Senin, 12 September 2022: Peringatan Nama Santa Perawan Maria Yang Tersuci

  Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari ini kita diingatkan perayaan Nama Maria Santa Perawan Maria yang tersuci. Nama yang bahkan ditakuti oleh iblis dan roh jahat lainnya, karena ini adalah nama perempuan yang melaluinya keselamatan seluruh dunia berasal, dalam pribadi Yesus Kristus Putranya, Tuhan dan Juruselamat seluruh dunia. Dengan ketaatan Bunda Maria kepada Tuhan dan partisipasi aktif dalam karya keselamatan Tuhan, Tuhan telah membuat keselamatan kita menjadi kenyataan yang nyata. Pesta ini adalah padanan dari Pesta Nama Yesus yang tersuci; keduanya memiliki kemungkinan menyatukan orang-orang yang mudah terpecah pada hal-hal lain.  
 
 Melalui iman dan ketaatannya yang rendah hati, Bunda Maria telah membuat hati iblis ketakutan dan roh-roh jahat lainnya. Itulah sebabnya penyebutan nama Bunda Maria saja akan membuat iblis melarikan diri, dan setan dan roh jahat berhamburan, karena memanggil namanya berarti kita menempatkan diri kita dalam perawatannya dan kita memanggilnya untuk syafaatnya yang kuat, hanya karena dia terus-menerus memohon atas nama kita di hadapan Takhta Putranya selama ini. Sejak kita telah dipercayakan oleh Tuhan kepada Bunda-Nya sendiri, dan dia telah dipercayakan kepada kita sebagai Bunda kita, Bunda Maria selalu dekat dengan kita dan menunjukkan kasih dan perhatiannya kepada kita. Itulah sebabnya dia menampakkan diri begitu banyak, mengingatkan kita, anak-anak terkasihnya untuk berhenti berbuat dosa dan kembali kepada Tuhan. Mari kita memanggil namanya yang paling suci dengan iman, untuk membela kita dari serangan si jahat. 
 
  Semoga Tuhan terus menjaga kita semua, dan bimbingan terus-menerus yang telah ditunjukkan ibu-Nya Maria kepada kita terus membantu kita dalam perjalanan kita menuju-Nya. Semoga semua umat Kristiani dimanapun berada selalu diilhami untuk menjalani hidup mereka dalam ketaatan kepada Tuhan seperti yang telah dilakukan Bunda Maria sendiri. Semoga Tuhan memberkati kita selalu dalam segala hal, dan semoga Dia terus membimbing dan menguatkan kita dalam segala hal, dan membantu kita untuk bertahan melalui banyak tantangan hidup. Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami, dan dengarkan kami ketika kami memanggil nama-mu yang tersuci, dan lindungi kami dari yang jahat. Amin.
 
Bacaan dan renungan hari ini silakan klik tautan ini 
Credit: Eric E Castro/flickr (CC.BY.2.0)