Orang Kudus hari ini: 26 September 2022 St. Kosmas dan Damianus, Martir

 Hari ini kita merayakan pesta St. Kosmas dan St. Damianus, para martir suci Gereja, yang dianiaya dan disiksa karena iman mereka kepada Tuhan selama penganiayaan besar terhadap Gereja dan umat Kristen oleh Kaisar Romawi Diocletian. Menurut tradisi Gereja dan martirologi, St. Kosmas dan St. Damianus adalah saudara kembar yang juga dokter, dan terkenal karena perhatian mereka yang penuh kasih kepada orang miskin dan orang sakit, karena mereka dikenal tidak menerima pembayaran apa pun bagi mereka yang sakit namun tidak mampu membayar biaya dan layanan medis. Mereka populer karena keahlian mereka sebagai penyembuh, dan ini akhirnya membuat mereka ditangkap oleh pihak berwenang.

Meskipun banyak upaya mereka untuk mencoba membujuk, memaksa dan memaksa St. Kosmas dan St. Damianus dari meninggalkan iman mereka kepada Tuhan, bahkan dengan godaan dan kekayaan, pihak berwenang tidak dapat mempengaruhi dua bersaudara dokter dan mereka tidak bisa memaksa mereka untuk menyangkal iman mereka dan menolak Tuhan. Dan karenanya, setelah periode siksaan dan penderitaan, akhirnya masing-masing dari mereka dikenai hukuman mati dan menjadi martir karena iman mereka. Contoh dan inspirasi yang ditunjukkan oleh St.Kosmas dan St. Damianus benar-benar masih menginspirasi banyak orang di seluruh dunia bahkan sampai hari ini, untuk iman dan dedikasi mereka kepada Tuhan. Kita juga harus terinspirasi oleh teladan mereka.

Saudara dan saudari di dalam Kristus, marilah kita semua karena itu semakin berkomitmen kepada Tuhan mulai sekarang, mendedikasikan hidup kita untuk melayani Dia dan untuk berjalan di jalan-Nya, menjadi mercusuar besar terang dan kebenaran-Nya di dunia kita saat ini. Janganlah kita semua terombang-ambing oleh godaan dunia, melainkan berusahalah sekuat tenaga dan memuliakan Tuhan dengan setiap tindakan, perkataan dan perbuatan kita, untuk setia kepada-Nya seperti apa yang dilakukan St. Kosmas dan St. Damianus dan banyak orang kudus lainnya. Semoga semakin banyak orang yang mengenal Tuhan melalui kita, dan semoga semakin banyak jiwa yang datang kepada keselamatan dan kemuliaan kekal di dalam Tuhan melalui kesaksian dan tindakan kita yang setia. Semoga Tuhan memberkati kita selalu, sekarang dan selamanya. Amin.

Public Domain