| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Bapa Kami (Bagian 5)

 


Ketika kita meminta Tuhan untuk mengampuni kita, kita berjanji untuk mengampuni orang yang telah menyakiti kita. Oleh karena itu, kecuali kita bersalah karena melakukan penipuan, kita harus memaafkan mereka. Jika kita menolak untuk mengampuni, Tuhan tidak akan mengampuni kita. Yesus memberitahu kita dalam Injil untuk mengampuni pelanggaran bukan tujuh kali, tapi tujuh puluh kali tujuh. (Bdk. Mat 18:22) Dengan kata lain, kita harus selalu siap mengampuni. Dia memerintahkan kita untuk membalas kejahatan dengan kebaikan dan memberikan pipi yang lain ketika seseorang memukul kita.

Yesus tidak hanya memerintahkan kita untuk melakukan hal ini, tetapi Dia juga memberi kita teladan. Ketika Dia menderita siksaan yang mengerikan di Kayu Salib dan dikelilingi oleh musuh-musuh yang mencemooh, Dia berpaling kepada Bapa-Nya di surga dan mengucapkan kata-kata yang agung: “Bapa, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.” (Lukas 23:24)

Orang Kudus hari ini: 24 Oktober 2023 St. Antonius Maria Claret, Uskup

Public Domain

 Hari ini, kita memperingati St. Antonius Maria Claret, pendiri Claretians yang juga dikenal sebagai Putra Misionaris Hati Maria Yang Tak Bernoda, sebuah ordo religius orang-orang yang mengabdi kepada Tuhan, mengikuti visi pendiri mereka, yang adalah seorang pengkhotbah dan imam yang hebat, menghabiskan waktu berkhotbah dan mengajar tentang iman kepada umat Tuhan. Banyak orang yang mengikutinya dan mendengarkan khotbahnya, dan bertobat. St. Antonius Maria Claret lahir di Spanyol pada tahun 1807. Ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1835, dia bekerja sebagai direktur misi dan retret di seluruh Catalonia.  

Selasa, 24 Oktober 2023 Hari Biasa Pekan XXIX

 
Selasa, 24 Oktober 2023
Hari Biasa Pekan XXIX
       
“Maafkanlah semua orang yang pernah bersalah padamu.” (St. Antonius Maria Claret)


Antifon Pembuka (Rom 5:21)

Di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia berlimpah. Jadi, sebagaimana dosa berkuasa dalam alam maut, demikian pula kasih karunia akan berkuasa karena Tuhan kita Yesus Kristus membenarkan kita untuk hidup kekal.

Doa Pagi


Allah Bapa Mahakuasa, Engkau membangun dunia dan manusia di atas Yesus, Adam Baru. Kami bersyukur, karena Engkau telah menganugerahkan daya pengharapan dan semangat baru.
Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.   
   
Credit:ThamKC/istock.com

Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Umat di Roma (5:12,15b,17-19,20b-21)
    
     
"Jika karena dosa satu orang maut telah berkuasa, betapa hebatnya mereka akan berkuasa dalam kehidupan."
    
Saudara-saudara, dosa telah masuk ke dunia lantaran satu orang, dan karena dosa itu juga maut. Demikianlah maut telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. Jika karena pelanggaran satu orang semua orang jatuh ke dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia dan anugerah Allah, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang lantaran satu orang, yaitu Yesus Kristus. Sebab jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa maka lebih benar lagi yang terjadi atas mereka yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran: mereka akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus. Sebab itu sebagaimana oleh satu pelanggaran semua orang mendapat penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang mendapat pembenaran untuk hidup. Jadi, sebagaimana oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua menjadi orang benar. Di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia berlimpah-limpah. Jadi, sebagaimana dosa berkuasa dalam alam maut, demikianlah pula kasih karunia akan berkuasa karena Tuhan kita Yesus Kristus membenarkan kita untuk hidup kekal.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati