| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Siapa yang menemukan devosi Jalan Salib?

Selama berabad-abad, salah satu devosi paling populer yang telah teruji oleh waktu adalah Jalan Salib (dalam bahasa Latin, Via Crucis ). Itu terdiri dari sejumlah "stasi" di mana seseorang dapat menelusuri kembali jejak Yesus Kristus selama Sengsara dan wafat-Nya.   

JD Warrick (CC BY-NC-ND 2.0)

 
Menurut tradisi kuno, Perawan Maria yang Terberkati mengunjungi tempat-tempat penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus setiap hari setelah kenaikannya ke Surga. Banyak tradisi lain juga mengklaim bahwa Maria mengikuti Yesus di sepanjang jalan menuju Golgota.

Namun, dalam melakukan praktik ini, Bunda Terberkati tidak menciptakan devosi populer dengan doa-doa dan “stasi” khusus untuk diikuti. Dia hanya mencoba menghidupkan kembali peristiwa sengsara Yesus yang penuh kuasa dan menahannya "dalam hatinya," merenungkan pengorbanan besar yang dia lakukan. 


 
Baru beberapa abad kemudian, menurut Catholic Encyclopedia , “sekelompok kapel yang terhubung dibangun pada awal abad kelima, oleh St. Petronius, Uskup Bologna, yang dimaksudkan untuk mewakili tempat suci yang lebih penting. Ini mungkin dapat dianggap sebagai bibit dari mana Stasi-stasi kemudian berkembang, meskipun cukup pasti bahwa tidak ada yang kita miliki sebelum sekitar abad kelima belas disebut Jalan Salib dalam pengertian modern.” 
 
Pada Abad Pertengahan, Tanah Suci menjadi daerah yang bergejolak dan peziarah tidak diberi akses mudah ke tempat suci Sengsara Yesus. Akibatnya, para Fransiskan dan lainnya di seluruh Eropa mulai membangun kapel dan tempat suci yang mereplikasi situs-situs ini di Yerusalem. Secara khusus, imam Dominikan Beato Álvaro dari Córdoba menyebarkan devosi di Eropa, dimulai di Cordoba, di mana ia mendirikan oratorium kecil yang mirip dengan stasi modern.
 
Pada abad ke-17 para Fransiskan ingin mulai mendirikan "stasi" ini di dalam tembok gereja dan meminta izin Roma. Selain itu, mereka ingin umat beriman diberikan indulgensi yang sama seperti yang akan diberikan kepada mereka yang melakukan perjalanan ke Yerusalem. Paus Innosensius XI menyadari kebutuhan tersebut dan mengabulkan permintaan mereka, membuka jalan bagi Jalan Salib seperti yang kita kenal sekarang.

Akibatnya, sejarawan tidak dapat mengatakan bahwa ada satu orang tertentu yang bertanggung jawab atas devosi Jalan Salib . Berbagai individu suci selama berabad-abad, dimulai dengan Perawan Maria yang Terberkati, berjalan mengikuti jejak Yesus Kristus, merenungkan sengsara dan wafat-Nya. Ini adalah tradisi yang indah, yang telah tumbuh secara organik selama bertahun-tahun.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy