasal dari keluarga tua petani dari Bavaria Bawah dengan sumber daya ekonomi yang sederhana. Ibunya adalah putri pengrajin dari Rimsting di tepi Danau Chiem, dan sebelum menikah ia bekerja sebagai juru masak di sejumlah hotel.

Selain Joseph, Ratzingers juga memiliki seorang putri, Maria, yang mengelola rumah tangga kardinal sampai kematiannya pada tahun 1991, dan seorang putra lainnya, Georg, yang menjadi terkenal dengan haknya sendiri sebagai direktur paduan suara Regensburger Domspatzen.

Joseph menghabiskan masa kecil dan remajanya di Traunstein, sebuah desa kecil dekat perbatasan Austria, sekitar 19 mil dari Salzburg. Saat dia tumbuh dewasa, Adolf Hitler memperoleh lebih banyak kekuatan, dan rezim Nazi mengembangkan sikap bermusuhan terhadap Gereja. Joseph melihat bagaimana beberapa orang Nazi memukuli pastor paroki sebelum perayaan Misa.

Namun, seperti yang dikatakan dalam biografi Vatikannya, “Dalam situasi yang rumit itulah dia menemukan keindahan dan kebenaran iman di dalam Kristus; mendasar untuk ini adalah sikap keluarganya, yang selalu memberikan kesaksian yang jelas tentang kebaikan dan harapan, yang berakar pada keterikatan yang meyakinkan dengan Gereja.”

Melawan Hitler

Ratzinger remaja dipaksa untuk bergabung dengan Pemuda Hitler tetapi tidak antusias dan menolak untuk menghadiri pertemuan. Pada tahun 1941, salah satu sepupunya, seorang anak laki-laki berusia 14 tahun dengan Down syndrome, dibawa pergi dan tidak pernah terlihat lagi, kemungkinan besar adalah korban dari kampanye Aksi T4 eugenika Nazi.

Pada tahun 1943, Joseph direkrut menjadi korps bantu anti-pesawat Jerman, bertugas hingga September 1944. Ketika dia berusia 18 tahun, pada bulan April 1945, dia harus bergabung dengan infanteri, tetapi tidak melihat pertempuran. Reich Ketiga akan jatuh. Dalam memoarnya, Milestones, dia menceritakan bagaimana dia meninggalkan unit tersebut dan ditangkap oleh pasukan Amerika tetapi dibebaskan beberapa minggu kemudian.

Setelah perang, dia belajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Freising dan di Universitas Munich dan ditahbiskan sebagai imam, bersama saudara laki-lakinya, pada tahun 1951. Setahun kemudian dia mulai mengajar di Sekolah Tinggi Freising.
 
Pada tahun 1953 ia memperoleh gelar doktor dalam bidang teologi dengan tesis tentang St. Agustinus. Empat tahun kemudian, di bawah arahan profesor teologi fundamental terkenal Gottlieb Söhngen, dia memenuhi syarat untuk mengajar di universitas dengan disertasi tentang “Teologi Sejarah di St. Bonaventura.” Ia mengajar di Bonn, yang saat itu merupakan ibu kota Jerman Barat, dari tahun 1959 hingga 1963; Münster dari tahun 1963 hingga 1966; dan Tübingen dari tahun 1966 sampai 1969. Selama tahun terakhir ini dia menjabat Ketua dogmatik dan sejarah dogma di Universitas Regensburg.

Dari tahun 1962 hingga 1965 ia menjadi peritus, atau penasehat teologis, Kardinal Joseph Frings, Uskup Agung Cologne, selama Konsili Vatikan Kedua. Selanjutnya, dia memegang posisi melayani Konferensi Waligereja Jerman dan Komisi Teologi Internasional.

Pada tahun 1972, bersama dengan Hans Urs von Balthasar, Henri de Lubac dan para teolog terkemuka lainnya, dia memprakarsai jurnal teologis “Communio”.

Pada tanggal 25 Maret 1977, Paus Paulus VI menamainya Uskup Agung Munich dan Freising. Pada tanggal 28 Mei tahun yang sama dia ditahbiskan sebagai uskup, memilih sebagai moto uskupnya Cooperatores Veritatis, “Kooperator kebenaran.”

“Di satu sisi saya melihatnya sebagai hubungan antara tugas saya sebelumnya sebagai profesor dan misi baru saya,”
jelasnya. “Terlepas dari pendekatan yang berbeda, apa yang terlibat, dan terus demikian, adalah mengikuti kebenaran dan melayaninya. Di sisi lain saya memilih moto itu karena di dunia sekarang ini tema kebenaran hampir seluruhnya dihilangkan, sebagai sesuatu yang terlalu besar bagi manusia, namun semuanya runtuh jika kebenaran hilang.”

Paulus VI menjadikannya kardinal selama Konsistori 27 Juni 1977, dan ketika Paus meninggal pada Agustus berikutnya, Ratzinger mengambil bagian dalam konklaf yang memilih Albino Luciani sebagai Takhta Petrus. Paus baru, Yohanes Paulus I, yang hidup hanya 33 hari, menunjuk Kardinal Ratzinger Utusan Khususnya untuk Kongres Mariologi Internasional Ketiga, yang dirayakan di Guayaquil, Ekuador, pada bulan September.   

BERSAMBUNG.......

Sumber:aleteia.org

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy