| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

Orang Kudus hari ini: 24 Januari 2024 St. Fransiskus de Sales, Uskup dan Pujangga Gereja

Fr Lawrence Lew, O.P. | CC BY-NC-ND 2.0

 Hari ini, Gereja memperingati Santo Fransiskus de Sales, seorang hamba Tuhan yang agung dan terkenal, yang kehidupan dan dedikasinya kepada Tuhan telah menjadi inspirasi besar bagi banyak orang yang dikuatkan dan diberdayakan oleh teladannya. Santo Fransiskus de Sales dilahirkan dalam keluarga bangsawan dan dibesarkan menjadi hakim dan pegawai negeri oleh keluarganya, yang membuatnya mendapat pendidikan yang sangat baik. Namun, Tuhan mempunyai rencana berbeda bagi Santo Fransiskus de Sales, ketika Dia mulai menanam benih panggilan dalam dirinya, untuk berbuat lebih banyak demi keselamatan jiwa-jiwa, yang dia tanggapi secara positif, dan pada akhirnya menuntunnya ke jalan menuju imamat.

Ia tidak menjalaninya dengan mudah karena keluarganya, apalagi ayahnya keberatan dengan jalan tersebut, namun akhirnya, setelah St. Fransiskus de Sales terus bersikeras untuk melanjutkan jalannya, dan menolak untuk menikah atau menjadi politisi atau pegawai negeri seperti yang dikehendaki keluarganya, dia ditahbiskan menjadi imam. Sebagai seorang imam, Santo Fransiskus de Sales banyak terlibat dalam pekerjaan misionaris di wilayah Jenewa di Swiss saat ini, di tengah puncak reformasi Protestan, ketika banyak orang meninggalkan Gereja untuk mengikuti berbagai sekte Protestan yang ada pada saat itu khususnya kaum Calvinis.

Santo Fransiskus de Sales dengan sabar melaksanakan pekerjaannya dan mengabdikan dirinya kepada semua orang yang telah dipercayakan kepadanya, merawat mereka secara rohani dan mengungkapkan firman dan kebenaran Tuhan kepada mereka, memenangkan hati banyak orang, dan tidak sedikit yang kembali ke pelukan Tuhan, Bunda Gereja Suci melalui usahanya. Dan bahkan kemudian, setelah ia diangkat menjadi Uskup Jenewa, ia melanjutkan karya dan misinya dengan lebih bersemangat lagi, mewartakan kebenaran Allah kepada semakin banyak orang, bahkan kepada mereka yang keras kepala dan tidak mau mendengarkan nasihat Gereja. kebenaran Tuhan. Banyaknya tulisan-tulisannya yang inspiratif membuatnya dinyatakan sebagai salah satu Pujangga Gereja bertahun-tahun kemudian setelah kematiannya.

Saudara-saudara seiman dalam Kristus, melalui St. Fransiskus de Sales, kita semua dapat melihat dengan jelas betapa Tuhan telah melakukan begitu banyak karya ajaib melalui hamba-hamba-Nya yang telah merespon dan menjawab panggilan-Nya dengan baik. Masing-masing dari kita sebagai umat Kristiani juga telah dipanggil untuk mengikuti Tuhan dengan cara kita masing-masing, dan kita telah dipercayakan dengan berbagai misi dan panggilan dalam bagian kehidupan kita masing-masing, untuk kita laksanakan. Apakah kita semua bersedia menjawab panggilan Tuhan dan melakukan apa yang kita bisa sehingga kita dapat menginspirasi semua orang di sekitar kita dengan teladan hidup dan iman kita? Mari kita cermati jalan hidup kita agar dalam apapun yang kita lakukan, kita selalu berusaha memuliakan Tuhan dan mendahulukan Dia dalam segala hal. Semoga Tuhan selalu menyertai kita, dan semoga Dia memberdayakan kita semua untuk hidup lebih setia. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy