Orang Kudus hari ini: 11 Agustus 2022 St. Klara dari Assisi, Perawan

 

WELLCOMEIMAGES | CC
 
Hari ini kita merayakan pesta St. Klara, pendiri ordo religius Klaris, juga dikenal sebagai Ordo Wanita Fakir, yang banyak diilhami oleh ordo Fransiskan St. Fransiskus dari Assisi, sezaman dengan St. Klara, juga dikenal sebagai St Klara dari Assisi. Ordo religius yang ia dirikan menjadi mitra perempuan dari tradisi Fransiskan, dan selama bertahun-tahun mereka bekerja bersama untuk membawa banyak kebaikan bagi umat Allah.

St Klara dilahirkan dalam latar belakang yang kaya dan istimewa, dan dia ditakdirkan untuk dinikahkan dengan pria kaya lain dan pewaris bangsawan Italia lainnya dan orang-orang kaya, namun, Tuhan punya rencana lain untuk St. Klara. St. Klara sangat berbakti dan setia kepada Tuhan sejak dia masih sangat muda, dan dia dengan tegas menentang setiap rencana untuk menikahkannya dengan seorang pelamar kaya. Dia akhirnya melarikan diri dari rumah dan mencari perlindungan dengan St Fransiskus dari Assisi.

St Klara kemudian mengabdikan dirinya sepenuhnya dalam doa dan karya-karya yang berkaitan dengan ordo religiusnya, dan bersama-sama dengan para susternya dalam pelayanan kepada Tuhan, mereka melayani orang-orang yang miskin dan lemah, mereka yang terpinggirkan dan memberi mereka harapan baru dalam hidup. Dia juga terkenal karena pembelaannya terhadap biaranya, ketika pasukan penyerang oleh Kaisar Romawi Suci Frederick II akan mengobrak-abrik tempat itu.

Dengan monstran yang berisi Ekaristi Kudus di dalamnya diangkat tinggi-tinggi di atas kepalanya, dia mengusir para penyerbu, yang tersebar dalam ketakutan besar oleh cahaya menyilaukan yang keluar dari Kehadiran Nyata dalam Ekaristi. Ini adalah tanda pengabdian Tuhan kepada umat manusia, untuk melepaskan mereka dari ikatan mereka, sama seperti Dia melepaskan St Klara dari ikatannya dalam keluarganya.

Saudara dan saudari dalam Kristus, yang diilhami oleh kehidupan dan karya St. Klara, kita semua mulai sekarang harus menaruh kepercayaan penuh kita kepada Tuhan. Kita seharusnya tidak lagi meragukan Dia tetapi percaya sepenuhnya kepada-Nya, bahwa di dalam Dia kita memiliki harapan kita, dan satu-satunya harapan kita melawan kekuatan kegelapan dan kejahatan yang berbaris melawan kita, berusaha untuk mengikat kita dengan belenggu dosa, untuk menyeret kita. dengan mereka ke neraka.

Oleh karena itu, marilah kita semua menaruh kepercayaan kita kepada Tuhan, dan memperkuat iman kita kepada-Nya. Marilah kita semua tidak lagi takut akan Iblis dan kegelapannya, karena Tuhan beserta kita, dan Dia akan selalu bersama kita, dan terang-Nya akan menghilangkan kegelapan dosa-dosa kita. Apa yang perlu kita lakukan sekarang adalah benar-benar bertobat, mengubah cara kita dan mengikuti Dia. Tuhan beserta kita semua. Amin.