Orang Kudus hari ini: 2 Agustus 2022 St. Eusebius dari Vercelli dan St. Petrus Yulianus Eymard

 Hari ini Gereja memperingati St. Eusebius dari Vercelli dan St. Petrus Yulianus Eymard. St Eusebius dari Vercelli adalah Uskup Vercelli di tempat yang sekarang Italia utara selama tahun-tahun penuh gejolak perjuangan antara iman Kristen yang sejati dan bidat populer Arianisme. Dia harus menanggung banyak pencobaan dan tantangan sepanjang pelayanan dan pekerjaannya, dan bahkan dianiaya, dipermalukan dan dibuat menderita, diseret ke jalan-jalan karena iman dan kesetiaannya yang terus-menerus pada kebenaran. Namun, semua itu tidak menyurutkan imannya sama sekali.

St Eusebius dari Vercelli terus bekerja keras dan memberikan tenaga, waktu dan tenaganya untuk memimpin umat beriman dari cengkeraman ajaran sesat. Dia dengan sabar menanggung tantangan dan cobaan, semua penindasan dan penganiayaan yang dia hadapi dari orang-orang yang berpihak dan bersimpati dengan para bidat dan ajaran sesat mereka. St Eusebius dari Vercelli menunjukkan kepada kita tekadnya dan apa yang harus kita masing-masing lakukan dalam menghadapi kesulitan, dan untuk terus percaya kepada Tuhan di setiap waktu dan kesempatan. Seperti St. Petrus dan para Rasul lainnya, dan seperti nabi Yeremia dan para nabi lainnya, St. Eusebius dari Vercelli menyerahkan hidupnya kepada Tuhan dan mempercayakan hidup itu kepada Tuhan.

Sementara itu, St. Petrus Yulianus Eymard lahir di dekat Grenoble, Prancis, pada tahun 1811. Dia ingin memasuki imamat saat muda, tetapi ayahnya melarangnya karena dia ingin Petrus Yulianus mengambil alih bisnis keluarga. St Petrus Yulianus Eymard adalah seorang imam terkenal yang secara khusus mengabdikan diri pada Sakramen Mahakudus dan Kehadiran Nyata dalam Ekaristi, menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk mempopulerkan devosi kepada Ekaristi, rasa hormat dan pemahaman akan Tuhan Yang Maha Esa. Kehadiran di antara orang-orang yang dia layani. Dia mendedikasikan hidup dan waktunya untuk memuliakan Tuhan, menjangkau semua orang yang telah terpisah dari Tuhan, memanggil mereka untuk kembali kepada Tuhan dan untuk menaruh iman dan kepercayaan mereka kepada-Nya sekali lagi.  Dia menghabiskan waktu berjam-jam dalam pelayanannya, dan juga mendirikan dua ordo religius untuk mendukung misinya, Kongregasi Sakramen Mahakudus dan Hamba Sakramen Mahakudus.

Saudara dan saudari di dalam Kristus, seperti yang telah kita dengar dari teladan besar para pendahulu kita yang kudus, oleh karena itu marilah kita semua berbalik kepada Tuhan dengan iman dan keberanian yang diperbarui, dan tidak mudah goyah oleh ketakutan dan pencobaan kita lagi, mengetahui bahwa Tuhan, Allah dan Juruselamat kita selalu berada di sisi kita, dan Dia tidak akan pernah meninggalkan kita pada saat dan saat kita sangat membutuhkan.

 

Author Judgefloro (CC0)