| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Mengapa Yesus menunggang keledai pada hari Minggu Palma?

 Setiap tahun kita memulai Pekan Suci dengan kisah Yesus menunggang keledai pada Minggu Palma. Bagi sebagian orang hal ini membingungkan, karena tampaknya tidak masuk akal mengapa Yesus menunggang keledai pada hari Minggu Palma? Mengapa Yesus tidak menunggang kuda atau kerbau atau hewan lainnya?

Alasan utama mengapa Yesus menunggang keledai pada Minggu Palma adalah untuk mengingat nubuat Zakharia tentang Mesias.

Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. (Zakharia 9:9)

  Tanda mesianik itu segera dirasakan oleh orang banyak yang mengelu-elukan Yesus sebagai raja mereka sambil berteriak, “Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!” (Mat 21:9) Umat Katolik masih meneriakkan salam Daud ini setiap kali Kurban Kudus Misa dirayakan. Ini adalah pengakuan bahwa Yesus adalah Mesias dan Raja keturunan Daud yang sejati. Kemudian, seekor keledai merupakan bagian tak terpisahkan dari kisah persembahan Abraham atas Ishak, sejenis persembahan Putra Sulung sebagai tanda ketaatan. Kemudian bahwa Raja Salomo naik ke penobatan mesianiknya di atas bagal yang dulunya milik Daud (1 Raj 1:33-44).


Selain itu, Yesus menyoroti Raja seperti apa Dia, seperti yang dijelaskan Paus Benediktus XVI dalam homilinya pada Minggu Palma tahun 2006 .

    Harus diingat, kata Yohanes, bahwa dalam Kitab Nabi Zakharia kita membaca: ”Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai.” (Yoh 12:15; bdk. Za 9:9). Untuk memahami pentingnya nubuatan itu dan, sebagai konsekuensinya, perilaku Yesus, kita harus mendengarkan seluruh teks Zakharia, yang berlanjut sebagai berikut: “Ia akan melenyapkan kereta-kereta dari Efraim dan kuda-kuda dari Yerusalem; busur perang akan dilenyapkan, dan ia akan memberitakan damai kepada bangsa-bangsa. Wilayah kekuasaannya akan terbentang dari laut sampai ke laut dan dari sungai Efrat sampai ke ujung-ujung bumi.” (Za 9:10).
......

.......
    Hal ini diwujudkan dalam diri Yesus melalui tanda Salib. Salib adalah busur yang patah, dengan cara tertentu, pelangi Allah yang baru dan sejati yang menghubungkan langit dan bumi dan menjembatani jurang antara benua. Senjata baru yang Yesus tempatkan di tangan kita adalah Salib – tanda rekonsiliasi, pengampunan, tanda cinta yang lebih kuat dari kematian.

Terakhir, Yesus menunjukkan dengan tindakan ini bahwa Dia akan menjadi Raja universal, untuk semua orang.

    Penegasan ketiga dari nabi adalah pra-pengumuman universalitas. Zakharia mengatakan bahwa Kerajaan Raja Damai terbentang “dari laut ke laut … sampai ke ujung bumi.” Janji kuno tentang bumi, yang dibuat untuk Abraham dan para Bapa, diganti di sini dengan visi baru: wilayah kekuasaan Raja Mesianik bukan lagi negara tertentu yang nantinya harus dipisahkan dari negara lain dan karenanya, tak terelakkan, akan mengambil sikap terhadap mereka. Negaranya adalah bumi, seluruh dunia .

Yesus memilih untuk menunggang keledai pada Minggu Palma untuk alasan tertentu dan telah menjelaskan kepada kita siapa Dia dan Raja seperti apa Dia untuk seluruh umat manusia.

 




 

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy