| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

Orang Kudus hari ini: 11 Desember 2023 Paus St. Damasus I

Public Domain

 
 Hari ini, Gereja juga memperingati Paus St. Damasus I, salah satu pemimpin Gereja perdana yang membantu memperkuat Gereja di tengah masa-masa yang penuh gejolak dan tantangan, karena dia sangat berkomitmen dalam mengabdikan waktu dan upayanya untuk Gerejam bahkan sejak sebelum dia terpilih dan memerintah sebagai Paus dan karenanya menjadi pemimpin Gereja. Paus St. Damasus I adalah seorang Diakon Agung Gereja dan menurut tradisi, ia juga mengikuti Paus Liberius ke pengasingan ketika Paus Liberius dianiaya oleh Kaisar Romawi Konstantius II yang merupakan pendukung ajaran sesat Arian. Kemudian, selama menjabat sebagai Paus, Paus St. Damasus I adalah seorang pembela iman yang gigih melawan berbagai ajaran sesat yang mengganggu Gereja dan umat beriman pada saat itu.

Paus St. Damasus I harus menjadi inspirasi dan teladan bagi kita karena beliau tanpa kenal lelah mendedikasikan dirinya dalam membimbing dan menggembalakan umat beriman kepada Allah dan Gereja melawan kekuatan bidah dan pihak lain yang berusaha memecah belah Gereja, karena beliau harus menghadapi banyak hal tantangan seperti kehadiran Anti-Paus yang menentang pemerintahannya, serta tantangan dari para bangsawan dan faksi kuat lainnya di Gereja. Ia melakukan reformasi dan pekerjaan penting yang dimaksudkan untuk membantu Gereja agar tetap berakar kuat dalam iman, dan merupakan orang yang menugaskan St. Hieronimus untuk menyusun terjemahan Latin dari Alkitab Septuaginta Yunani, yang kemudian menjadi Vulgata Latin. Sungguh, Paus St. Damasus I melakukan banyak karya besar, dalam mendirikan Gereja dan lembaga-lembaganya demi kebaikan umat Allah.

Oleh karena itu, saudara-saudari seiman dalam Kristus, sebagaimana kita telah diingatkan dan mudah-mudahan terinspirasi oleh iman dan keberanian yang ditunjukkan oleh Paus St. Damasus I, marilah kita semua berusaha untuk menyerahkan diri kita secara baru kepada Tuhan terutama pada masa dan masa Adven ini. semoga kita semakin dekat dengan Tuhan, dan mampu menginspirasi orang lain untuk mencari kebahagiaan dan makna Natal yang sesungguhnya, yaitu Kristus, Tuhan dan Juru Selamat kita, dan merayakan Natal bersama dengan pemahaman yang benar dan kegembiraan yang sejati, dan bukan dengan ekses dari perayaan dan perayaan duniawi. Semoga Tuhan selalu menyertai kita, dan semoga Dia terus memberkati kita dalam segala hal, dan membimbing kita dalam perjalanan Adven kita, sekarang dan seterusnya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy