Orang Kudus hari ini: 21 Agustus 2022 Paus St. Pius X

 Hari ini Gereja memperingati Paus St. Pius X, yang juga dikenal sebagai Paus Ekaristi Kudus, marilah kita mengingat hidupnya dan banyak teladan baik dan inspiratif yang telah ia berikan.

Paus St. Pius X dilahirkan sebagai Giuseppe Melchiorre Sarto di Riese di Italia utara, dalam sebuah keluarga besar dengan banyak anak. Keluarganya miskin, tetapi orang tuanya menghargai pendidikan untuk anak-anak mereka, dan dengan demikian, Giuseppe muda pergi ke sekolah setiap hari, berjalan jauh setiap hari untuk mencapai sekolahnya. Sementara keluarganya miskin, tetapi mereka bahagia dan setia kepada Tuhan. Giuseppe muda belajar bahasa Latin dan akhirnya maju lebih jauh dalam studinya, dan ditahbiskan menjadi imam dan menjadi imam paroki di beberapa paroki.

Diceritakan bagaimana Paus St. Pius X yang akan datang membantu memulihkan paroki yang bobrok dan tidak dikelola dengan baik, menyebabkan banyak umat paroki yang telah murtad dari iman untuk kembali, berkat upaya dan dedikasinya dalam menjangkau mereka yang membutuhkan bimbingan. dan mereka yang telah tersesat dalam pencobaan dosa. Dia melakukan yang terbaik untuk membawa pendidikan kepada orang miskin dan terpinggirkan, kemungkinan mengingat kesulitannya sendiri dalam mencapai pendidikan di tahun-tahun awalnya.

Dia juga menghabiskan banyak waktu untuk melayani dan mengkhotbahkan iman kepada orang-orang dengan homili dan khotbah yang dibuat dengan hati-hati, dan menghabiskan banyak waktu dalam katekese kaum muda, yang dikatakan sangat populer sehingga dia harus memulai kelas malam di samping kelas siang hari karena mereka semua terisi penuh. Atas energi dan antusiasmenya, dedikasi dan kerja kerasnya, Uskupnya mengangkatnya sebagai Rektor dan mempercayakannya dengan banyak pekerjaan penting di keuskupan.

Akhirnya ia diangkat dan ditahbiskan sebagai Uskup Mantua di Italia utara, dalam kapasitasnya, ia terus melayani dengan penuh semangat kawanan domba Tuhan yang ditempatkan di bawah asuhannya. Dia juga tetap menjadi anak yang berbakti kepada orang tuanya, dan setelah ayahnya meninggal, membantu merawat ibunya yang sudah lanjut usia, yang berhasil melihat putranya sendiri dihormati dan dipercayakan dengan posisi Patriark Venesia dan juga diangkat ke Kardinal oleh Paus
 
Sebagai Kardinal, dan kemudian sebagai Paus, Paus St. Pius X tetap rendah hati dan selalu mendedikasikan dirinya untuk karyanya, dalam menjangkau orang miskin dan kurang beruntung, untuk pendidikan anak-anak dan pertumbuhan rohani. Gereja dan umat beriman dari segala usia dan latar belakang. Dan sebagai Paus dia sangat dicintai dan dikenang karena banyak reformasinya, dalam institusi reformasi liturginya terutama dalam mendorong dan memperluas penggunaan Nyanyian Gregorian sebagai musik suci utama Gereja.

Paus St. Pius X juga menurunkan usia penerimaa Komuni Kudus agar anak-anak dapat diajarkan untuk mencintai Tuhan dan dibawa lebih dekat kepada-Nya sejak usia sedini mungkin, dengan persiapan dan katekese yang tepat, itulah sebabnya ia juga dikenal luas sebagai Paus Ekaristi Kudus. Dia juga menentang bidat modernisme, dalam upaya mengubah ajaran Gereja agar sesuai dengan dunia modern yang terus berubah, dan memperjuangkan kembalinya kepada iman yang benar dan untuk memulihkan segala sesuatu di dalam Kristus seperti yang ditunjukkan oleh mottonya, 'Instaurare Omnia in Christo'. Dalam dekritnya Lamentabili dan ensiklik Pascendi Dominici Gregis, Paus Pius X secara resmi mengutuk modernisme.

Saudara dan saudari dalam Kristus, Paus St. Pius X telah menunjukkan kepada kita semua bagaimana kita harus menjalani hidup kita dengan iman, mengasihi Tuhan terlebih dahulu dan terutama, dan juga mengasihi sesama saudara dan saudari, orang tua kita, saudara-saudara kita, keluarga dan kerabat kita, teman-teman kita dan bahkan orang asing, semua orang yang kita temui dan berinteraksi dengan kita. Apakah kita mampu dan mau hidup sebagai orang Kristen sejati mulai sekarang jika kita belum melakukannya, mengikuti jejak Paus St. Pius X, semua orang kudus dan hamba Tuhan?

Marilah kita semua mempercayakan hidup kita kepada Tuhan, dan izinkan Tuhan memberkati hidup kita agar setiap dari kita dapat bertumbuh semakin dekat dengan-Nya dan bahwa kita akan bertumbuh semakin benar dan berkomitmen dalam iman, mulai sekarang dan selamanya. Amin.

Sirilusmaxii CC