Orang Kudus hari ini: 30 September 2022 St. Hieronimus

Public Domain

 Saudara dan saudari dalam Kristus, setiap bulan September pada kegiatan lingkungan, wilayah atau kategorial kita banyak mengadakan pertemuan pendalaman Kitab Suci berkaitan dengan Bulan Kitab Suci Nasional yang diselenggarakan pada bulan ini. Pada hari ini kita juga diingatkan akan panggilan kita sebagai orang Katolik untuk percaya kepada Tuhan terlepas dari pencobaan dan tantangan kita, karena hanya Tuhanlah sumber dari semua harapan dan keselamatan kita.  Dan hari ini, kita harus terinspirasi oleh teladan-teladan yang ditunjukkan oleh pendahulu kita yang suci dalam iman, seorang santo dan hamba Tuhan yang agung, yaitu St. Hieronimus, yang paling dikenang karena kontribusinya yang besar dalam penerjemahan Alkitab dari Septuaginta Yunani dan Bahasa Ibrani berasal dari versi Vulgata Latin, yang memungkinkan umat Allah yang setia di banyak tempat memiliki akses yang lebih besar kepada kebenaran yang terkandung dalam Firman Allah dalam Kitab Suci.

St Hieronimus menerjemahkan Kitab Suci sebagai bagian dari banyak karya dan tulisannya yang lain, yang ia lakukan demi kebaikan Gereja dan umat Allah. Dan dalam perannya dalam membantu Paus, Wakil Kristus, yang mempercayakan kepadanya banyak hal termasuk penerjemahan Kitab Suci itu sendiri, dan reformasi Gereja, sebagai salah satu orang kepercayaan dan kolaborator terdekat dari Paus Roma. St Hieronimus juga mendorong kekudusan dan kesucian yang lebih besar di antara orang-orang yang bekerja dan berinteraksi dengannya, mendorong mereka untuk semakin dekat dengan Tuhan dalam cara hidup mereka. Dia harus menghadapi banyak tantangan dan cobaan, tentangan dan masalah, namun St. Hieronimus tetap teguh dalam imannya dan mempercayai Tuhan dalam segala hal.

Saudara dan saudari dalam Kristus, oleh karena itu marilah kita semua terinspirasi oleh teladan baik yang diberikan oleh para pendahulu kita yang kudus, khususnya St. Hieronimus yang kita peringati hari ini. Marilah kita semakin mempercayakan diri kita kepada Tuhan sehingga dalam segala hal, kita dapat selalu menjadi saksi yang agung dan setia akan kebenaran, kemuliaan dan kebangkitan-Nya. Semoga Tuhan menyertai kita selalu dan semoga Dia memberkati kita dalam setiap usaha dan perbuatan baik kita, sekarang dan selamanya. Amin.