Orang Kudus hari ini: 8 Agustus 2022 St. Dominikus, Pendiri Ordo Pengkhotbah, Imam

 Hari ini Gereja Katolik memperingati St. Dominikus yang terkenal sebagai inspirasi untuk diikuti, saat kita merayakan dan bersukacita bersama pada peringatan St Dominikus, juga dikenal sebagai St Dominikus de Guzman adalah pendiri Ordo Pengkhotbah, juga dikenal sebagai Ordo Dominikan. Dia adalah seorang imam Spanyol yang telah dikenal karena imannya yang besar dan tindakan amalnya sejak masa mudanya, dan dia melakukan banyak pekerjaan terutama di bidang pertobatan dan pekerjaan misionaris, karena dia terlibat dalam pekerjaan khotbah dan pelayanan melawan ajaran sesat, khususnya kaum Kathar di wilayah selatan yang sekarang disebut Prancis.

St Dominikus mendirikan fondasi ordo religius barunya, mendedikasikan dirinya dan semua orang lain pada cara hidup baru, memusatkan perhatian pada Tuhan dan menjalani cara hidup yang lebih asketis dan suci, menjauhkan diri dari godaan dan keinginan duniawi, dan menghabiskan waktu dan usaha untuk semakin dekat dengan Tuhan. Dan melalui perjalanannya yang luas dan karya misionarisnya, St. Dominikus mengilhami banyak orang untuk kembali kepada Tuhan dalam iman dan banyak orang juga diilhami untuk bergabung dengan ordo religiusnya. Dia menunjukkan teladan iman yang luar biasa dan menjadi inspirasi besar bagi banyak orang selama berabad-abad, dan pengabdiannya kepada Bunda Maria, Bunda Allah yang Terberkati dan salah satu penggunaan rosario yang paling awal juga membawa banyak rahmat besar bagi Gereja dan umat Tuhan.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua melakukan yang terbaik sehingga dalam tindakan, perkataan, dan perbuatan kita, kita dapat menginspirasi orang lain dengan cara yang dilakukan oleh para kudus, khususnya St. Dominikus, untuk mengikuti Tuhan dan juga percaya kepada-Nya. Semoga Tuhan selalu bersama kita dan semoga Dia memberkati kita semua dalam setiap usaha dan perbuatan baik kita. Amin.

 

Public Domain