| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

Beberapa hal yang perlu diketahui seputar Minggu Kerahiman Ilahi

 

Minggu Kerahiman Ilahi dirayakan pada hari Minggu Kedua Paskah. Itu didasarkan pada wahyu pribadi St. Faustina Kowalska, yang merekomendasikan devosi khusus kepada Kerahiman Ilahi. Minggu Kerahiman Ilahi juga memiliki keterkaitan dengan bacaan Kitab Suci pada hari Minggu Paskah Kedua.
 
 Pada tahun 2000, Paus Yohanes Paulus II mengkanonisasi St. Faustina dan, selama upacara, ia menyatakan penting bagi kita untuk menerima seluruh pesan yang datang kepada kita dari Sabda Allah pada hari Minggu Paskah Kedua ini, yang mulai sekarang di seluruh Gereja akan disebut "Minggu Kerahiman Ilahi".

Dalam pelbagai bacaan, liturgi seolah menunjukkan jalan belas kasih yang selain membangun kembali hubungan setiap pribadi dengan Tuhan, juga menciptakan hubungan baru solidaritas persaudaraan di antara umat manusia [ Homili, 30 April 2000 ]. 
 
Untuk memastikan agar umat beriman merayakan hari ini dengan devosi yang mendalam, Paus Yohanes Paulus II sendiri menetapkan bahwa hari Minggu ini diperkaya dengan indulgensi penuh, sehingga umat beriman dapat menerima karunia yang berlimpah-limpah. dari penghiburan Roh Kudus.

Dengan cara ini, mereka dapat memupuk kasih yang bertumbuh bagi Allah dan sesama mereka, dan setelah mereka memperoleh pengampunan Allah, mereka pada gilirannya dapat dibujuk untuk segera menunjukkan pengampunan kepada saudara-saudari mereka. 

Indulgensi penuh, diberikan dalam kondisi biasa (sakramental pengakuan, Komuni Kudus dan doa untuk intensi Bapa Suci) kepada umat beriman yang pada Minggu Paskah II atau Minggu Kerahiman Ilahi, di setiap gereja atau kapel, dalam semangat yang benar-benar terlepas dari dosa, bahkan dosa ringan, mengambil bagian dalam doa dan devosi yang diadakan untuk menghormati Kerahiman Ilahi, atau siapa, di hadapan Sakramen Mahakudus yang dibuka atau disimpan di tabernakel, mendaraskan doa Bapa Kami dan Pengakuan Iman, menambahkan doa yang tulus kepada Tuhan Yesus. Indulgensi pada Minggu Kerahiman Ilahi diumumkan melalui Dekrit Penitensiari Apostolik pada tgl 29 Juni 2002.
   
 Apa itu Minggu Kerahiman Ilahi dan mengapa begitu banyak orang tergerak olehnya? (foto: Gambar Asli Kerahiman Ilahi / DomainPublik)


Gambar Kerahiman Ilahi adalah penggambaran Yesus berdasarkan penglihatan St. Faustina pada tahun 1931. Ada beberapa lukisan yang dibuat dari gambar ini. Yang asli, meskipun bukan yang paling populer saat ini, ditampilkan di atas.

Penjelasan dasar dari gambar tersebut adalah:

Yesus ditampilkan dalam banyak versi sebagai mengangkat tangan kanannya untuk memberkati, dan menunjuk dengan tangan kirinya di dadanya yang memancarkan dua sinar: satu merah dan satu putih (tembus cahaya).

Penggambaran sering mengandung pesan "Yesus, aku percaya pada-Mu!" (Polandia: Jezu ufam Tobie ). Sinar yang memancar memiliki makna simbolis: merah untuk darah Yesus (yang merupakan Kehidupan Jiwa), dan putih untuk air (yang membenarkan jiwa) (dari Diary - 299). Seluruh gambar adalah simbol dari amal, pengampunan dan cinta Tuhan, disebut sebagai "Mata Air Belas Kasih".

Menurut buku harian St Faustina, gambar tersebut didasarkan pada penglihatannya tentang Yesus pada tahun 1931 .  Gambar Kerahiman Ilahi menggambarkan Yesus pada saat dia menampakkan diri kepada para murid di Ruang Atas, setelah Kebangkitan. Momen ini terekam dalam Yohanes 20:19-31, yaitu bacaan Injil hari Minggu ini dalam tiga siklus liturgi tahunan (A, B, dan C).

Bacaan ini ditempatkan pada hari ini karena termasuk penampakan Yesus kepada Rasul Tomas (di mana Yesus mengajaknya untuk menyentuh luka-luka-Nya). Peristiwa ini terjadi pada hari kedelapan setelah Kebangkitan (Yohanes 20:26), sehingga digunakan dalam liturgi delapan hari setelah Paskah.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy