| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Mengapa kunjungan orang Majus disebut “Epifani”?

 Dalam tahun liturgi Gereja, sebagian besar hari raya diberi nama dengan cara yang sederhana sehingga mudah dipahami. Mengenai hari raya Penampakan Tuhan atau Epifani, nama itu lebih misterius. Apa artinya?

Kata itu sendiri biasanya diartikan sebagai penampakan atau manifestasi dari sesuatu atau seseorang. Mengacu pada Kristus, ini biasanya digambarkan sebagai saat-saat ketika dia mengungkapkan diri-Nya kepada dunia.

Istilah ini awalnya digunakan di Gereja Katolik Timur dan kemudian diadopsi oleh Gereja Katolik Roma. Selama berabad-abad pesta itu telah dikaitkan dengan berbagai manifestasi dalam kehidupan Kristus. The Catholic Encyclopedia menjelaskan, “Tidak diragukan lagi karena ketidakjelasan nama Epifany, manifestasi yang sangat berbeda dari kemuliaan dan Keilahian Kristus dirayakan dalam pesta ini cukup awal dalam sejarahnya, terutama Pembaptisan, mukjizat di Kana, Kelahiran, dan kunjungan dari orang Majus.”

Beberapa Gereja Timur masih merayakan manifestasi terpisah ini pada hari yang sama, 6 Januari, sementara untuk yang lain Pembaptisan Tuhan ditonjolkan.

Gereja Katolik Roma, di sisi lain, memisahkan setiap manifestasi dan menetapkan Kelahiran pada tanggal 25 Desember, kunjungan orang Majus pada tanggal 6 Januari dan Pembaptisan Tuhan pada hari Minggu sesudah Penampakan Tuhan. Kata "Epifani", ditetapkan untuk tanggal 6 Januari, kecuali di negara-negara di mana 6 Januari bukan hari libur nasional hari raya Penampakan Tuhan dipindahkan pada hari Minggu sesudah tanggal 1 Januari, dan sekarang hampir secara eksklusif dikaitkan dengan manifestasi Tuhan kepada orang Majus. 


Fr. Lawrence, OP  (CC BY-NC-ND 2.0)


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy