| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Tingkat Kesempurnaan




 Perintah Allah yang agung dapat menimbulkan rasa bingung dan takut dalam diri kita. “Kamu harus sempurna,” Dia memerintahkan kita, “sama seperti Bapamu di surga sempurna.” (Mat 5:48) Mungkinkah makhluk lemah seperti kita mencapai kesempurnaan Tuhan sendiri? Pada pandangan pertama perintah ini tampak sangat mustahil, tetapi adalah mungkin bagi kita untuk menindakinya dengan kasih karunia Allah. Bagaimanapun, kita harus memahaminya dengan benar. Kita tidak akan pernah mencapai kesempurnaan ilahi, tetapi kita diwajibkan oleh perintah Tuhan kita untuk berusaha ke arah itu terus-menerus dengan segala cara dalam kekuatan kita. Kesempurnaan harus menjadi keinginan kita yang paling kuat, dan bukan hanya cita-cita teoretis, tetapi tujuan praktis. Niat praktis ini dapat mengilhami seluruh hidup kita sedemikian rupa sehingga menjadi pendakian terus-menerus menuju kesucian dan menuju Tuhan. Kita tidak perlu putus asa bahkan ketika kita mengalami kemunduran dalam kemajuan rohani kita. Tuhan mengizinkan kita untuk jatuh sehingga kita dapat direndahkan dan dapat menaruh kepercayaan kita pada kasih karunia-Nya daripada pada diri kita sendiri.

Menurut St Ignatius ada tiga tingkat kesempurnaan. Yang pertama terdiri dari kesiapan untuk menghindari dosa berat dengan segala cara, bahkan sampai pengorbanan terakhir. Keadaan mungkin mengharuskan kita menjadi martir demi iman dengan bersiap menumpahkan darah kita daripada menyangkal Yesus. Keadaan mungkin juga menuntut kita untuk menjadi martir bagi cara hidup Kristiani kita dengan bersiap untuk kehilangan segalanya, kesehatan, kekayaan, dan persahabatan, daripada melakukan dosa berat. Kita semua wajib mencapai tingkat kesempurnaan pertama ini. Jika ada yang menolak untuk mengakui hal ini, dia sudah dalam keadaan dosa berat sejauh dia siap untuk berbuat dosa yang menyedihkan daripada membuat pengorbanan yang nyata. Orang seperti itu lebih mencintai dirinya sendiri dan kenyamanannya daripada mencintai Tuhan.

Kesempurnaan tingkat kedua terdiri dari ketidakpedulian terhadap benda-benda ciptaan, terhadap segala sesuatu kecuali Tuhan, apakah itu kesehatan atau penyakit, kekayaan atau kemiskinan, pujian atau celaan, kesuksesan atau kegagalan. Semua hal ini dapat digunakan dengan sama baiknya dalam pelayanan kasih Allah dan dalam keselamatan jiwa kita. Kesempurnaan tingkat pertama didasarkan pada kasih Tuhan. Yang kedua dilandasi oleh kasih kepada Tuhan saja, sehingga kita acuh tak acuh terhadap segala sesuatu selama kita mengasihi, melayani dan memuliakan Tuhan. Kita mencari hal-hal lain hanya sejauh itu dapat membantu kita untuk mengenal dan mencintai Tuhan dengan lebih baik. Kita menghindari mereka sejauh mereka dapat menjauhkan kita dari-Nya.

Kesempurnaan tingkat ketiga terdiri dari lebih memilih penderitaan daripada kesenangan, penghinaan daripada kehormatan, dan salib daripada kehidupan yang mudah. Dengan cara ini kita meniru Kristus dengan lebih baik dan menunjukkan kasih kita kepada-Nya. Jalan salib adalah jalan Yesus dan merupakan satu-satunya jalan menuju kekudusan. Lebih mudah bagi mereka yang menempuh jalan ini untuk terlepas dari dosa dan dari dunia dan tetap dekat dengan Yesus. Inilah jalan yang dipilih para Orang Kudus.

Di tingkat kesempurnaan manakah kita? Sekalipun kita masih jauh dari puncak kesempurnaan tingkat tiga, kita tetap harus bekerja keras untuk mencapainya. Sangatlah penting bagi kita untuk berdiri teguh di kelas satu dengan setia pada moto St. Dominikus Savio: "Mati daripada dosa!"—

Antonio Bacci adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy