| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 16 April 2023 St. Bernadetta Soubirous

St. Bernadetta Soubirous adalah seorang anak berusia 14 tahun yang miskin, kurang gizi, menderita asma, tidak berpendidikan, mungkin belajar cacat ketika dia menemani saudara perempuannya dan seorang temannya dalam misi pengumpulan kayu bakar ke gua Massabielle. Saat berada di sana, Bernadetta mendapat penglihatan tentang "wanita cantik". Baik saudara perempuannya maupun teman mereka tidak melihat apa yang dilihatnya, dan dia meminta mereka untuk tidak mengatakan apa-apa kepada siapa pun. Sementara dia adalah penerima penglihatan surgawi Perawan Maria yang Terberkati pada tahun 1858 ketika dia berusia 14 tahun, penampakan itu menjadi salib yang sangat besar selama sisa hidupnya.
.
Hampir semua orang mengira dia gila dan butuh banyak penyembuhan ajaib sebelum orang mulai mempercayainya. Namun, bahkan setelah Gereja mengakui kejadian supernatural, popularitas situs tersebut memberinya banyak perhatian yang tidak diinginkan. Dia kemudian mencari pengasingan di sebuah biara di mana dia terus menderita melalui berbagai cobaan sebelum meninggal pada usia 35 tahun. 
 
(CC BY-SA 3.0)
 Dia diberi tahu bahwa dia terlalu bodoh untuk menggunakan surga dengan cara apa pun yang berarti, meskipun Tuhan memiliki kebiasaan menggunakan orang yang paling membingungkan dan paling tidak "jelas" untuk melakukan kehendaknya di dunia. Diberitahu oleh imam setempat untuk mendapatkan nama wanita itu untuknya, dia bahkan tidak mengerti kata-kata, atau konsep, atau dogma yang dia bawa kembali kepadanya ketika dia menggedor pintu pastorannya dan kemudian, ketika diterima, meniru gerakan wanita itu saat dia berkata, "Akulah Yang Dikandung Tanpa Noda." Namun demikian, dia bersikeras.

Wanita itu memintanya untuk menggali dengan tangannya, di tanah gua, dan memakan rumput di tengahnya, perilaku yang membuat banyak orang jijik dan membuat mereka mengejek Bernadetta. Namun demikian, dia bersikeras.

Keesokan paginya, mata air muncul di tempat dia menggali, dan penyakit segera sembuh. Tiba-tiba visioner kecil itu menjadi kesayangan masyarakat, menawarkan uang (dia menolak), meminta berkat (dia menolak). Berulang kali, dia diminta untuk menceritakan detail penglihatannya kepada otoritas sipil dan otoritas Gereja, yang meragukan ceritanya. Terus terang, dia berkata kepada mereka, "Tugas saya adalah memberi tahu, bukan meyakinkan." Namun demikian, dia bersikeras.

Dia berjalan menjauh dari semua itu, dan masuk ke sebuah biara di mana dia menanggung kesulitan besar dari atasan yang bermaksud memastikan bahwa wanita muda yang sudah rendah hati ini tidak akan menjadi sombong. Namun demikian, dia bersikeras.
 
Bernadetta Soubirous tiba di Nevers pada tahun 1866, dan tidak pernah kembali ke kampung halamannya, meninggal pada tanggal 16 April 1879, pada usia 35 tahun. Penulis Katolik Marcelle Auclair, ketika menulis biografi santa berdasarkan catatan kesaksiannya dan tulisannya, mendokumentasikan apa yang ada. dikenal sebagai wasiat spiritual Bernadetta.

Itu adalah istilah yang tepat, karena teks tersebut mencerminkan akibat dari penderitaan yang dia tanggung, yang disebabkan oleh kemiskinan dan kelaparan serta oleh penghinaan dan ketidaktahuan orang lain, yang tidak jarang terjadi di antara rekan-rekannya di biara daripada di kampung halamannya.

Santa Bernadetta, setelah menjadi Suster Mary Bernard, berbicara tentang penampakan hanya sekali di hadapan para suster lainnya, dan atasannya tidak pernah mengizinkan hal itu dibicarakan lagi di dalam biara, agar tidak mengganggu kehidupan para suster. biara, dan di atas segalanya untuk memungkinkan novis muda melanjutkan jalannya menuju Tuhan dalam damai.

Pada tahun 1867, Bernadetta membuat profesi religiusnya, dan menghabiskan kehidupan religiusnya dengan melakukan berbagai jenis pekerjaan di biara — terkadang tugas yang paling berat membersihkan dan membantu di rumah sakit — meskipun dia semakin lemah karena asma dan tuberkulosis. 

Dia meninggal setelah menderita penderitaan yang mengerikan, pada usia 35 tahun. Ketika alasan Bernadetta untuk kesucian dibuka, dan penggalian dilakukan, tubuhnya ditemukan sama sekali tidak rusak - lembut dan lentur, kulitnya berwarna kemerahan. Anda mungkin berkata, "Meskipun demikian, bahkan dalam kematian, dia tetap bertahan."

Ketika peti mati Bernadetta dibuka pada tahun 1909, 30 tahun setelah kematiannya, para pemeriksa menemukan tubuhnya tidak rusak. Dia ditemukan tidak rusak lagi pada tahun 1919 dan 1929.

Rosario yang melingkari tangannya telah berkarat dan lapuk, dan jubahnya sudah rusak; meskipun demikian, hatinya, biasanya salah satu organ pertama yang membusuk, masih utuh, begitu pula gigi dan kukunya. Beberapa cairan tubuh bahkan ditemukan di jenazahnya.

Inilah gambaran yang diberikan oleh dokter C. David dan A. Jourdan tentang apa yang mereka temukan selama penggalian pertama:

    "Peti mati dibuka … Kami tidak mencium bau apa pun. Jenazah didandani sesuai kebiasaan, yaitu lembab. Hanya wajah, tangan, dan sebagian lengan bawah yang terlihat. Kepalanya miring ke kiri, dan wajahnya pucat pasi. Kulit menempel pada otot, dan otot menempel pada tulang. Kelopak matanya, agak cekung, menutupi matanya. Hidungnya keriput dan sempit. Mulutnya, sedikit terbuka, memungkinkan kami untuk melihat bahwa giginya masih terpasang. Tangannya menyilang di depan dada dan terpelihara sempurna dengan kuku-kukunya, memegang rosario berkarat. Pembuluh darah di lengan bawahnya menonjol. Kakinya, seperti tangannya, kuku kakinya masih utuh. Setelah melepaskan kebiasaan dan penutup dari kepalanya, seluruh tubuhnya dapat terlihat, kisut, kaku, dan tegang di setiap anggota tubuhnya. Rambutnya, yang pendek, terlihat masih di kepala dan terhubung ke kulit kepalanya; telinganya terpelihara dengan sempurna; dan sisi kiri tubuhnya, di atas pinggang, lebih tinggi dari kanan. Bagian bawah tubuh sedikit menghitam; ini tampaknya disebabkan oleh karbon yang ditemukan dalam jumlah besar di dalam peti mati."
Pada tahun 1925, jenazah mulai diperlihatkan di depan umum, pertama di salah satu taman biara dan kemudian di kapel. Tangan dan wajahnya ditutupi lapisan lilin tipis, yang digunakan untuk menutupi perubahan warna.

Penampilan St. Bernadetta Soubirous membuat pengunjung terkesan dengan manisnya ekspresi wajahnya. Sebuah patung Maria berdiri di kapel dekat kaki Bernadetta, menggugah fakta bahwa jiwanya sekarang berbicara dengan bebas dengan Bunda Maria di surga seperti yang dia lakukan di bumi 18 kali lebih dari satu setengah abad yang lalu.

O Yesus, aku lebih baik mati seribu kematian daripada tidak setia pada-Mu! (St. Bernadetta Soubirous)

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy