| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 21 April 2023 St. Anselmus dari Canterbury

 

St. Anselmus dari Canterbury (Public Domain)

Hari ini Gereja memperingati St Anselmus dari Canterbury, seorang hamba Tuhan yang agung dan berdedikasi, yang mengabdikan dirinya pada pelayanan dan panggilan yang telah dipercayakan kepadanya. Tuhan telah memanggilnya untuk menjadi hamba-Nya, akhirnya menjadi seorang biarawan dan kepala biara, dan kemudian setelah bertahun-tahun bekerja dan melayani dengan setia, dia diangkat menjadi uskup dan diutus untuk melayani umat beriman sebagai gembala, yang selama masa kepemimpinan dan pelayanannya, telah menjadi pusat pembelajaran yang hebat dan banyak yang tersentuh oleh dedikasi dan usahanya. St Anselmus akhirnya dikirim ke Inggris, untuk menjadi Uskup Agung Canterbury, sebagai pemimpin semua umat beriman di seluruh Inggris. Dia menghadapi pencobaan dan tantangan besar sepanjang pelayanannya, dan bahkan menjalani pengasingan selama pekerjaannya, harus menanggung penganiayaan dan penolakan dari musuh-musuhnya.  Namun dia terus membaktikan diri dan terus melakukan pekerjaan dan pelayanannya tanpa mempedulikannya, mempercayakan dirinya kepada Tuhan dengan sepenuh hati. St. Anselmus meninggal pada tahun 1109.

Saudara dan saudari dalam Kristus, dapatkah kita terinspirasi oleh keberanian dan kerja keras yang ditunjukkan oleh semua pendahulu suci kita, dalam semua kepercayaan dan iman kepada Tuhan yang telah mereka tunjukkan kepada kita sepanjang hidup mereka. Marilah kita semua berani dan berkomitmen seperti yang telah mereka lakukan dalam hidup mereka sendiri. Marilah kita semua menyerahkan diri kita kepada Tuhan dan melakukan yang terbaik untuk mengikuti Dia di sepanjang hidup kita, melakukan apa pun yang kita bisa bahkan dalam hal terkecil, untuk mewartakan dan memuliakan Dia dengan teladan hidup kita. Semoga Tuhan Yang Bangkit dan Juruselamat kita selalu menyertai kita dan semoga Dia memberdayakan kita masing-masing untuk hidup lebih setia, sekarang, selalu dan selamanya. Amin.

Jumat, 21 April 2023 Hari Biasa Pekan II Paskah

 

Jumat, 21 April 2023
Hari Biasa Pekan II Paskah

Yesus Kristus menjadi jalan yang pasti benar karena kemanusiaan yang Ia kenakan bagi kita. (St. Agustinus)


Antifon Pembuka (Why 5:9-10)

Tuhan, Engkau telah menebus kami dengan darah-Mu, dari tiap suku, bahasa, rakyat dan bangsa; dan Engkau telah menjadikan kami raja dan imam bagi Allah Bapa, alleluya.

You have redeemed us, Lord, by your Blood, from every tribe and tongue and people and nation, and have made us into a kingdom, priests for our God, alleluia.


Doa Pagi


Allah Bapa yang perkasa, Engkau menghendaki Putra-Mu menderita di salib untuk mengenyahkan kuasa musuh dari kami. Semoga abdi-abdi-Mu, kelak memperoleh rahmat kebangkitan. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
   

Bacaan dari Kisah Para Rasul (5:34-42)
 
"Para rasul bergembira karena mereka dianggap layak menderita penghinaan oleh karena nama Yesus."
   
Pada waktu itu para rasul sedang diperiksa oleh Mahkamah Agama Yahudi. Maka seorang Farisi dalam Mahkamah Agama itu, yang bernama Gamaliel, seorang ahli Taurat yang sangat dihormati seluruh orang banyak, bangkit dan meminta supaya para rasul itu disuruh keluar sebentar. Sesudah itu ia berkata kepada sidang, "Hai orang-orang Israel, pertimbangkanlah baik-baik apa yang hendak kamu perbuat terhadap orang-orang ini! Sebab dahulu telah muncul Si Teudas, yang mengaku dirinya seorang istimewa, dan ia mempunyai kira-kira empat ratus pengikut; tetapi ia dibunuh, lalu cerai-berailah seluruh pengikutnya dan lenyap. Sesudah dia, pada waktu pendaftaran penduduk, muncullah Si Yudas, seorang Galilea. Ia menyeret banyak orang dalam pemberontakannya, tetapi ia juga tewas dan cerai-berailah seluruh pengikutnya. Karena itu aku berkata kepadamu: Janganlah bertindak terhadap orang-orang ini. Biarkanlah mereka, sebab jika maksud dan perbuatan mereka berasal dari manusia, tentu akan lenyap; tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah." Nasihat itu diterima. Sesudah itu para rasul dilepaskan. Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena nama Yesus. Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah umat dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
  

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati