| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Jumat, 02 September 2022 Hari Biasa Pekan XXII

Jumat, 02 September 2022
Hari Biasa Pekan XXII - Jumat Pertama Dalam Bulan
    
Tetapi iman Kristen bukanlah satu “agama buku”. Agama Kristen adalah agama “Sabda” Allah, “bukan sabda yang ditulis dan bisu, melainkan Sabda yang menjadi manusia dan hidup” (Bernard, hom. miss. 4,11). Kristus, Sabda abadi dari Allah yang hidup, harus membuka pikiran kita dengan penerangan Roh Kudus, “untuk mengerti maksud Alkitab” (Luk 24:45), supaya ia tidak tinggal huruf mati. (Katekismus Gereja Katolik, 108)
    
Antifon Pembuka (Mzm 37:4-5)
 
Carilah kebahagiaanmu dalam Tuhan, Ia akan meluluskan keinginan hatimu. Serahkanlah nasibmu kepada Tuhan, percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak.

Doa Pagi
 
Allah Bapa yang kekal dan kuasa, manusia Kauberi tugas menjaga misteri-misteri-Mu. Semoga kami selalu menghormati sabda-Mu dan ajarilah kami memahami nama-Mu.  Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.  
  
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (1Kor 4:1-5)
     
"Tuhan akan memperlihatkan apa yang direncanakan dalam hati."
    
Saudara-saudara, hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah. Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai. Bagiku sedikit sekali artinya entahkah aku dihakimi oleh kamu atau oleh suatu pengadilan manusia. Malahan diriku sendiripun tidak kuhakimi. Sebab memang aku tidak sadar akan sesuatu, tetapi bukan karena itulah aku dibenarkan. Dia, yang menghakimi aku, ialah Tuhan. Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati. Maka tiap-tiap orang akan menerima pujian dari Allah.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
  
Mazmur Tanggapan
Ref. Orang-orang benar akan diselamatkan oleh Tuhan.
Ayat. (Mzm 37:3-4.5-6.27-28.39-40)
1. Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia, dan bergembiralah karena Tuhan; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.
2. Serahkanlah hidupmu kepada Tuhandan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.
3. Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, maka engkau akan tetap tinggal untuk selama-lamanya; sebab Tuhan mencintai hukum, dan Ia tidak meninggalkan orang-orang yang dikasihi-Nya. Sampai selama-lamanya mereka akan terpelihara, tetapi anak cucu orang-orang fasik akan dilenyapkan.
4. Orang-orang benar diselamatkan oleh Tuhan; Ia adalah tempat perlindungan mereka pada waktu kesesakan; Tuhan menolong mereka dan meluputkan mereka, Ia meluputkan mereka dari tangan orang-orang fasik dan menyelamatkan mereka, sebab mereka berlindung pada-Nya.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 8:12) 
Aku ini cahaya dunia, sabda Tuhan. Yang mengikuti Aku, hidup dalam cahaya.   
  
Inilah Injil Suci menurut Lukas (5:33-39)
  
"Apabila mempelai diambil, barulah sahabat-sahabat mempelai akan berpuasa."
    
Sekali peristiwa orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat berkata kepada Yesus, "Murid-murid Yohanes sering berpuasa dan sembahyang. Demikian pula murid-murid orang Farisi. Tetapi murid-murid-Mu makan dan minum." Yesus menjawab, "Dapatkah sahabat mempelai disuruh berpuasa, selagi mempelai itu bersama mereka? Tetapi akan datang waktunya mempelai diambil dari mereka; pada waktu itulah mereka akan berpuasa." Yesus mengatakan juga suatu perumpamaan kepada mereka, "Tiada seorang pun mengoyakkan secarik kain dari baju yang baru untuk ditambalkan pada baju yang tua. Sebab jika demikian, yang baru itu pun akan koyak. Apalagi kain penambal yang dikoyakkan dari baju baru tidak akan cocok pada baju yang tua. Demikian juga tiada seorang pun mengisikan anggur baru ke dalam kantong kulit yang tua. Sebab jika demikian, anggur baru itu akan mengoyakkan kantong tua itu, lalu anggur akan terbuang dan kantong itu pun hancur. Tetapi anggur baru harus disimpan dalam kantong yang baru pula. Dan tiada seorang pun yang telah minum anggur tua ingin minum anggur yang baru, sebab ia akan berkata, 'Anggur yang tua lebih baik'."
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
  
Renungan
   
Public Domain   
   Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari ini ketika kita merenungkan bacaan-bacaan Kitab Suci, kita diingatkan sebagai orang beriman untuk memiliki transformasi menyeluruh dalam hidup, dalam cara kita menjalani hidup kita dan dalam bagaimana kita masing-masing menghabiskan setiap saat, fokus kepada Tuhan setiap saat, mengikuti kehendak-Nya dan menaati hukum-hukum-Nya, serta mengasihi Dia dengan segenap hati kita, dengan segenap kekuatan dan daya kita.

Sebagai orang Katolik, pertama dan terutama, kita perlu mengubah cara pandang kita dalam hidup dan bagaimana kita menjalani hidup yang kita miliki ini dengan iman, sehingga jika dulu kita egois, kurang iman, ternoda dosa dan dengan rusaknya keinginan dan pencobaan, maka sekarang kita dipanggil ke dalam kehidupan dan keberadaan baru yang tidak lagi mengingatkan kita pada kehidupan lama yang pernah kita miliki, kehidupan lama ketidaktaatan, kejahatan dan dosa.

Dalam bacaan pertama kita hari ini, kita mendengar Rasul Paulus mengingatkan kita melalui Suratnya kepada Jemaat di Korintus, tentang perlunya kita semua untuk melihat diri kita sendiri dalam melaksanakan apa pun yang Dia lakukan telah menugaskan kita untuk melakukannya. Kita juga tidak boleh menghakimi satu sama lain, melainkan bersiaplah dengan bagaimana kita semua akan diadili oleh Tuhan, sebagai satu-satunya hakim yang benar, untuk setiap tindakan dan perbuatan kita, setiap dosa dan kebajikan kita pada saat penghakiman.
 
Dalam perumpamaan dalam Injil hari ini, kita mendengar bagaimana kantong kulit harus dicocokkan dengan baik dengan anggur yang akan disimpan di dalamnya, bahwa anggur yang lama harus disimpan di dalam kantong yang lama, sedangkan anggur yang baru harus disimpan di dalam kantong yang baru. Sebaliknya, kain baru yang sobek harus ditambal dengan kain baru juga, bukan dengan kain bekas. Apa makna-makna di balik kedua perumpamaan ini? Ini adalah pengingat bahwa kita perlu memiliki sikap dan kehidupan yang sesuai dengan iman kita, kepercayaan kita kepada Tuhan.

Kecuali jika kita benar-benar menjalankan iman kita dengan cara yang kita percayai, dan mengisi hidup kita dengan tindakan yang sesuai dengan jalan Tuhan, dan tidak lagi hidup menurut cara dosa kita yang lama, seperti anggur baru yang cocok dengannya. kulit anggur yang baru, kita akan berakhir dihancurkan jika kita menggunakan cara hidup 'lama' dan dosa-dosa masa lalu kita untuk menghidupi iman baru kita kepada Tuhan. Itulah sebabnya Tuhan menggunakan perumpamaan itu untuk menunjukkan, bagaimana menjadi murid-Nya berarti kita semua perlu mendengarkan Dia, mengikuti Dia dan melakukan apa yang Dia perintahkan untuk kita lakukan.

Apakah kita mau dan mampu melakukannya? Tidak mudah bagi kita untuk mengubah cara kita menjalani hidup kita karena kecenderungannya adalah bahwa kita lebih memilih kenyamanan hidup daripada kesulitan, untuk memuaskan diri sendiri dan keinginan kita daripada memperhatikan kebutuhan orang lain. Tetapi kita tidak perlu takut, karena jika kita setia dan tetap teguh dalam iman kita, maka Tuhan akan menilai kita layak untuk kerajaan dan kemuliaan-Nya yang kekal, dan Dia akan mengumpulkan kita semua, sementara mereka yang menolak Dia, akan dengan keputusan mereka sendiri, diusir ke dalam kegelapan dan penderitaan abadi. Pilihan ada di tangan kita, untuk memilih apakah kita ingin mengikuti Tuhan dengan setia, atau apakah kita ingin terus berjalan di jalan kegelapan dan dosa.

Semoga Tuhan membantu kita dalam perjalanan kita, menguatkan kita dalam tekad kita dan memberdayakan kita semua untuk hidup dengan setia di hadirat-Nya setiap saat. Semoga Dia memberkati usaha dan pekerjaan baik kita, dan semoga Dia selalu bersama kita, terutama melalui saat-saat tersulit dalam hidup kita. Semoga Tuhan memberkati kita, sekarang dan selamanya. Amin.
(Renungan Pagi)
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 
Antifon Komuni (Luk 5:38)

Anggur baru harus disimpan dalam kantong baru. 
    
Doa Malam

Yesus, pokok anggur yang sejati, jadikanlah kami ranting-ranting-Mu yang berguna, tidak menuntut sesama sesuai keinginan hati kami serta bersikap terbuka dan memahami orang lain dengan penuh kasih. Dengan demikian, kehadiran kami mampu membawa kegembiraan bagi sesama. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

**************************************
3 bulan lagi Natal segera tiba, kini telah hadir Edisi revisi Cantate, dengan tatasuara baru. Tatasuara yang baru tentu bisa menciptakan suasana dan nuansa baru juga.
Segera PRE ORDER buku Ordinarium Misa berbahasa Latin CANTATE edisi REVISI 2022. Saksikan pesan Romo Harry Singkoh, MSC di video youtube ini 
 
 
(Advetorial)

 
CONTOH ORDINARIUM GLORIA - MISA SANTA MARIA (Advetorial)



 Informasi Pasang Iklan di RenunganPagi klik tautan ini



terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy