| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 01 Mei 2023 St. Yusuf Pekerja

Sailko | CC BY 3.0

 
 
 Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja memperingati St. Yusuf Pekerja, Santo pelindung semua pekerja dan semua orang yang bekerja di dunia ini, bersamaan dengan perayaan sekuler Hari Buruh. Peringatan ini dilembagakan oleh Paus Pius XII pada tahun 1955, pada saat ancaman Komunisme meningkat di mana-mana di dunia, dengan banyak orang Kristen dan orang-orang di seluruh dunia ditindas oleh rezim dan pemerintah Komunis, dan masih banyak lagi memiliki gerakan dan pemberontakan Komunis berbahaya yang bertujuan untuk menghancurkan iman Kristiani, Gereja dan kepercayaan kepada Tuhan. Kaum Komunis yang ateis berpikir bahwa mereka dapat mengalahkan Tuhan dan Gereja-Nya, tetapi Tuhan menunjukkan kepada mereka melalui Peringatan St. Yusuf Pekerja ini, bahwa kepercayaan dan pemahaman mereka tentang pekerjaan benar-benar cacat dan tidak memadai, dan dunia harus waspada terhadapnya.
Dibandingkan dengan perayaan tenaga manusia dan duniawi yang tanpa jiwa, kosong dan sia-sia dalam peringatan Hari Buruh, dan pemuliaan pencapaian dan keinginan duniawi, yang merupakan cara kaum Komunis dan dunia sekuler cenderung merayakan hari ini, dan untuk yang pertama yang banyak berfokus pada masalah perjuangan kelas antara pekerja melawan apa yang disebut kelas yang lebih istimewa, peringatan buruh dan kerja yang sebenarnya seperti yang kita rayakan hari ini bukanlah dengan berfokus pada diri kita sendiri dan pencapaian duniawi kita. Sebaliknya, St Yusuf sebagai Pelindung seluruh Gereja Universal, ayah angkat Tuhan dan Juru Selamat kita, juga menjadi panutan dan pelindung bagi semua pekerja di dunia. Dalam kebajikan dan cara hidupnya yang menginspirasi, berfungsi sebagai contoh yang baik dan mercusuar yang bersinar untuk membantu dan membimbing kita ke jalan yang benar dalam hidup.

St Yusuf dalam dedikasinya kepada Tuhan, kebenaran dan kebajikannya, dan dalam kehidupannya yang sederhana namun jujur sebagai seorang tukang kayu yang rendah hati dan sederhana di desanya di Nazaret, adalah teladan yang sempurna bagi kita semua sebagai orang Kristiani dalam kehidupan kerja kita dan etika. Alih-alih mengejar keinginan duniawi, pencapaian, ambisi, dan bentuk keinginan dan kesenangan dunia lainnya yang tak ada habisnya, seperti yang biasa terjadi di dunia kita saat ini, seperti yang terjadi di masa lalu, St. Yusuf menunjukkan kepada kita semua seperti apa pengerjaan yang sebenarnya, dan dia juga mengingatkan kita untuk apa sebenarnya jerih payah dan pekerjaan kita. Banyak dari kita tidak mengerti dan menyadari apa yang seharusnya kita lakukan dalam mendamaikan dan menyelaraskan iman Kristiani kita dengan kehidupan kerja dan etika kita. St Yusuf, pelindung suci Gereja dan semua pekerja adalah pembimbing kita yang sempurna untuk membantu dan membimbing kita ke jalan yang benar, agar kita tidak jatuh ke jalan yang salah dalam hidup ini.

Pekerjaan seorang tukang kayu adalah pekerjaan yang sulit dan seringkali tidak dihargai. Tukang kayu penting pada saat itu seperti sekarang karena mereka membuat alat-alat penting yang dibutuhkan dalam banyak aspek kehidupan, terutama di bidang pertanian dan peternakan, dalam merawat tanaman dan hewan. Namun, terlepas dari pentingnya peran tukang kayu, biasanya tidak ada yang mengingat atau berterima kasih kepada tukang kayu, dan mereka biasanya diperlakukan dengan ketidakpedulian, atau bahkan penghinaan dan rasa jijik. Tukang kayu dipandang rendah dan dianggap sebagai pekerjaan bergaji rendah dan pekerjaan yang tidak menghasilkan prestise dan kehidupan yang baik. Namun, tanpa mereka dan karya-karya mereka, masyarakat tidak dapat bertahan atau berfungsi sebagaimana mestinya. St Yusuf, di tengah semua ini, bekerja dengan rendah hati, hidup dengan benar dan adil, dan menjadi panutan dan figur ayah yang hebat tidak hanya bagi Tuhan kita Yesus Kristus, Putra angkatnya, tetapi juga bagi kita semua sebagai umat Kristiani. 

Saudara dan saudari dalam Kristus, oleh karena itu marilah kita semua terinspirasi juga oleh teladan baik yang ditunjukkan oleh St. Yusuf, pekerja suci dan abdi Allah, dalam semua kebenaran dan kehidupan bajiknya. Marilah kita semua mengikatkan diri kita kepada Tuhan kembali dengan cara yang sama seperti St Yusuf telah berkomitmen pada dirinya sendiri, dan marilah kita semua mendekat kepada Tuhan dan terus menjalani hidup kita sebaik mungkin, sebagai orang Kristiani yang berbudi luhur dan setia, dalam melakukan Kehendak Tuhan dan dalam menjalani hidup kita dengan kemampuan terbaik kita, dalam mewartakan kasih dan kebenaran Tuhan dalam komunitas kita masing-masing, sekarang dan seterusnya. Masing-masing dan setiap dari kita memiliki peran kita sebagai orang Kristiani, untuk menjadi teladan dan setia dalam kehidupan kita sehari-hari, dan untuk menginspirasi satu sama lain untuk berjalan lebih setia di hadirat Tuhan, untuk hidup seperti bagaimana St Yusuf pernah menjalani hidupnya, dengan kebajikan dan pengabdian kepada Tuhan. Biarlah pekerjaan kita memuliakan Tuhan dan bukan untuk pemuliaan pribadi kita sendiri atau untuk mengejar ambisi egois kita sendiri.

Semoga Tuhan Yang Bangkit terus memberkati kita masing-masing, dan membimbing kita dalam pekerjaan dan pelayanan kita, dan dengan perantaraan St. Yusuf, ayah angkat-Nya, pelindung dan teladan semua pekerja, semoga kita semua yang bekerja dan bekerja terus diingatkan untuk melakukan pekerjaan kita sesuai dengan kehendak Tuhan dan sejalan dengan iman dan kepercayaan Kristiani kita, serta melakukan pekerjaan kita dengan penuh pertimbangan dan kepedulian terhadap sesama di sekitar kita. Semoga Tuhan menyertai kita semua dan Gereja-Nya, sekarang dan selama-selamanya. Amin.



terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy