Orang Kudus hari ini: 27 September 2022 St. Vinsensius a Paulo

Hari ini, Gereja memperingati St Vinsensius a Paulo yang terkenal karena dedikasinya yang besar bagi orang miskin dan semua orang yang menderita. Dia mungkin menarik semangat dan kekuatannya dari pengalamannya sendiri, yang juga sulit dan pahit, terutama ketika dia harus mengalami menjadi budak selama masa mudanya. Saat itu, dia adalah seorang pemuda yang belajar untuk menjadi seorang pendeta ketika dia diculik dan diperbudak oleh bajak laut Barbary yang terkenal, yang menjualnya ke beberapa tuan sebelum akhirnya dia berhasil meyakinkan tuan terakhirnya untuk kembali ke Gereja..

Pengalaman-pengalaman awal dan semangat serta gairah yang dimiliki St. Vinsensius a Paulo dalam melayani Tuhan dan sesamanya mungkin mendorongnya untuk menjadi seorang imam dan kemudian melibatkan dirinya dalam pekerjaan misionaris, dan juga dalam banyak perutusan khususnya terhadap orang-orang yang sakit, kurang diprioritaskan di masyarakat. Ia mendirikan dan mengilhami pendirian beberapa kongregasi dan organisasi keagamaan, seperti Serikat St. Vinsensius de Paulo, dan banyak lainnya. Dia bekerja dengan Kongregasi Suster Putri Cinta Kasih dalam penyediaan perawatan bagi keluarga miskin dan mereka yang menderita. Dia juga terlibat dalam pelayanan kepada mereka yang dipaksa bekerja di galai dan kapal sebagai budak, mengingat pengalamannya sendiri yang tidak begitu baik sebagai budak selama masa mudanya.

Saudara dan saudari dalam Kristus, seperti yang telah kita dengar dari kehidupan St. Vinsensius a Paulo, dan juga dari orang kudus lainnya, kita harus tetap teguh dalam iman setiap saat, dan kita tidak boleh membiarkan penderitaan, pergumulan, pencobaan, pencobaan, dan hal-hal lain yang hadir di dunia kita agar tidak mengganggu kita di jalan menuju Tuhan. Kita harus diilhami oleh ketekunan dan semangat yang ditunjukkan oleh para pendahulu kita yang suci, khususnya St. Vinsensius a Paulo yang kenangan dan kehidupan agungnya kita kenang hari ini. Semoga Tuhan menyertai kita semua dalam upaya dan usaha baik kita, sekarang dan selamanya. Amin.


Public Domain