Orang Kudus hari ini: 23 Agustus 2022 St. Rosa dari Lima


 Hari ini, Gereja memperingati St. Rosa dari Lima. Ia dilahirkan di tempat yang sekarang disebut Peru, Amerika Latin, dan berkenalan dengan orang kudus lain dari Amerika Latin, St. Turibius de Mogrovejo, yang saat itu adalah Uskup Agung daerah tersebut dan memberikan Sakramen Penguatan kepada St. Rosa dari Lima.  St Rosa dari Lima mulai tumbuh lebih dekat dengan Tuhan dan meskipun upaya ayahnya untuk memaksa dia untuk menikah bertentangan dengan keinginan dan keinginannya, St Rosa dari Lima menolak dan tetap setia pada komitmennya kepada Tuhan.

St. Rosa dari Lima ingin bergabung dengan para Dominikan sebagai seorang biarawati, namun penentangan ayahnya mencegahnya, dan dia malah menjadi anggota ordo ketiga dari para Dominikan. Dia mengambil sumpah keperawanan abadi dan menjalani kehidupan kekudusan dan rahmat yang besar, dan terkenal karena dia mengenakan mahkota perak berat dengan paku dan duri untuk meniru Mahkota Duri Tuhan dan Juruselamat kita, dalam menjaga komitmennya kepada Tuhan dan dalam penyiksaan diri, menjalani hidupnya dengan penuh doa, menginspirasi banyak orang lain untuk lebih setia kepada Tuhan sendiri, dan banyak yang terinspirasi bahkan lama setelah dia meninggal pada usia yang agak muda, tiga puluh satu tahun, ia dinyatakan ‘kudus’ oleh Paus Klemens X (1670–1676) pada tanggal 12 April 1671.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua terinspirasi oleh teladan-teladan hebat yang ditunjukkan oleh St. Rosa dari Lima dan banyak orang kudus lainnya,  sehingga kita dapat selalu melakukan yang terbaik untuk melawan godaan kemuliaan duniawi dan ambisi, godaan dan keinginan untuk pujian manusia dan kesenangan duniawi lainnya. Marilah kita semua berusaha untuk menjadi semakin dekat dengan Tuhan dan keselamatan-Nya, dan semoga St. Rosa dari Lima menjadi perantara bagi kita semua, membantu kita orang berdosa untuk semakin dekat dengan Tuhan, sekarang dan selama-lamanya. Amin.

 

Claudio Coello | Public Domain US