| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Sukacita Paskah: Aku hidup, dan kamu akan hidup."


 Kegembiraan Paskah menemukan ekspresi alaminya dalam Komuni Kudus yang penuh sukacita, perjamuan Paskah. Komuni Kudus adalah makanan yang di atasnya hidup baru dalam Tuhan Yesus yang Bangkit dipelihara. Dia yang bangkit dari kematian memasuki jiwa kita secara pribadi, dan meneranginya dengan kepenuhan hidup baru-Nya. Seperti apa Dia, kita juga; sebagaimana Dia bangkit dari kematian, demikian pula kita akan bangkit. Kita sekarang berjalan “dalam hidup yang baru” (Roma 6:4).

Semangat masa Paskah adalah semangat rasa syukur yang tulus kepada Kristus yang bangkit, yang melaluinya kita memiliki hidup yang kekal. "Aku hidup, dan kamu akan hidup." Kita harus memperoleh semangat sukacita ini, semangat yang akan mengangkat kita dari dosa dan dunia dan kematian. Kristus yang bangkit akan memberi kita kekuatan untuk mengalahkan kuasa kegelapan dan kematian. Kita harus memiliki semangat pengharapan. Sejak Kristus bangkit, kita akan pasti akan bangkit pada hari terakhir, dan tubuh kita akan dibangunkan untuk hidup yang kekal. "Aku tidak akan mati, tapi hidup." Kita harus memiliki iman yang tak tergoyahkan, karena Kristus bangkit dari antara orang mati. Kebangkitan-Nya membuktikan keilahian-Nya dan kebenaran ajaran-Nya.

Paskah menetapkan tugas baru di hadapan kita. Sekarang kita harus mulai menjalani kehidupan manusia baru. Kita bangkit bersama Kristus dalam baptisan. “Kamu telah dibangkitkan bersama dengan Kristus. Maka carilah perkara yang di atas, di mana Kristus berada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati [bagi dunia, terhadap dosa, terhadap hal-hal yang fana], dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus dalam Allah” (Kol 3:1-3). “Buanglah ragi yang lama, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi… Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan roti yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran.” (1 Kor 5:7 f.) Setiap hari selama masa Paskah liturgi mengingatkan kita, baik dalam Misa maupun dalam Ibadah Ilahi, akan kata-kata Rasul: “Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia." (Rom 6:9). Kristus, seluruh Kristus (Gereja, kita semua), sekarang hidup untuk Tuhan.

Kita adalah “Kristus” yang telah bangkit. Kita mati terhadap dosa dalam baptisan. Kita hidup sekarang untuk Tuhan. “Kristus, bangkit kembali dari kematian, sekarang tidak lagi mati.” Kita telah mengakhiri dosa kita, dan kita hidup sekarang hanya untuk Tuhan dan untuk pelaksanaan kehendak Suci-Nya. “Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga” (Flp 3:20). Kita harus memperoleh semangat penyangkalan diri, dan rela memikul salib Kristus. Kita dapat mengambil bagian dalam kehidupan Kristus yang bangkit hanya jika kita rela berbagi penghinaan dan penyaliban-Nya.

Waktu dari Paskah hingga Pentakosta hanyalah perpanjangan dari hari raya Paskah, membentuk pesta Paskah yang berkesinambungan dan tidak terputus. Dalam berbagai bentuk, muncul kembali pemikiran-pemikiran yang terutama berkaitan dengan kebangkitan Kristus dan panggilan kita untuk berbagi kehidupan baru-Nya dengan-Nya. “Aku hidup, dan kamu akan hidup” (Yohanes 14:19).

Periode dari Pentakosta hingga Adven juga memiliki hubungan yang erat dengan Paskah. Itu akan mengembangkan dan menyempurnakan kehidupan yang diberikan kepada kita pada Paskah. Kristus hidup di dalam kita, dan kita hidup di dalam Dia. Dia hidup di dalam anggota-anggota-Nya; dan kita, para anggota, berbagi kehidupan-Nya. Dia hidup di dalam tubuh kita dan juga di dalam jiwa kita, karena tubuh juga akan bangkit dan dipulihkan untuk hidup dan berbagi kehidupan Kristus dalam Paskah kehidupan kekal yang diberkati. “Aku percaya akan kebangkitan badan dan hidup yang kekal." Amin.
—Benedict Baur, OSB, The Light of the World

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy