| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Sabtu, 06 Agustus 2022 Pesta Yesus menampakkan kemuliaan-Nya

Sabtu, 06 Agustus 2022
Pesta Yesus menampakkan kemuliaan-Nya
 
“Ketika Tuhan memberimu rahmat untuk merasakan kehadiran-Nya, dan menghendaki agar engkau dapat berbicara kepada-Nya seperti kepada sahabat yang terkasih, katakanlah kepada-Nya perasaanmu dengan bebas dan percaya diri. Sang Kebijaksanaan itu akan bersegera menyatakan diri-Nya kepada orang-orang yang mencari-Nya (lih. Keb 6:14). Ia akan bersegera menghampirimu, ketika engkau mencari kasih-Nya. Ia akan menghadirkan diri-Nya kepadamu, untuk memberimu rahmat dan obat yang engkau perlukan. Ia hanya menunggu satu kata darimu, untuk menunjukkan bahwa Ia ada di sisimu dan mau mendengarkanmu dan menopangmu….” (St. Alfonsus de Liguori)
   
PADA MISA HARI INI ADA GLORIA (MADAH KEMULIAAN), TANPA CREDO (SYAHADAT)
        
Antifon Pembuka (bdk. Mat 17:5)

Dalam awan yang bercahaya tampaklah Roh Kudus, dan terdengarlah suara Bapa: Inilah Putra-Ku yang terkasih, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia!

In a resplendent cloud the Holy Spirit appeared. The Father's voice was heard: This is my beloved Son, with whom I am well pleased. Listen to him. 
  
Tibi dixit cor meum, quæsivi vultum tuum, vultum tuum Domine requiram: ne avertas faciem tuam a me.
  
Doa Pagi

Ya Allah, dalam Penampakan Kemuliaan Putra Tunggal-Mu, Engkau mengukuhkan misteri iman dengan kesaksian Musa dan Elia. Secara mengagumkan, Engkau juga memaklumkan martabat kami sebagai anak-anak angkat-Mu yang terkasih. Semoga kami, yang mendengarkan suara Putra-Mu terkasih, menjadi ahli waris yang sah bersama-Nya, yang hidup dan berkuasa, bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin. 
   
Bacaan Pertama
Bacaan dari Nubuat Daniel (7:9-10.13-14)
    
"Pakaian-Nya putih seperti salju."
     
Aku, Daniel, melihat takhta-takhta dipasang, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya. Pakaian-Nya putih seperti salju, dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba. Takhta-Nya dari nyala api, roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar. Suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya. Beribu-ribu melayani Dia, beratus-ratus ribu berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-Kitab. Aku terus melihat dalam penglihatan itu, tampak dari langit bersama awan-gemawan seorang serupa Anak Manusia. Ia menghadap Dia Yang Lanjut Usianya itu, dan Ia dihantar ke hadapan-Nya. Kepada Dia yang serupa Anak Manusia itu diserahkan kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja. Maka segala bangsa, suku dan bahasa mengabdi kepada-Nya. Kekuasaan-Nya kekal adanya, dan kerajaan-Nya tidak akan binasa.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan do = g, 2/4, PS 836
Ref. Tuhan adalah Raja, Mahatinggi di atas seluruh bumi.
Atau Segala bangsa bertepuk tanganlah, berpekiklah untuk Allah raja semesta
.

Ayat. (Mzm 97:1-2.5-6.9; R: lih. 1a.9a)
1. Tuhan adalah Raja. Biarlah bumi bersorak-sorai, biarlah banyak pulau bersukacita! Awan dan kekelaman ada di sekeliling-Nya, keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Nya.
2. Gunung-gunung luluh laksana lilin di hadapan Tuhan, di hadapan Tuhan semesta alam. Langit memberitakan keadilan-Nya dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.
3. Sebab, ya Tuhan Engkaulah Yang Mahatinggi di atas seluruh bumi, Engkau sangat dimuliakan di atas segala dewata.    
    
Bacaan Kedua
Bacaan dari Surat Kedua Rasul Petrus (1:16-19)
   
"Suara itu kami dengar datang dari surga."
     
Saudara-saudara, kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia, ketika kami memberitakan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus sebagai raja, tetapi kami adalah saksi mata dari kebesaran-Nya. Kami menyaksikan, bagaimana Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika suara dari Yang Mahamulia datang kepada-Nya dan mengatakan, "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan." Suara itu kami dengar datang dari surga, ketika kami bersama-sama dengan Dia di atas gunung yang kudus. Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baik kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing, dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil do = f, 2/4, PS 956
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Mat 17:5c)
Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia!    
  
Bacaan Injil 
Inilah Injil Suci menurut Lukas (9:28b-36)
  
"Ketika sedang berdoa, berubahlah rupa wajah Yesus."
   
Sekali peristiwa Yesus membawa Petrus, Yohanes dan Yakobus, lalu naik ke atas gunung untuk berdoa. Ketika sedang berdoa, wajah Yesus berubah, dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan. Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia. Keduanya menampakkan diri dalam kemuliaan, dan berbicara tentang tujuan kepergian Yesus yang akan digenapi-Nya di Yerusalem. Sementara itu Petrus dan teman-temannya telah tertidur, dan ketika terbangun, mereka melihat Yesus dalam kemuliaan-Nya; juga kedua orang yang berdiri di dekat Yesus itu. Dan ketika kedua orang itu hendak meninggalkan Yesus, Petrus berkata kepada Yesus, “Guru, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan sekarang tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.” Tetapi Petrus tidak tahu apa yang dikatakannya itu. Sementara Petrus berkata demikian, datanglah awan menaungi mereka. Dan ketika masuk ke dalam awan itu, takutlah mereka. Maka terdengarlah suara dari dalam awan itu, yang berkata, “Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia!” Ketika suara itu terdengar, nampaklah Yesus tinggal seorang diri. Murid-murid itu merahasiakan semua itu, dan pada masa itu mereka tidak menceritakan kepada siapa pun apa yang telah mereka lihat itu. 
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe  
(U. Terpujilah Kristus)

Renungan 
 

Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini kita merayakan Pesta Yesus menampakkan kemuliaan-Nya, mengingat saat ketika Tuhan Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita, dinyatakan dalam semua kemuliaan ilahi dan surgawi-Nya di Gunung Tabor sebelum tiga Rasul-Nya, St. Petrus, St. Yakobus dan St. Yohanes. Pada saat itu, dua hamba Tuhan terbesar dari zaman Perjanjian Lama, Musa dan Elia muncul di Gunung Tabor dan berbicara dengan Tuhan Yesus.

Momen penting dari Transfigurasi ini adalah wahyu yang sangat kuat dan jelas tentang kebenaran Tuhan, dalam mengungkapkan di hadapan umat-Nya, meskipun hanya beberapa orang terpilih pada awalnya, apa yang akan Dia lakukan untuk memenuhi Perjanjian-Nya dan janji-janji yang telah Dia buat untuk umat-Nya sepanjang zaman. Melalui Transfigurasi, ketiga Rasul, sebagai wakil umat manusia, menyaksikan Siapa Tuhan Yesus sebenarnya, sebagai pribadi yang sepenuhnya Allah dan sepenuhnya Manusia yang bersatu dalam pribadi-Nya.

Pada saat itu, Tuhan mengungkapkan sekilas kemuliaan surgawi-Nya yang sejati, sebagai Sabda Tuhan, yang menjelma dalam daging, sepenuhnya dan seutuhnya Tuhan seperti yang ditunjukkan oleh penampilan Diri-Nya yang berubah rupa, putih bersih dan berkilau mempesona, sementara masih tetap sepenuhnya Manusia. dalam daging. Dan melalui Pribadi yang sama ini, melalui Yesus Kristus, seluruh umat manusia akan menerima keselamatan dan pembebasan mereka dari tirani dosa dan belenggu kematian.

Dalam Transfigurasi sebenarnya kita melihat gambaran awal dan wahyu tentang apa yang akan terjadi pada kita semua pada akhirnya, ketika kita tetap setia dan berkomitmen kepada Tuhan, karena Dia akan memuliakan kita dan seluruh keberadaan kita, dalam tubuh dan roh untuk dimuliakan dan ditinggikan sama seperti Kristus telah dimuliakan dan ditinggikan di Gunung Tabor. Kita semua melalui pemenuhan Perjanjian Tuhan telah menerima kepastian dari-Nya bahwa kita akan menerima kepenuhan warisan Tuhan yang mulia.

Sama seperti Tuhan Yesus mengungkapkan keilahian-Nya yang bersatu dengan kemanusiaan-Nya, melalui Transfigurasi Tuhan menyatukan kemanusiaan kita dengan kemanusiaan-Nya sendiri, dan kita semua yang berbagi dalam kemanusiaan-Nya sekarang menerima kemuliaan keberadaan masa depan kita dengan Tuhan. Pada dasarnya, kita melihat di dalam Kristus refleksi diri kita sendiri yang mulia di masa depan, panggilan sejati bagi kita semua umat manusia yang tidak dimaksudkan untuk hidup dalam dosa dan kegelapan, tetapi dalam kepenuhan terang sebagai anak-anak terkasih Allah.

Oleh dosa-dosa kita, kita telah dibuat kotor, rusak dan tidak layak, dan dosa disebabkan oleh penolakan-penolakan sadar kita terhadap kasih Allah yang murah hati. Dosa telah menyebabkan kita kehilangan kemuliaan yang seharusnya menjadi milik kita sejak awal, sifat sejati diri kita sendiri, dan bukan diri kita yang berdosa dan jahat yang kita miliki sekarang. Tetapi Tuhan, melalui Transfigurasi-Nya, telah menunjukkan kepada kita semua bahwa melalui Dia.
  
Pada saat yang sama, melalui apa yang terjadi dalam Transfigurasi, ketika Tuhan Yesus bertemu dan berbicara dengan Musa dan Elia, Tuhan juga dengan sukarela mengungkapkan kepada umat-Nya tentang misi yang Dia telah diutus ke dunia ini, sebagai Juruselamat semua. Musa dan Elia termasuk di antara dua persona terpenting di seluruh Perjanjian Lama dan termasuk di antara yang paling dekat dengan Allah, sebagai hamba-hamba-Nya yang setia.

Musa mewakili Hukum yang pertama kali diwahyukan Allah melalui dia dalam Kitab Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan, kumpulan yang merupakan keseluruhan hukum Musa Israel yang dipertahankan selama berabad-abad setelahnya, berpusat pada Sepuluh Perintah-perintah yang Tuhan juga berikan pada saat yang bersamaan. Dan Musa juga merupakan simbol dari pertolongan dan kasih karunia Allah yang menyelamatkan bagi umat-Nya, saat Dia memimpin umat-Nya keluar dari Mesir dari perbudakan mereka menuju kebebasan.

Sementara itu, Elia adalah salah satu dari banyak nabi terbesar di era Perjanjian Lama, dan dia melakukan banyak pekerjaan baik dan mukjizat bagi Tuhan di hadapan umat-Nya, berjuang melawan banyak tantangan dan rintangan dalam pelayanan dan perjalanan kenabiannya. Dia menyatakan kebenaran Tuhan dan memanggil orang-orang untuk bertobat dan berbalik dari dosa-dosa mereka, untuk menolak berhala pagan Baal dan dewa-dewa palsu Kanaan lainnya dan mengikuti TUHAN Allah, satu-satunya Allah mereka yang benar.

Dia harus menanggung banyak kesulitan, melarikan diri dari musuh-musuhnya termasuk raja dan terutama Izebel sang ratu dan banyak orang kuat di kerajaan Israel dan imamat Baal di antara banyak lainnya. Dia harus berjuang sendirian melawan empat ratus lima puluh imam Baal saat mereka bertarung di Gunung Karmel siapa Tuhan yang benar, apakah itu TUHAN atau Baal.

Bahwa kedua hamba Tuhan ini muncul di hadapan Tuhan Yesus pada saat Transfigurasi-Nya berfungsi untuk mengungkapkan di hadapan kita misi Tuhan dan Juruselamat kita, yang seperti Musa telah diutus kepada kita semua, umat Tuhan, untuk membebaskan kita. Tetapi sementara orang Israel dibebaskan dari perbudakan di bawah Mesir dan Firaun mereka, melalui Kristus kita semua umat manusia telah dibebaskan dari perbudakan di bawah dosa.

Dan seperti Elia, Tuhan
mengarahkan keselamatan Tuhan kepada umat-Nya, melakukan mukjizat dan kuasa yang luar biasa untuk menunjukkan sejauh mana kasih dan belas kasihan Tuhan yang sebenarnya bagi umat yang dikasihi-Nya, menyerukan kepada mereka untuk berpaling dari dosa dan memeluk kasih Tuhan sepenuhnya, melalui Hukum Tuhan, pertama kali diungkapkan melalui Musa dan sekarang, dijelaskan dalam kepenuhannya oleh Kristus sendiri, untuk membawa kita semua lebih dekat kepada Tuhan.

Oleh karena itu, Tuhan telah mengungkapkan di hadapan kita hari ini, melalui Transfigurasi-Nya yang mulia di Gunung Tabor, kita semua dapat menjadi apa jika kita benar-benar percaya kepada-Nya dan menaruh iman dan kepercayaan kita sepenuhnya kepada-Nya. Dia telah datang ke dunia ini untuk mengungkapkan kebenaran dan kebijaksanaan-Nya kepada kita, dan untuk menunjukkan kepada kita bagaimana kita dapat menemukan jalan kita untuk mencapai kemuliaan yang dijanjikan, kebahagiaan sejati dan warisan yang telah Dia janjikan kepada kita dalam Perjanjian yang telah Dia buat dengan kita.

Tetapi kita kemudian harus memperhatikan tindakan Tuhan Yesus dan tindakan para murid-Nya di bagian akhir dari perikop Injil hari ini. Ketiga murid itu ingin tetap tinggal di tempat itu karena pasti terasa begitu indah bisa hadir dalam pemandangan dan pengalaman yang sederhana akan kemuliaan Tuhan di gunung itu. Mereka ingin membuat tiga kemah untuk Tuhan, Musa dan Elia masing-masing justru karena mereka ingin pengalaman bahagia itu tetap bersama mereka.

Namun, Tuhan mengingatkan mereka untuk mematuhi kehendak Tuhan, dan Tuhan Yesus memimpin mereka menuruni gunung, meninggalkan momen mulia Transfigurasi-Nya dan segera setelah itu, mengikuti momen Sengsara, penderitaan dan kematian-Nya, di mana Dia akan berbaring  dan melakukan pengorbanan penuh kasih di kayu Salib untuk keselamatan kita. Dan ini adalah pengingat bagi kita masing-masing bahwa kita harus menyadari bahwa menjadi orang Kristen, sebagai pengikut Tuhan kita, lebih sering daripada tidak kita akan menghadapi penderitaan dan tantangan sebagai bagian dari hidup kita.

Tetapi kita harus selalu tetap berharap kepada Tuhan, mengingat bahwa terlepas dari tantangan dan penderitaan yang mungkin harus kita tanggung, pada akhirnya, Tuhan yang penuh kasih dan setia akan memuliakan kita dan memberi kita kepenuhan warisan yang dijanjikan, dan perubahan rupa. Tubuh Kristus juga akan menjadi milik kita sebagaimana kita yang layak akan diubah rupa dan dimuliakan dengan cara yang sama untuk menikmati kasih karunia Allah yang penuh kasih selamanya.

Semoga Tuhan terus membimbing kita dalam perjalanan kita dan semoga Dia terus memberkati kita dan pekerjaan baik kita dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita masing-masing dapat berusaha untuk selalu setia terlepas dari tantangan dan rintangan yang mungkin kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Amin.
(renunganpagi)
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini  
 
Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah mendukung blog ini melalui donasi baik melalui QRIS maupun transfer BCA. 
     
 
Giovanni Bellini | Public Domain

 
 
Antifon Komuni (1Yoh 3:2)

Apabila Kristus dinyatakan, kita akan menjadi sama seperti Dia sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

When Christ appears, we shall be like him, for we shall see him as he is.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy