| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 01 Oktober 2022 St. Theresia dari Kanak-kanak Yesus

Author Nheyob (CC BY-SA 3.0)

Saudara-saudari, hari ini Gereja memperingati Pesta St. Theresia Kanak-kanak Yesus, juga dikenal sebagai St. Theresia dari Lisieux. Hamba suci Tuhan ini juga sering dikenal sebagai 'Bunga Kecil Karmel' dan dikenang karena pengabdiannya yang intens kepada Tuhan dan karena iman dan kehidupan sucinya, serta penyebaran 'Jalan Kecilnya' yang dia sebagian besar dikenang dan diperingati. Bahkan hingga saat ini, dampak dari kehidupan dan kontribusinya masih sangat besar dan masih dapat dengan mudah dirasakan.

St Theresia dari Lisieux adalah seorang biarawati Karmelit Tak Berkasut yang memiliki devosi yang kuat kepada Tuhan sejak masa mudanya, dan yang diilhami untuk bergabung dengan biara religius pada usia yang sangat muda lima belas tahun. Dia dibesarkan dalam keluarga yang sangat taat dan religius, dan orang tuanya, yang kemudian menjadi orang suci sendiri. St. Louis Martin dan St. Marie-Azelie Guerin, orang tua St. Theresia dari Lisieux, menginspirasi anak-anak mereka untuk hidup dalam kebajikan dan pengabdian kepada Tuhan, dan semua anak mereka menjadi religius dan mengabdikan hidup mereka kepada Tuhan, termasuk bahwa St Theresia dari Lisieux sendiri. Dan ketika ibunya meninggal dalam hidupnya, St Theresia ditarik lebih dekat kepada Tuhan, menemukan perlindungan di dalam Dia.

Meskipun menderita sakit sepanjang hidupnya, St Theresia dari Lisieux tetap teguh dalam komitmennya kepada Tuhan dan keinginannya untuk menjadi seorang religius yang sepenuhnya mengabdi kepada Tuhan. St Theresia juga mulai mengalami penglihatan dan pengalaman mistik lainnya sejak awal hidupnya. St Theresia terkenal dengan pengalaman malamnya yang 'pertobatan total', di mana dia mengalami penglihatan mistik yang agung dan kehadiran Tuhan yang membebaskan dan menghibur, memperkuat keinginannya untuk menyerahkan dirinya kepada Tuhan. Akhirnya, setelah periode penegasan dan setelah beberapa pengaturan, St. Theresia bergabung dengan biara Karmelit Tak Berkasut.

Dia dikenang karena perhatiannya yang terus-menerus terhadap orang lain, dan untuk doanya bagi para pendosa, seperti untuk seorang terpidana pembunuh, Henri Pranzini, yang dia doakan setiap hari untuk pertobatannya sebelum dia dieksekusi karena kejahatannya. Dia juga dikenang karena kesuciannya yang besar dan kepatuhannya pada apa yang sekarang dikenal sebagai 'Jalan Kecil' St. Theresia. 'Jalan Kecil' ini merupakan kebutuhan bagi kita semua sebagai orang Katolik untuk menyerahkan diri kita kepada Tuhan bahkan dalam hal terkecil dan terkecil yang dapat kita lakukan setiap hari dan setiap saat dalam hidup kita. St Theresia berkata bahwa dalam momen-momen kecil yang tampaknya tidak penting inilah kita secara bertahap membangun pendekatan kita menuju Kerajaan Allah yang kekal.

Iman dan dedikasi yang ditunjukkan oleh St. Theresia dari Lisieux harus mengingatkan kita semua bahwa sebagai orang Katolik, kita memiliki panggilan dan tanggung jawab untuk menjangkau sesama kita dan menjadi saksi sejati dari iman dan kebenaran iman kita. Kita semua dipanggil dan pada kenyataannya, ditantang untuk melakukan apapun yang kita bisa untuk memuliakan Tuhan dan untuk mewartakan nama Kudus-Nya, kebenaran dan kasih-Nya kepada dunia, dengan hal-hal sederhana yang kita lakukan dalam hidup. Kita tidak perlu memikirkan hal-hal besar dan ambisius, karena kenyataannya, banyak dari mereka yang mencari hal-hal besar untuk dilakukan, akhirnya kecewa, dan bukan hanya itu, tetapi banyak yang akhirnya melakukannya karena alasan yang salah, seperti untuk melayani kesombongan dan keangkuhan mereka sendiri, keinginan dan ambisi mereka sendiri daripada memenuhi peran mereka sebagai hamba dan pengikut Tuhan.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua ingat bahwa kita masing-masing sebagai orang Katolik memiliki tanggung jawab penting itu, agar kita semua berkontribusi dengan cara apa pun yang kita bisa, dalam bidang dan misi kita masing-masing yang dipercayakan kepada kita, dalam kehidupan kita sehari-hari dan kegiatan. Kita semua memang misionaris, dan kita harus menyadari bahwa misi memerlukan bahkan hal-hal yang sederhana seperti kita mewartakan Tuhan melalui kehidupan teladan kita sendiri. Itulah sebabnya St. Theresia dari Lisieux adalah Pelindung Misi, mengingatkan kita untuk tidak memiliki kesalahpahaman bahwa misi hanya dapat terjadi di negeri yang jauh, atau dalam upaya misionaris yang hebat, tetapi pada kenyataannya, misi terjadi setiap saat. dari hidup kita.

Karena itu marilah kita semua melakukan yang terbaik untuk mewartakan Tuhan sebagai misionaris iman, harapan dan kasih-Nya, dan melakukan yang terbaik, diilhami oleh teladan baik St. Theresia dari Lisieux dan orang-orang kudus lainnya yang tak terhitung banyaknya,  agar kita selalu berbudi luhur dan layak dalam tindakan, perkataan, dan perbuatan kita, bahkan dalam hal-hal terkecil. Marilah kita semua berusaha untuk menjadi kudus dan menginspirasi orang lain. Semoga Tuhan terus memberkati kita dan menguatkan kita dalam upaya dan usaha kita, dan semoga St. Theresia dari Lisieux, dari Kanak-kanak Yesus terus berdoa untuk kita dan menjadi perantara bagi kita yang berdosa. Amin.
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy