| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Mengapa imam memercikkan air pada kita saat Misa?

Alih-alih menggunakan Ritus Tobat yang normal (cara 1-3), seorang imam dapat memilih untuk memercikkan air kepada umatnya dalam Misa (cara 4 peringatan pembaptisan).

Ini mungkin tampak aneh bagi sebagian orang yang belum mengetahui , tetapi ini adalah praktik yang memiliki simbolisme yang kaya.

Pedoman Umum Misa Romawi menyoroti opsi ini, terutama selama masa Paskah.

     Kemudian, imam mengajak umat untuk menyatakan tobat. Sesudah hening sejenak, seluruh umat menyatakan tobat dengan rumus pengakuan umum. Sesudah itu, imam memberikan absolusi.Tetapi absolusi ini tidak memiliki kuasa pengampunan seperti absolusi dalam Sakramen Tobat.

Pada hari Minggu, khususnya selama Masa Paskah, Pernyataan Tobat dapat diganti dengan pemberkatan dan perecikan dengan air suci untuk mengenang pembaptisan.(PUMR No. 51).

Hal ini terungkap lebih langsung lagi dalam pemberkatan air yang dapat terjadi sebelum imam memercikkan semua orang pada Misa.

Saudara-saudari, marilah kita menyatakan tobat kita pada awal perayaan ekaristi dengan mengenangkan peristiwa pembaptisan dengan menerima percikan air suci.

Air memiliki simbolisme yang kaya, seperti yang dijelaskan oleh Katekismus Gereja Katolik .

Air. Dalam upacara Pembaptisan air adalah lambang tindakan Roh Kudus, karena sesudah menyerukan Roh Kudus, air menjadi tanda sakramental yang berdaya guna bagi kelahiran kembali. Seperti pada kelahiran kita yang pertama kita tumbuh dalam air ketuban, maka air Pembaptisan adalah tanda bahwa kelahiran kita untuk kehidupan ilahi, dianugerahkan kepada kita dalam Roh Kudus. "Dibaptis dalam satu Roh", kita juga "diberi minum dari satu Roh" (1 Kor 12:13). Jadi Roh dalam pribadi-Nya adalah air yang menghidupkan, yang mengalir Bdk. Yob 19:34; 1 Yoh 5:8. dari Kristus yang disalibkan dan yang memberi kita kehidupan abadi Bdk. Yoh 4:10-14; 7:38; Kel 17:1-6; Yes 55:1; Za 14:8; 1 Kor 10:4; Why 21:6; 22:17.

Peringatan pembaptisan, selain mengenang baptisan kita, juga bisa dikaitkan dengan tindakan Yesus pada Perjamuan Terakhir. Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya sebelum merayakan Ekaristi pertama, melakukan ritual pembersihan sebelum pesta.

Ini adalah pilihan indah yang dapat dipilih oleh para imam dalam Misa dan memiliki simbolisme yang kaya yang membawa kita lebih dalam ke dalam misteri Paskah.

 

Phoenix Diocese

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy