| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

Rabu, 03 Januari 2024 Hari Biasa Masa Natal - Peringatan Nama Yesus Yang Tersuci

 
Rabu, 03 Januari 2024
Hari Biasa Masa Natal - Peringatan Yesus Yang Tersuci

Dengan mencintai sesamamu dan memperhatikan mereka, kamu maju di dalam perjalananmu --- St Agustinus.
 
Antifon Pembuka (Mzm 118:26-27)

Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Dialah Tuhan Allah yang menerangi kita.
   
Blessed is he who comes in the name of the Lord: The Lord is God and has given us light.
   
Doa Pagi


Allah Bapa Yang Mahabaik, Putra-Mu yang tunggal telah tampak sebagai manusia, dan kami mengakui-Nya sebagai seorang di antara kami. Semoga hidup kami pun dapat disesuaikan dengan hidup-Nya berkat bantuan rahmat-Mu.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.          
   
Credit: huronphoto/istock.com

Bacaan
dari Surat Pertama Rasul Yohanes (2:29-3:6)
  
"Setiap orang yang tetap berada dalam Yesus tidak berbuat dosa lagi."

Anak-anakku terkasih, jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya. Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Allah. Saudara-saudaraku terkasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak. Akan tetapi kita tahu bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya. Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia suci adanya. Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa adalah pelanggaran hukum Allah. Dan kamu tahu, bahwa Kristus telah menyatakan diri-Nya untuk menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa. Karena itu setiap orang yang tetap berada dalam Dia, tidak berdosa lagi, setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan mengenal Kristus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
  
Mazmur Tanggapan, do = c, 2/4, PS 807
Ref. Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita

Ayat. (Mzm 98:1.3c-4.5.6)

1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah!
3. Bermazmurlah bagi Tuhan dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu merdu; dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring, bersorak-sorailah di hadapan Raja, yakni Tuhan.

Bait Pengantar Injil, do = f, 4/4, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Yoh 1:14:12b)
Firman telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, semua orang yang menerima-Nya diberi kuasa menjadi anak-anak Allah.
 
    
Inilah Injil Suci menurut Yohanes (1:29-34)


"Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia."
  
Ketika Yohanes membaptis di Sungai Yordan, Ia melihat Yesus datang kepadanya. Maka katanya, "Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Sesudah aku akan datang seorang yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi Yang mengutus aku membaptis dengan air telah berfirman Jikalau engkau melihat Roh turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dia itulah yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya! Maka aku memberikan kesaksian: Dia inilah Anak Allah."
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan    
 
    Ada hubungan yang mendalam antara orang tua dan anak-anaknya. Antara lain, setiap anak mempunyai kemiripan fisik dengan orang tuanya.

Yohanes Pembaptis menyebut Yesus sebagai Anak Domba Allah. Anak Domba Allah menghapus dosa dunia dengan dikorbankan bagi orang berdosa.

Yesus mengorbankan diri-Nya bagi kita agar terbebas dari dosa, kita dapat dibentuk kembali dan diciptakan kembali menjadi segambar dan serupa dengan-Nya.

Seperti bacaan pertama, kita harus menyucikan diri dan berusaha menjadi murni seperti Kristus. Itulah sebabnya dosa begitu serius dan menghancurkan. Karena berbuat dosa berarti kita tidak mengenal Kristus.

Namun melalui baptisan kita, kita telah menjadi anak-anak Allah dan menjadi satu dengan Kristus. Dalam doa kita, marilah kita meninggalkan keberdosaan kita dan menyatakan iman dan kasih kita kepada Tuhan.
 
 
 
Antifon Komuni (Ef 2:4; Rm 8:3)
  
Oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, Ia mengutus Anak-Nya dalam rupa manusia yang berdosa.
 
Because of that great love of his with which God loved us, he sent his Son in the likeness of sinful flesh.
 
Nama Yesus Yang Tersuci 
 
 

   Bulan Januari dipersembahkan untuk Nama Yesus Yang Tersuci, yang dirayakan pada tanggal 3 Januari. “Dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit, yang ada di bumi dan yang ada di bawah bumi” (Filipi 2:10 ). Nama Kristus dipilih di surga, dan Malaikat Gabriel mengumumkannya ketika dia memberi tahu Perawan Terberkati tentang inkarnasi: "Lihatlah engkau akan mengandung di dalam rahimmu dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan engkau akan menamakan dia nama Yesus". adalah sebuah nama yang memiliki makna yang luar biasa, karena artinya “juruselamat.” Nama itu sendiri menunjukkan besarnya misi-Nya, kasih-Nya yang tak terhingga, kasih yang akan menyebabkan Dia mempersembahkan diri-Nya bagi kita.

IHC adalah singkatan dari bahasa Yunani ΙΗΣΟUΣ, yaitu Yesus (tiga huruf pertama dari kata tersebut). Bentuk yang lebih tua untuk sigma Yunani, S, mirip dengan huruf kapital kita, C. Pada zaman Kristen, monogram ini tidak terlalu sering muncul dan mungkin tidak lebih tua dari abad kelima. Pada abad-abad belakangan ini, IHS telah disalahartikan sebagai Iesus Hominum Salvator, atau bahkan Iesu humilis societas (dan dianggap sebagai kolofon Serikat Yesus). Penafsiran lain yang kadang-kadang dibuat adalah In Hoc Signo (vinces), dan dari tambahan v (untuk vinces) terbentuk tiga paku.
 
Doa Malam

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Anak Domba Allah yang taat dan  tanpa suara. Kami ingin mengisi Tahun Baru ini dengan berani memberikan diri kepada orang lain. Berani kanlah kami menerima segala resiko serta  konsekuensi apa pun yang akan terjadi atas diri kami, ya Yesus... Doa ini kami persembahkan dalam nama-Mu yang Kudus, Tuhan dan Penyelamat kami. Amin.
 
 

RENUNGAN PAGI

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

CARI RENUNGAN

>

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy