| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Apa itu persahabatan sejati? St Fransiskus de Sales mendefinisikannya dengan sempurna dalam 5 kutipan indah

 Kitab Suci mengajarkan bahwa, “Sahabat yang setia merupakan perlindungan yang kokoh, barangsiapa menemukan orang serupa itu sungguh mendapat harta." (Sirakh 6:14)

Dari semua orang kudus, pujangga Gereja yang lembut ini menulis lebih banyak tentang topik persahabatan daripada orang kudus lainnya. Mari kita lihat lima kebijaksanaan praktis dari St.  Fransiskus de Sales tentang persahabatan yang otentik dan suci.

 

Fr Lawrence Lew, O.P. | CC BY-NC-ND 2.0


1) “Kasihilah sesamamu, pembaca yang budiman, dengan cinta kasih yang besar, tetapi bertemanlah hanya dengan mereka yang dapat saling mendukung dalam kebajikan. Semakin tinggi kebajikan yang kamu masukkan ke dalam hubungan ini, semakin sempurna persahabatan kamu.".

St. Fransiskus de Sales memiliki apa yang disebutnya 'kebajikan kecil'. Dia berkata bahwa dua orang yang berjuang untuk kebajikan bersama adalah teman yang sangat baik. Dan apakah kebajikan kecil ini?

Menurut spiritualitas Salesian, kebajikan ini termasuk kejujuran, penerimaan, kemurahan hati, kerendahan hati, kekuatan lembut, kebaikan, kesabaran, kesederhanaan, optimisme yang menggembirakan, keberanian, dan penatalayanan.

Kitab Amsal mengajarkan bahwa “Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.” (Amsal 27:17). Persis seperti inilah amalan kebajikan pada dua sahabat: besi menajamkan besi.


2) “Penting untuk menemukan mereka yang akan mendukung kita dan membutuhkan dukungan kita dalam memajukan kehidupan yang saleh.”

Persahabatan yang otentik, suci bergantung pada dua orang yang saling mendukung, bahkan terkadang mengoreksi, di jalan menuju kekudusan.
 

3) "Persahabatan suci menggunakan bahasa yang sederhana dan tulus dan tidak memuji apa pun kecuali kebajikan dan rahmat Tuhan, satu-satunya dasar di mana persahabatan berada."

St Fransiskus de Sales mengakui keindahan dan kesucian persahabatan suci. Dan mengapa persahabatan semacam ini suci?

Terus terang, karena ia terpisah dari yang duniawi dan mencapai yang transenden. Gosip kosong dan kesamaan duniawi tidak membentuk persahabatan yang baik.

Persahabatan ini cepat berlalu dan kurang keintiman dan sarana untuk bertahan lama. Perhatian penuh doa untuk orang lain, berkorban dengan membaca kebajikan bersama, dan keinginan untuk saling menyayangi dan kesucian membuat persahabatan yang benar, baik, indah, dan langka.

4) "Teman saling mencintai terlepas dari kesalahan dan kekurangan mereka."

Persahabatan sejati terdiri dari orang-orang nyata. Dan manusia tidak sempurna. Persahabatan sejati mengakui ketidaksempurnaan pada teman mereka, tetapi juga mengakui bahwa kebaikan dan kebajikan melebihi ketidaksempurnaan.

Faktanya, St Fransiskus de Sales mengatakan bahwa ketika teman berdebat dan benar-benar berbaikan, persahabatan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Tapi, itu membutuhkan pengampunan dan pertumbuhan.Kamar tempat Bunda Teresa dari Kalkuta wafat

Baca juga: Kamar tempat Bunda Teresa dari Kalkuta wafat  


5) "Sangat penting untuk persahabatan bahwa timbal balik harus ada di antara keduanya yang saling mencintai."

Persahabatan yang sejati dan suci menuntut saling cinta dan hormat. Harus ada memberi dan menerima dan menerima dan memberi.

Jika persahabatan itu sepihak, atau bahkan sebagian besar sepihak, itu akan gagal total. Dalam persahabatan yang intim dan suci, tidak ada ruang untuk keegoisan. Sebaliknya, hanya ada ruang untuk saling mencintai.

Hidup ini sangat singkat. Kita harus memberi tahu teman sejati kita bahwa kita mencintai dan menghargai mereka dan persahabatan mereka. Teman yang ingin menjadi orang kudus bersama adalah salah satu karunia dan harta terbesar Tuhan. 
 
St Fransiskus de Sales, doakanlah kami untuk menemukan, menjaga, dan menjadi sahabat yang kudus. Bantu kami menjalin persahabatan yang abadi dan akan membawa kami ke surga.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy