| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Dosa Kesombongan


 Kesombongan adalah dosa Setan. Menjadi roh yang murni, dia tidak dapat melakukan dosa yang memiliki objek materi, seperti dosa kenajisan atau keserakahan. Satu-satunya dosa yang dapat dilakukan roh adalah kesombongan. Setan telah diciptakan oleh Tuhan* dan telah diberkati dengan karunia-karunia yang paling agung, tetapi dia wajib menjalani ujian agar dia dapat memperoleh pahala yang disediakan untuknya oleh Tuhan, yaitu kebahagiaan abadi dari Penglihatan Bahagia. Secara umum diyakini bahwa Tuhan mengungkapkan kepada Setan dan kepada semua legiun Malaikat, Firman Kekal menjadikan manusia, Yesus Kristus, dan memerintahkan mereka untuk menyembah Dia. Tetapi ketika Setan dan Malaikat pemberontak lainnya melihat dalam diri Yesus Kristus sifat yang jauh lebih rendah dari sifat mereka, mereka marah karena Sabda Ilahi tidak dipersatukan dengan sifat malaikat dan bukan dengan sifat manusia. Mereka menolak untuk menundukkan kepala mereka yang angkuh dan melemparkan ultimatum yang angkuh dan menghujat kepada Tuhan: "Aku tidak akan melayani."

Inilah inti dari kesombongan; makhluk itu menghubungkan dirinya dengan karunia yang telah dia terima dari Penciptanya dan percaya bahwa dia dapat melakukannya tanpa Tuhan. Kesombongan bertentangan dengan kebenaran yang menuntut kita untuk mengakui bahwa kita telah menerima segalanya dari Tuhan. Oleh karena itu, kita tidak boleh menjadi sombong, tetapi harus dengan penuh syukur merujuk semua yang kita miliki dan semua yang kita miliki kepada Tuhan dan Pencipta kita. Kita harus ingat bahwa suatu hari nanti kita harus memberikan pertanggungjawaban yang ketat kepada Tuhan atas semua pemberian ini.

Sama seperti kerendahan hati adalah kebajikan yang paling sulit diperoleh, kesombongan adalah kejahatan yang paling umum. Kita semua sombong dan bangga akan hal-hal yang bukan milik kita, tetapi milik Tuhan. Orang akan membayangkan bahwa akan mudah untuk memahami bahwa kita bukan apa-apa tanpa Tuhan, tetapi dalam praktiknya justru sebaliknya. Bukan hanya tokoh-tokoh terkemuka, ilmuwan terkenal dan sastrawan, tetapi juga orang paling biasa yang percaya bahwa mereka unik dan lebih unggul dari rekan-rekan mereka. Sifat buruk lainnya mengikuti kesombongan. Ada praduga, yang membawa kita untuk percaya bahwa kita lebih penting daripada kita yang sebenarnya dan mencoba hal-hal yang berada di luar kekuatan yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Ada ambisi, yang mendorong kita untuk mencari kehormatan dan tanggung jawab sebagai tujuan utama kita dalam hidup, seolah-olah hati kita dapat dipuaskan oleh hal-hal ini daripada oleh Tuhan dan oleh pengudusan kita sendiri. Ada kesia-siaan kosong, keinginan yang sia-sia tetapi membara untuk dipuji dan dihargai, seolah-olah jasa kita (jika ada) adalah hal lain selain pemberian dari Tuhan, yang hanya dapat kita kembangkan dengan bantuan dan rahmat-Nya. Mari kita periksa diri kita sendiri dalam hal ini dan kita akan menemukan banyak penyimpangan dalam kepribadian kita sendiri. Kita akan menemukan banyak gagasan sia-sia yang harus kita singkirkan, dan banyak penyimpangan egois dari kemuliaan Allah yang telah dan telah kita lakukan. "Singkirkan kesombongan," kata St. Agustinus, "dan apakah laki-laki selain laki-laki?" Lepaskan topeng kesombongan dan kepura-puraan, dan Anda akan menemukan bahwa bahkan orang-orang yang menganggap diri mereka sebagai kepribadian yang luar biasa adalah makhluk yang sangat tidak berarti. Kita bisa belajar banyak dari meditasi tentang hal ini.

Ingatkah Anda saat para Rasul, pikiran mereka dipenuhi dengan spekulasi yang ambisius, mendekati Yesus, dan bertanya kepada-Nya siapa yang terbesar di Kerajaan Surga? Tuhan kita memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah kelompok. “Kecuali kamu berbalik dan menjadi seperti anak kecil,” Dia berkata, “kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga.” (Mat. 18:3) Betapa berbedanya rancangan Allah dengan keinginan manusia! Cara-Nya penuh dengan kesederhanaan dan kerendahan hati, sangat kontras dengan kesombongan-kesombongan kita. Yesus mengajarkan kita pelajaran ini tidak hanya dalam kotbah-Nya tetapi juga dalam hidup-Nya.—


* Konsili Lateran IV (1215) mengajarkan bahwa “iblis dan roh-roh jahat lainnya diciptakan baik pada awalnya, hanya mereka menjadi jahat oleh karena tindakan mereka sendiri”.

Lebih lanjut Katekismus Gereja Katolik menjelaskan sebagai berikut:

KGK 391   Di balik keputusan nenek moyang kita untuk membangkang terdengar satu suara penggoda yang bertentangan dengan Allah (Bdk. Kej 3:1-5)., yang memasukkan mereka ke dalam maut karena iri hati (Bdk. Keb 2:24). Kitab Suci dan tradisi melihat dalam wujud ini seorang malaikat yang jatuh, yang dinamakan setan atau iblis (Bdk. Yoh 8:44; Why 12:9). Gereja mengajar bahwa ia pada mulanya adalah malaikat baik yang diciptakan Allah. “Setan dan roh-roh jahat lain menurut kodrat memang diciptakan baik oleh Allah, tetapi mereka menjadi jahat karena kesalahan sendiri” (Konsili Lateran IV, 1215: DS 800).

KGK 2851 … kejahatan bukanlah hanya satu pikiran, melainkan menunjukkan satu pribadi, setan, si jahat, malaikat yang berontak terhadap Allah. “Iblis” [diabolos] melawan keputusan ilahi dan karya keselamatan yang dikedakan di dalam Kristus.

Paus St. Yohanes Paulus II, dalam Audiensi Umum tanggal 13 Agustus 1986, menjelaskan tentang asal usul setan, demikian:

“Ketika, oleh sebuah tindakan kehendak bebasnya, ia menolak kebenaran bahwa ia mengenal tentang Allah, setan menjadi “pembohong dan bapa segala kebohongan” (lih. Yohanes 8:44) melampaui ruang dan waktu. Karena alasan ini, ia hidup dalam penyangkalan radikal dan tak dapat dibalikkan lagi, terhadap Allah, dan berusaha untuk memaksakan pengaruh kepada ciptaan – kepada semua mahluk yang diciptakan menurut gambar Allah dan secara khusus manusia- kebohongan dirinya sendiri yang tragis tentang apa yang baik yaitu Tuhan.”

Antonio Bacci adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.




terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy