Orang Kudus hari ini: 19 Agustus 2022 St. Yohanes Eudes


St. Yohanes Eudes (CC0)

 Saudara-saudari terkasih, saat kita merenungkan hidup kita dan melihat dengan cara apa kita dapat lebih mencerminkan kasih Allah dalam hidup dan tindakan kita, mari kita semua melihat teladan yang ditunjukkan oleh salah satu pendahulu kita yang kudus, yang pestanya kita rayakan hari ini, yaitu pesta St.  Yohanes Eudes. St. Yohanes Eudes adalah seorang imam Prancis yang dikenang karena perannya dalam pendirian Ordo Bunda Amal Kasih/Ordo Bunda Karitas (Our Lady of Charity), yang menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk menjangkau orang miskin, orang sakit, dan terpinggirkan dalam komunitasnya. Dia melihat kondisi pelacur yang cukup umum saat itu, yang dijauhi oleh masyarakat lainnya, dikucilkan dan ditolak, dan dia melakukan upaya dan kehadiran untuk merawat mereka.

St Yohanes Eudes juga memiliki devosi khusus kepada Hati Kudus Yesus, yang ia sebarkan dan populerkan di antara orang-orang. Dia membawa pengetahuan tentang kasih, belas kasihan, dan belas kasihan Tuhan ke tengah-tengah orang-orang, mengingatkan mereka semua tentang kasih Tuhan yang tak terbatas dan abadi. Melalui usahanya banyak orang datang untuk menemukan jalan mereka kepada Tuhan dan bertobat dari cara mereka yang berdosa. Kesabaran, ketekunan, dan perhatian serta kasihnya yang tulus bagi mereka yang ia layani juga mengilhami banyak orang yang datang untuk mengikuti teladannya dan tersentuh oleh kasih Tuhan dan juga terdorong untuk melakukan hal yang sama dalam kehidupan mereka sendiri. St. Yohanes Eudes meninggal dunia pada tanggal 18 Agustus 1680. Penyerahannya seluruh dunia kepada Hati Tak Bernoda Maria oleh Paus Pius XII merupakan penghormatan besar Gereja kepada Santo Yohanes Eudes. Ia dinyatakan ‘santo’ pada tahun 1925 oleh Paus Pius XI (1922-1939).

Saudara-saudari di dalam Kristus, dapatkah kita melakukan hal yang sama dalam hidup kita juga? Dapatkah kita juga mencurahkan waktu, tenaga dan perhatian kita, upaya dan tindakan kita untuk melakukan kehendak Tuhan dalam setiap kesempatan dalam hidup kita, membiarkan Tuhan mengubah kita dengan kasih-Nya? Marilah kita menjadi teladan dan menjadi inspirasi bagi satu sama lain dalam bagaimana kita menjalani hidup kita sehingga semakin banyak orang dapat mengenal Tuhan melalui kita dan dapat menjadi percaya kepada-Nya juga. Semoga Tuhan menyertai kita selalu. Amin.