| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

 Tahukah Anda bahwa Paus Benediktus XVI membantu menerbitkan Katekismus Gereja Katolik?

 



Paus St Yohanes Paulus II mempercayakan kepada Kardinal Ratzinger tugas yang berat untuk menerbitkan Katekismus Gereja Katolik yang baru.

Sementara Santo Yohanes Paulus II adalah paus yang menugaskan Katekismus Gereja Katolik yang baru, Kardinal Joseph Ratzinger (kemudian menjadi Paus Benediktus XVI) yang menyatukan semuanya.

Paus St Yohanes Paulus II menanggapi banyak permintaan para uskup untuk sebuah katekismus baru yang akan mengatasi banyak tantangan dunia modern dan menciptakan sebuah komisi pada tahun 1986 untuk merumuskan tugas yang begitu besar. Katekismus lahir dari permintaan para Bapa Sinode yang diadakan pada tahun 1985 untuk merayakan 20 tahun penutupan Konsili Vatikan II.
 
Paus St Yohanes Paulus II melihat Katekismus sebagai cara umat beriman akan mengetahui lebih baik "lebar dan panjang dan tinggi dan kedalaman kasih Kristus." 
 
Paus St Yohanes Paulus II menyebut Katekismus sebagai hadiah dari Bapa di Surga, dan dia berkata bahwa dengan itu, Tuhan menawarkan kesempatan kepada umat beriman untuk mengenal lebih baik kasih Kristus: 

Kardinal Ratzinger adalah pemimpin utama proyek dan gayanya tercetak di atasnya. Dia juga menunjukkan urutannya: Pengakuan Iman telah menjadi dasar sejak permulaan Gereja; Sakramen adalah pintu melalui mana rahmat memasuki hidup kita; Sepuluh Perintah Allah adalah tanda pasti dari kehidupan yang berhasil; Bapa Kami adalah ukuran dan bentuk asli dari semua doa kita. Maka, inilah struktur buku tentang iman.

Selain itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil Pengantar Katekismus Gereja Katolik yang sering terlupakan yang ditulis oleh Kardinal Ratzinger. Di dalamnya, Ratzinger merinci visinya tentang Katekismus dan bagaimana dia berharap itu akan digunakan.

Katekismus Gereja Katolik secara resmi diumumkan oleh Yohanes Paulus II pada tanggal 11 Oktober 1992, peringatan 30 tahun pembukaan Konsili Vatikan II,. Ini dirilis pertama kali dalam bahasa Prancis.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy