Orang Kudus hari ini: 09 September 2022 St. Petrus Claver

 Hari ini, Gereja memperingati Santo Petrus Claver, hamba Tuhan yang kudus dan setia yang teladannya semoga dapat menjadi inspirasi yang baik bagi kita untuk mengikuti bagaimana kita seharusnya menjadi hamba Tuhan yang baik dan setia dalam hidup kita mulai sekarang. Dia terkenal karena karya-karyanya yang luas di antara orang miskin dan budak, di daerah-daerah di mana dia melayani di tempat yang saat itu dikenal sebagai Dunia Baru, di Amerika. Dia adalah seorang imam dan misionaris Jesuit Spanyol yang mendedikasikan dirinya untuk kehidupan pelayanan kepada Tuhan dan umat-Nya, menghabiskan seluruh hidupnya khususnya untuk perawatan budak Afrika, ketika perbudakan benar-benar merajalela saat itu.

Dia memperhatikan kebutuhan para budak Afrika yang diperlakukan dengan buruk dan salah urus saat itu, diperlakukan dengan kejam dan tidak adil oleh tuan dan majikan mereka di seluruh bidang pelayanannya, dan meskipun banyak tantangan dan cobaan yang harus dia hadapi, St. Petrus Claver tidak pernah biarkan semua orang untuk menghalangi atau mencegah dia dari terus berjuang demi budak-budak itu. Dia menunjukkan kepada mereka kasih Tuhan dan jalan menuju keselamatan-Nya, dan dipuji atas pembaptisan lebih dari tiga ratus ribu orang sepanjang masa pelayanannya, dan dia mendengar banyak pengakuan sambil juga membantu memimpin banyak dari mereka ke jalan Kristus. .

Saudara dan saudari dalam Kristus, semua yang telah dilakukan St. Petrus Claver demi mereka yang terpinggirkan dan paling tidak dalam masyarakat, semua yang telah dia tunjukkan untuk kasih Tuhan dan umat-Nya, semua ini harus menginspirasi kita semua untuk menjalani hidup kita dengan cara yang sama, agar kita dapat mendedikasikan diri kita untuk mengasihi Tuhan dan menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan dengan cara yang sama. St Petrus Claver telah menunjukkan kepada kita bahwa sebagai murid Kristus kita harus peduli dan mencintai satu sama lain dan diisi dengan perhatian bukan untuk diri kita sendiri dan keinginan egois kita, melainkan untuk menolong orang lain yang membutuhkan di sekitar kita, mengakui bahwa ada banyak dari mereka yang membutuhkan perhatian dan kasih kita.

Marilah kita semua karenanya melakukan apa pun yang kita bisa untuk mengikuti Tuhan dengan lebih sepenuh hati mulai sekarang, dan berkomitmen untuk mengasihi satu sama lain lebih dari kita mencintai diri kita sendiri. Semoga Tuhan terus menguatkan kita dalam iman dan semoga Dia terus memberkati kita dalam semua upaya baik dan usaha kita, dan memberdayakan kita semua untuk berjalan dengan setia di hadirat-Nya. Semoga Tuhan memberkati kita dalam segala hal. Amin.

Potret Saint Peter Claver di museum Istana Inkuisisi, Cartagena, Kolombia (CC)