| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 29 April 2023 St. Katarina dari Siena, Perawan dan Pujangga Gereja

Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati St. Katarina dari Siena. Ia adalah seorang filsuf Italia, teolog, mistikus, dan pujangga Gereja dan santa pelindung Italia adalah anggota awam Ordo Dominikan, dan salah satu tokoh Katolik abad pertengahan yang paling menonjol, baik melalui perannya dalam sejarah kepausan.  Melalui dialog, surat, dan doanya yang terkenal, memberinya tempat yang menonjol dalam sejarah sastra Italia. Menurut sumber hagiografis, pada usia 21 tahun dia mengalami apa yang dia gambarkan dalam suratnya sebagai “Perkawinan Mistik” dengan Yesus. Oleh karena itu, dia digambarkan mengenakan cincin kawin. Seorang stigmatis, dia juga digambarkan dengan mahkota duri dan tangan yang tertusuk, atau menerima stigmata, mengenakan pakaian Dominikan. St Katarina dari Siena dikenal karena kesalehan dan pengabdiannya yang besar kepada Tuhan, dalam cara hidupnya yang suci, dalam komitmennya untuk hidup suci dan saleh selaras dengan Tuhan dan hukum serta perintah-perintah-Nya. Dia menolak upaya orang tuanya untuk menikahkannya dengan pria yang merupakan duda kakak perempuannya. Dia menghabiskan waktunya berpuasa dan menjaga kesucian dirinya meskipun ada upaya dari orang-orang di sekitarnya untuk membuatnya melakukan sebaliknya. Dia mengabdikan dirinya sepenuhnya kepada Tuhan, dan mempersembahkan dirinya sebagai Perawan abadi yang ditahbiskan kepada Tuhan. Kesalehan dan dedikasinya yang besar kepada Tuhan mengilhami banyak orang untuk mengikuti inspirasi dan teladannya, dan kecerdasan serta kemampuannya yang luar biasa untuk terhubung dengan berbagai orang dari berbagai asal membuatnya terlibat dalam banyak diskusi dan perjuangan politik pada masanya. 

Public Domain
  


St Katarina dari Siena terkenal karena keterlibatannya di tengah-tengah situasi politik yang sering tegang di wilayah tersebut, bertindak sebagai pembawa damai dan pembangun jembatan dalam menghubungkan pihak-pihak yang berseteru dan berkonflik. Dia bahkan terlibat dalam upaya dan berperan penting dalam membawa Paus kembali ke Roma setelah memerintah dari kantong di Avignon selama beberapa dekade. Dia membantu pihak lain untuk bekerja sama menuju solusi damai di tengah konflik mereka, di antara banyak upaya lain yang telah dia lakukan. St Katarina dari Siena juga dikenal karena banyak surat dan tulisannya, yang memengaruhi banyak orang setelah masanya, dan imannya yang besar dan patut diteladani menjadi inspirasi bagi banyak orang juga, mengilhami banyak umat Allah untuk mengikuti Dia dengan lebih setia dan setia untuk melakukan pekerjaan serupa seperti yang telah dilakukan oleh wanita Tuhan yang agung dan suci ini. 

Pada tahun 1365 Katarina menjadi seorang Tersier Dominikan dan mulai menerima bimbingan rohani dari seorang imam Dominikan, Beato Raymond dari Capua. Meskipun dia tidak bisa menulis, Katarina mempertahankan korespondensi yang ekstensif dan pengaruhnya meluas ke istana kepausan, kemudian di Avignon, Prancis. Melalui pengaruhnya, Paus Gregorius XI kembali ke Roma. 

Katarina dari Siena dihormati sebagai salah satu mistikus terbesar Gereja dan Buku Dialognya — yang dia didiktekan kepada Beato Raymond dan sekretaris lainnya — memberikan wawasan yang luar biasa ke dalam spiritualitasnya. Katarina mendedikasikan hidupnya untuk bekerja bagi perdamaian dan pembaharuan di dalam Gereja. Santa Katarina dari Siena meninggal pada tanggal 29 April 1380, pada usia 33 tahun. Ia dikanonisasi tidak lama setelah kematiannya dan dinyatakan sebagai Pujangga Gereja pada tahun 1970.

Semoga Tuhan Yang Bangkit, Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus terus menyertai kita dan membimbing kita selalu, dan semoga Dia terus memberdayakan dan menguatkan kita agar kita dapat bertahan dengan setia dan terus berkomitmen pada jalan-Nya, seperti awal kehidupan kita. Semoga kita semua tertarik untuk lebih mencintai Tuhan dan mendedikasikan diri kita pada kehidupan suci dan keberadaan seperti yang telah ditunjukkan oleh St. Katarina dari Siena kepada kita dengan kehidupannya yang agung dan patut diteladani. Semoga Tuhan selalu menyertai Gereja-Nya, dan memberkati setiap pekerjaan dan upaya baiknya. Amin.


 

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy